Ide Taman Sempit yang Mudah Dicoba di Rumah Kecil


Helloshabby.com -- Anggapan bahwa taman segar yang cantik hanya bisa diwujudkan di lahan besar, harus segera diubah. Kini, beragam desain taman bisa dihadirkan pada lahan atau ruang sempit sekalipun. Anda bisa menjadikan teras sebagai taman, sisi lahan sempit sampai dinding pembatas rumah.  

Kali ini Helloshabby.com hadir dengan Ide Taman Sempit yang Mudah Dicoba di Rumah Kecil. Beragam ide dan desain taman ini meski berukuran kecil, tapi sangat mudah dicoba. Hunian Anda akan terasa makin sejuk nan segar, dengan berbagai ide taman sempit di bawah ini. 


Pinggiran Sempit jadi Tempat Air Mancur Mini

instagram/dekorasiterasrumah

Jadikan pinggiran sempit di area fasad sebagai taman rumah. Sebuah area sudah bisa dikatakan taman, bahkan dengan hanya tanaman saja. Lengkapi taman sempit dengan fitur air segar berupa kolam air mancur mini seperti ini. Kolam air mancur ini memiliki bentuk undakan dengan pancuran air layaknya kendi perak yang mengalir turun. Pancuran ini dijamin memberikan nuansa taman yang tak kalah dengan taman besar lainnya. 


Taman Sempit Di Teralis Jendela

cr:instagram/desaintamanrumah

Manfaatkan teralis jendela dan area di bawah jendela sebagai taman minimalis cantik. Anda bisa menggantung berbagai tanaman di teralis jendela. Baiknya, pilih model tanaman merambat atau menjuntai, agar tanaman terkesan menjuntai indah ke bawah. Tanaman seperti tanaman puring, miana, tradescantia dan lainnya bisa diletakkan tepat di bawah jendela. Area ini akan jadi taman indah yang penuh warna. 


Taman Teras Cantik dengan Nuansa Rustik

cr:instagram/bunga_nathri

Teras memang umumnya hanya jadi pelataran biasa atau ruang santai luar rumah. Walau begitu, teras bisa dibuat multifungsi sebagai sebuah taman. Anda bebas meletakkan tanaman hijau yang menyegarkan suasana taman teras. Beri sentuhan favorit di taman teras rumah mungil Anda. Misalnya, meletakkan koleksi bunga-bunga artifisial dalam rak kayu yang terkesan rustik. Selain segar, taman teras akan senantiasa tampil estetik. 


Living Walls dengan Tanaman Merambat

cr:instagram/eri_hers

Living walls atau dinding hidup adalah istilah untuk merujuk tanaman yang memenuhi dinding. Anda bisa membuat taman mini ala urban jungle dengan konsep living walls. Pilih tanaman merambat, seperti lee kwan yeu dan tanaman pothos yang bisa tumbuh melalui dinding. Dedauanan yang merambat ke atas dan sulur daun yang menjuntai ke bawah, akan jadi perpaduan yang membuat taman samping sempit jadi semarak layaknya urban jungle. 


Kolam Air Mancur Di Pojokan Rumah

cr:instagram/konzeptgarden

Anda pun bisa menghadirkan kolam air mancur mini di pojokan rumah. Model air mancur portabel seperti ini, bukan hanya praktis tapi juga memiliki model beragam. Kolam ini dilengkapi pancuran air sekaligus media untuk tanaman air. Dengan begitu, kolam jadi lebih segar. Batuan koral putih disebar di sekeliling kolam untuk memberi bentuk pada pojokan indah ini. 


Taman Vertikal Mini yang Mudah Dicoba

cr:instagram/windadwiastari

Selain living walls, Anda bisa membuat sebuah taman vertikal mini. Tanaman bisa ditumbuhkan pada pot khusus yang bisa menempel di dinding. Tanaman tersebut kemudian tinggal disusun sesuai selera. Meski simpel, taman vertikal ini akan membuat dinding pembatas rumah lebih lively and lovely. 



Terimakasih telah menyimak artikel Ide Taman Sempit yang Mudah Dicoba di Rumah Kecil sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English