Desain Rumah Kontemporer 12 x 15 M dengan Bata Ekspos yang Menawan


Helloshabby.com -- Pernahkah Anda mendengar istilah rumah kontemporer? Rumah kontemporer adalah pengembangan dari arsitektur modern. Rumah ini tampil menonjol, karena prinsip bebas gaya yang diterapkan. Campuran gaya arstiktur bisa dimasukkan, asalkan menghadirkan kenyamanan dan kepuasan tersendiri pada pemiliknya. 

Berikut ini Helloshabby hadirkan ulasan tentang Desain Rumah Kontemporer 12 x 15 M dengan Bata Ekspos yang Menawan. Desain rumah ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan rumah modern yang stand out dan terlihat berbeda dari rumah lainnya. 


Desain Fasad Rumah Kontemporer

cr:instagram/noman_desainrumah

Rumah kontemporer identik dengan gaya arsitektur yang fleksibel. Anda bebas memadu-padankan gaya minimalis dengan industrial dan lain sebagainya. Seperti pada fasad rumah ini. Finishing eksterior menggunakan model semen ekspos atau warna abu-abu yang khas pada rumah industrial. Kesan industrial juga hadir dari finishing dinding bata ekspos yang terlihat cukup maksimal. Sedikit detail ornamen yang diterapkan, di mana memadukan prinsip minimalis yang menonjolkan fungsi daripada elemen dekoratif. 


Fasad Rumah yang Terbuka


Area fasad rumah juga mengusung prinsip keterbukaan di dalamnya. Tidak banyak penghalang yang dibangun pada fasad rumah, termasuk dengan membuatnya tanpa pagar seperti ini. Keterbukaan akan membuat akses udara segar dan sirkulasi udara yang lebih baik pada area fasad dan ke dalam rumah. 


Bentuk Bangunan Fasad Rumah yang Menonjol

cr:instagram/noman_desainrumah

Hal lain yang menonjol dari desain rumah ini adalah bentuk bangunan rumah. Tampak depan rumah sengaja dibuat dalam bentuk segitiga meninggi. Model segitiga ini menyesuaikan desain plafon interior rumah yang juga dibuat tinggi, untuk menunjang sirkulasi udara di dalam rumah. 


Kombinasi Atap Kontemporer


Dari penggunaan atap pun mengkombinasikan berbagai model jenis atap. Hal ini tentu untuk menyesuaikan dimensi dan bentuk bangunan di bawahnya. Atap rumah tampak menggunakan model atap miring atau atap sandar. Atap sandar saling menempel pada dinding bagian atas. Baiknya kontruksi atap sandar memiliki kemiringan sekitar 20-40 derajat. Atap lainnya menggunakan model atap dak cor juga tambahan atap kanopi. 


Desain Tata Letak Ruangan 

cr:instagram/noman_desainrumah

Interior rumah ini memiliki ruang-ruang fungsional yang dibutuhkan setiap keluarga. Terdapat tiga kamar tidur yang tampak tersebar di beberapa titik. Kamar tidur utama memiliki kamar mandi dalam sekaligus walk in closet untuk efisiensi pemilik rumah. Selain ruang tamu, sebagian besar ruang-ruang bersama dibuat tanpa sekat untuk memberikan nuansa kebersamaan. 


Desain Tata Letak Ruangan Part 2


Rumah kontemporer juga memasukkan gaya eco-friendly dalam kontruksi bangunan  dan penataan interiornya. Misalnya, dengan mendesain taman samping kecil dan taman belakang minimalis. Prinsip eco-friendly juga terlihat dari material furnitur berbahan ramah lingkungan. Seperti dek teras dari material kayu dan pilihan pintu kayu untuk pintu-pintu di setiap ruangan. 


Denah Rumah Kontemporer 12 x 15 M

cr:instagram/noman_desainrumah

Rumah ini memiliki:
  • carport berukuran 6 x 4.5 M,
  • pelataran + teras depan berukuran 5 x 1.5 M, 
  • taman samping berukuran 2 x 6 M,
  • teras samping berukuran 2 x 2 M,
  • ruang tamu berukuran 5 x 3 M,
  • ruang keluarga berukuran 6 x 3.5 M, 
  • kamar tidur 1 berukuran 3 x 3.5 M, 
  • ruang makan berukuran 3 x 3 M,
  • dapur berukuran 4 x 3 M,
  • kamar mandi bersama berukuran 1.5 x 1.5 M,
  • musola berukuran 3 x 4 M, 
  • taman berukuraan 2.5 x 2 M, 
  • tempat cuci jemur berukuran 2.5 x 1.5 M,
  • kamar tidur 2 berukuran 3.5 x 3 M, dan
  • kamar tidur utama berukuran 6.5 x 4 M.



Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Kontemporer 12 x 15 M dengan Bata Ekspos yang Menawan  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : cr:instagram/noman_desainrumah

Categories in English