7 Desain Rumah 1 Kamar Untuk Hunian Kecil yang Nyaman

  

Helloshabby.com -- Desain rumah minimalis dengan 1 kamar direkomendasikan bagi anda yang belum berkeluarga atau pasangan yang baru menikah. Desain rumah 1 kamar memiliki luas lahan yang tidak terlalu luas, dan tentunya memiliki budget yang minimalis. Perawatannya pun cenderung mudah dan kecil. Nah suatu saat ketika anda berencana meronovasi, desain  rumah dengan 1 kamar  kamar juga dapat anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan secara bertahap.

Kali ini Helloshabby.com akan membagikan inspirasi rumah milik @amalyaahode yang memadukan beberapa unsur hijau dengan penataan rumah ukuran 60m2 terlihat tertata rapi dan teroganisir sehingga hunian terasa lebih lega dan luas. Penasaran seperti apa desainnya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 1. Fasad rumah minimalis yang sejuk

Fasad rumah minimalis 1 kamar ini mengusung konsep minimalis dengan sentuhan tropical yang menyejukkan. Meski berukuran tidak terlalu luas tapi tetap menawarkan kenyamanan yang maksimal bagi penghuni. Dominasi warna-warna netral menjadikan tampilan fasad rumah yang lebih elegan. Beberapa material yang ramah lingkungan, seperti kayu juga menambah suasana rumah yang lebih hangat. Kombinasi pagar dinding roster juga memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. 

 

2. Desain teras dengan taman ukuran 1x1,5 meter

Ingin memiliki desain taman di rumah dengan lahan yang sempit? Inspirasi desain taman dengan ukuran 1x1,5 meter berkonsep tama kering berikut ini dapat anda coba terapkan di rumah. Caranya mudah, anda dapat memadukan beberapa tanaman hijau koleksi anda dengan dekorasi batuan koral untuk tampilan taman yang lebih natural dan menyatu dengan alam. Agar taman teras lebih rapi dan teroganisir, anda dapat menggunakan rak tanaman sebagai sarana pendukung seperti pada gambar diatas.

3. Ruang tamu sekaligus ruang keluarga

 
Mulai masuk ke dalam hunian, kita akan disambut dengan ruangan pertama yaitu ruang tamu. Desain ruang tamu di rumah minimalis ini difungsikan sekaligus sebagai ruang keluarga atau ruang TV. Menggabungkan kedua ruangan sering digunakan untuk menyiasati ruangan dengan ukuran yang mungil agar tetap terasa luas. 
Desain interior rumah minimalis dengan 1 kamar yang satu ini menerapkan konsep open plan tanpa sebuah partisi atau penyekat ruangan sehingga tampilan ruangan pun terlihat lebih luas.
 

4. Ruang tamu dengan sofa bed yang nyaman



 
Salah satu tips untuk menyiasati rumah berukuran mungil, adalah dengan memilih furnitur yang multifungsi. Ruang tamu sekaligus ruang keluarga ini menggunakan sofa bed yang menghadirkan kenyamanan penuh. Soda bed dengan ukuran 180x90 meter ini dapat digunakan sekaligus sebagai tempat tidur. Jadi dapat anda gunakan saat ada tamu atau keluarga yang menginap.
Desain dinding ruang tamu dibuat cantik dengan wall panel motif kayu yang memberikan suasana ruangan lebih hangat.
 

5. Ruang makan yang menyatu dengan dapur




Lebih masuk ke dalam hunian, kita akan menemui ruang makan yang didesain berdampingan dapur. Sama seperti konsep ruangan sebelumnya, dapur dan ruang makan juga didesain menyatu, selain membantu anda menghemat space ruangan, kedua aktivitas pun akan berjalan lebih efektif dan efisien. Untuk menghindari kesan penuh pada ruangan, anda dapat memilih satu set meja dan kursi makan bergaya minimalis, desainnya yang simple cocok untuk rumah bergaya minimalis.

6. Desain dapur minimalis

Desain dapur minimalis dengan model letter L ini terlihat fungsional berada di sudut ruangan. Ukuran dapur minimalis berikut ini hanya 1,5x1,5 meter tapi tetap terasa lega dengan interior bernuansa terang. Tips bagi anda yang memiliki ruangan mungil, anda dapat menggunakan dominasi warna-warna terang untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. 

Selain bagian kolong meja, untuk memaksimalkan penyimpanan dapur anda dapat menambahkan kabinet dinding seperti pada gambar.

7. Desain kamar tidur minimalis dengan penataan rapi


Inspirasi kamar tidur di rumah minimalis ini tampil menawan dengan penataan rapi dan terorganisir. Tips bagi anda yang memiliki kamar tidur ukuran mungil, sesuai dengan prinsip less is more, anda dapat mengurangi penggunaan furnitur di dalam ruangan. Gunakan hanya furnitur utama seperti tempat  tidur, hingga lemari. 

Dengan begitu kamar tidur akan terhindar dari kesan penuh dan tetap nyaman. Manfaatkan juga area dinding secara fungsional, dengan meletakkan rak ambalan sebagai dekorasi sekaligus untuk menyimpan koleksi anda.

Itulah inspirasi rumah 1 kamar untuk hunian kecil yang nyaman yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram @amalyahode



Categories in English