7 Tips Desain dan Dekorasi untuk Ruang Tamu Minimalis


Helloshabby.com -- Konsep ruang tamu minimalis jadi pilihan banyak orang untuk mendekorasi ruang tamu yang berukuran kecil. Ini karena ruang tamu minimalis cenderung mudah diaplikasikan, dan dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Poinnya sangat mudah, terpenting adalah jangan sampai ruang tamu minimalis terlihat berlebihan, dari segi penempatan furnitur atau pun dekorasi yang ada. 

Walau begitu, ruang tamu minimalis tak harus memiliki visual yang sama persis, misalnya pilihan warna netral yang itu-itu saja. Beri sentuhan yang unik, dan membuat ruang tamu minimalis jadi lebih spesial. Simak ulasannya dalam 7 Tips Desain dan Dekorasi untuk Ruang Tamu Minimalis.


1. Opsi Dekorasi Nuansa Earthy Tone

cr:instagram/bagasnizahin.el

Ruang tamu minimalis ini terlihat begitu menarik dengan nuansa earthy tone, yang diterapkan dengan baik. Sofa leather, rak tanaman dan warna terakota memberikan kesegaran tersendiri pada ruang tamu ini. Nuansa hangat makin terasa dengan penggunaan karpet lebar yang menutupi lantai dengan maksimal. 


2. Bersenang-senang dengan warna

cr:instagram/omahe.erna

Ruang tamu minimalis tak harus dalam warna yang netral. Anda bisa berkreasi dengan warna favorit Anda. Misalnya, menerapkan warna kuning menyala pada pilihan sofa, bantal sofa dan meja kopi. Warna netral ini dipadukan dengan dekorasi tanamana hijau yang menyegarkan.

Ruang tamu ini juga memiliki furnitur multifungsi, di mana bangku juga berfungsi sebagai rak untuk menyimpan keranjang barang. 



3. Gaya Clean Look yang Klasik

cr:instagram/ist_tie

Ruang tamu minimalis akan terlihat menarik dengan penerapan gaya clean look di dalamnya. Clean look ini mengacu pada kebersihan dan kerapian penataan ruang. Untuk ruang kecil, sofa berukuran kecil yang dilengkapi bangku dan stool minimalis sangat pas diletakkan di dalam ruangan. 


4. Pencahayaan Natural yang Memadai

cr:instagram/flow_kit

Seberapa pun ukuran ruang, pastikan ruang tamu memiliki akses pencahayaan yang memadai. Cahaya natural akan membuat warna furnitur dan dekorasi ruang tamu tampil menonjol. Cahaya alami juga memberikan visual yang cerah dan memanjakan mata. 


5. Penggunaan Partisi Di Ruang Tamu

cr:instagram/mcd_home

Pada rumah minimalis, ruang tamu biasanya dibuat satu ruang dengan area lain. Untuk memberi privasi dan pembatas, Anda bisa memasang partisi di antara ruang tamu dan ruang lainnya. Pilih desain partisi yang pas dengan dimensi ruang. Posisikan sofa menghadap berlawanan dari ruang lainnya, untuk memberi privasi dan kenyamanan pada tamu yang berkunjung. 


6.  Dekorasi Bernuansa Alam 

cr:instagram/house_of_malikha

Ruang tamu minimalis sangat menonjolkan desain sederhana, termasuk pada pilihan dekorasi di dalamnya. Anda bisa menjadikan tanaman hias sebagai dekorasi utama di ruang tamu. Tanaman monstera dijadikan bintang dari ruang tamu ini. Meski sederhana, dekorasi tanaman akan memberikan kesatuan visual dengan lantai vinil ini. 


7. Padu padan dengan Gaya Lain

cr:instagram/rumahshabbysidoarjo

Ruang tamu minimalis tak selalu dengan nuansa monokrom atau netral. Penataan minimalis pada ruang tamu bisa dipadu-padankan dengan gaya lain, seperti gaya shabby chic seperti ini. Warna-warni pop yang menonjol terlihat begitu manis dengan dekorasi tanaman dan bunga hias yang terpajang sempurna. Gaya ini sangat cocok untuk Anda yang ingin ruang tamu minimalis lebih semarak dan tidak kaku. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Tips Desain dan Dekorasi untuk Ruang Tamu Minimalis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English