7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36


Helloshabby.com -- Rumah type 36 biasanya memang memiliki ukuran ruang tamu yang terbatas. Dimensi 3 x 2.5 Matau 3 x 4 M setidaknya dijadikan patokan untuk menghadirkan sebuah ruang tamu yang terpisah dari area ruang keluarga. Tapi, ada pula yang menjadikan ruang tamu jadi satu dengan ruang TV keluarga, sehingga terkesan lebih lapang. 

Di luar keterbatasan lahan, ruang tamu pada rumah type 36 tetap bisa memiliki visual yang menarik perhatian. Dengan padu-padan apik, Anda bisa mendapatkan sebuah ruang tamu yang dapat mempesona saudara, tamu bahkan anggota penghuni rumah. Bila Anda berniat mengubah tampilan ruang tamu, simak ulasan 7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36


1. Kombinasi Warna yang Mempesona

instagram/desainminimalis

Ruang tamu minimalis tipe 36 bisa terlihat lapang dan keren dengan permainan warna. Warna dinding pola subway bevel putih akan memberikan efek ruang yang lebih bersih dan lapang. Penggunaan warna abu-abu gelap pada dinding, sofa dan tirai akan menampilkan visual ruang yang tampak modern dan trendi. Penambahan aksen kuning pada karpet dan bantal sofa untuk memberikan suasana yang cerah dan tidak terlalu kaku. 


2. Menata Posisi Furnitur sesuai dengan Dimensi Ruang

cr:instagram/evita_laz

Posisi furniitur sangat mempengaruhi kenyamanan dan ruang gerak di ruang tamu. Pastikan posisi furnitur dalam penataan yang tepat, agar tidak mengganggu aktivitas keluar masuk penghuni rumah. Model furnitur juga ditata dalam posisi yang seimbang, sehingga memberi bentuk yang seimbang. Pilih furnitur yang ramping, agar mudah diatur sesuai dimensi ruang. 


3. Memilih Tema Tampilan sesuai Selera

cr:instagram/hazuki_house

Buat ruang tamu minimalis berukuran 3 x 4 M terlihat lebih bergaya dengan tema yang spesifik. Tema vintage seperti ini menghadirkan kesan hangat nan homey. Meski terdengar mahal, tema vintage tak selalu membutuhkan barang mahal. Anda tinggal memilih desain furnitur yang terkesan usang tapi tetap layak dipakai. Misalnya, sarung sofa dengan motif kotak-kotak cokelat, meja kayu dengan finishing alami dan lainnya. Jam dinding ala jam stasiun London akan makin membuat ruang tamu mungil jadi estetik. 


4. Pilihan Sofa Seksional yang Multifungsi

cr:instagram/mayatriswandi

Bila tak ingin ada terlalu banyak barang, maksimalkan pada pilihan sofa ruang tamu minimalis. Anda bisa menghadirkan sofa seksional seperti ini. Model sofa L akan memberi ruang duduk yang lebih banyak, tanpa harus menambahkan kursi atau stool lagi. Sisi L juga memungkinkan sofa sebagai pembatas ruang tamu dengan area lainnya. Tinggal letakkan bunga sebagai dekorasi yang mempercantik ruangan.


5. Pencahayaan dan Penghawaan Maksimal 

cr:instagram/myversionofzen

Mau sebagus apapun furnitur ruang tamu, bila tidak dilengkapi dengan pencahayaan dan penghawaan yang memadai, ruang tamu akan terasa kurang nyaman. Meski ukurannya kecil, jendela dan ventilasi bisa dipasang maksimal pada ruang tamu. Jendela lebar akan menerangi ruangan secara alami, sedang ventilasi di atas jendela akan membantu sirkulasi udara di dalam ruangan jadi lebih optimal. 


6. Lebih Segar dengan Sentuhan Alam

cr:instagram/ozanmila

Sentuhan alam di dalam ruang tamu akan memberikan kesegaran tersendiri. Elemen alam bisa dihadirkan lewat pemilihan kursi dan meja jati seperti di atas. Tambahkan dekorasi tanaman hijau untuk membuat ruang tamu jadi terlihat satu kesatuan, bertemakan natural tropis yang sejuk nan segar. 


7. Minimalis Klasik dengan Nuansa Putih 

cr:instagram/ummu.naura.home

Warna putih akan membuat ruang tamu 36 sempit terlihat lebih bersih dan luas. Agar tak terkesan kaku, pilih furnitur dalam desain yang lebih kekinian. Misalnya, sofa dan karpet dalam tekstur yang senada. Pilihan tirai sheer putih akan memberikan efek cahaya yang lebih halus dan tidak terlalu menyilaukan. Percantik dinding putih dengan memasang rak heksoganal berisi tanaman hias cantik seperti ini. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36 sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian dengan ruang tamu idaman keluarga. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English