Inspirasi Rumah Panggung Sederhana, Serba Kayu Penataan Rapi yang Asri Bikin Betah


 

Inspirasi Rumah Panggung Sederhana, Serba Kayu Penataan Rapi yang Asri Bikin Betah

Helloshabby.com -- Saat mendengar rumah panggung tentu saja masih teringat rumah adat di beberapa daerah Indonesia. Meski terkesan sedikit tertinggal dengan rumah modern pada umumnya, desain rumah panggung juga masih jadi pilihan digunakan untuk orang-orang yang masih tinggal di area perbatasan. Terlebih jika anda yang tinggal di daerah wisata, inspirasi rumah ini bisa dijadikan investasi mendatang sebagai penginapan.

Dengan nuansa alami yang segar dan asri, rumah ini di dominasi dengan material kayu dan bambu sebagai elemen dasarnya. Dibuat dengan konsep panggung, strukturnya tetap dipilih dak cor kuat untuk penompan beban keseluruhan. Biarpun sedikit terkesan jadul dan kurang modern, anda tak akan salah memilih rumah ini karena penataan interiornya bikin betah dan nyaman. Yuk langsung saja intip Inspirasi Rumah Panggung Sederhana, Serba Kayu Penataan Rapi yang Asri Bikin Betah di bawah ini:


Tampak fasad rumah panggung


Dengan mengusung konsep panggung, rumah ini tampak detail dari model atap hingga struktur dinding yang digunakan. Material kayu sebagai papan dinding menjadi salah satu ide menariknya. Tetap menerapkan konsep tropical, penghawan dimaksimalkan dengan penggunaan dinding sopi dari kaca, jendela dan pintu rumah.

Seperti detail pelat lantai yang digunakan dari bahan cor supaya lebih kokoh. Namun begitu, pilar rumah tetap menggunakan bahan kayu alami yang kuat seperti kayu jati, meranti hingga kayu damar.

Desain rumah panggung dengan penataan kompleks ini memiliki teras rumah yang berada di area depan bisa dijadikan tempat santai yang menyegarkan sambil melihat pemandangan sekitar.

 

Interior rumah dengan aling-aling bambu



Inilah detail inteiror ruangan pada rumah minimalis panggung yang hangat. Penataan rapi dan pembagian tata ruang yang teratur membuat rumah semakin nyaman. Karena mengusung konsep sedehrana dari material kayu, seluruh dinding rumah dan lantainya digunakan papan kayu. Tanpa dipoles dengan finishing glossy serat kayu memperkuat tampilan rumah jadi lebih menarik dan asri.

Penggunaan aling-aling bambu pada sekitar atas yang biasanya untuk rumah modern dari jalusi atau roster ini memperindah tampilan rumah dari bagian fasad ataupun interiornya. 


Desain dapur rumah yang melegakan

Rumah dengan satu ukuran yang tampak simetris dari luar ini memiliki area dapur yang fungsionalnya untuk masak bersama. Biarpun ukuran dapur terlihat mungil, penggunaan kompor freestanding dipilih untuk tampilan yang modern dan kelengkapan simpan dari meja kayu untuk area sink. Kabinet simpannya tetap rapi untuk perabot masak dan alat makan. Ruang dapur yang kecil tersemalatkan berkat penggunaan jendela rumah yang besar dipasang di sekitar sink untuk pencahayaan dan mengganti sirkulasi dengan mudah.


Ruang tidur yang bersebelahan dengan dapur


Satu ruangan yang bisa dibuat untuk kamar tidur, dapur, ruang makan serta ruang tamu pada  rumah panggung ini memang cocok apabila dijadikan rumah wisata bagi pelancong.

Kamar tidur yang diletakkan di sebelah dapur dipilihkan kasur dengan ranjang minimalis lengkap kelambu agar terkesan romantis. Rumah yang dilengkapi dengan ventilasi di tiap ruang menjadikan ruangan semakin segar tanpa panas. Anda bisa memberikan efek dekorasi untuk beberapa titik ruangan seperti tanaman hias dan beberapa wall-art bertema natural lain.


Ruang santai dengan single bed


Difungsikan sebagai tempat santai dan area tidur, ruangan ini memilih single bed yang bisa dijadikan untuk tempat istirahat sementara saja. Kontras sprei warna merah menyala membuat ruangan tampak semakin dinamis dan lebih mewah. Bersebelahan juga dengan aksen mini bar di sekitar jendela, ruangan ini didesain cantik untuk tempat wisata atau honey moon pasangan muda baru menikah.


Kamar mandi mungil dengan papan kayu


Tanpa menghilangkan keamana dan kenyamanan, desain kamar mandi untuk inspirasi rumah kali ini dibuat konsep kamar mandi kering saja. Dilengkapi closet duduk dan satu wastafel, anda bisa melangsungkan kegiatan dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan hal-hal lain. Suasana di kamar mandi pun tetap terasa menyejukkan tanpa jendela yang diganti dengan aling-aling bambu sebagai sirkulasi.

 

 Kamar mandi dengan konsep outdoor


Lain dengan kamar mandi kering sebelumnya, area yang masih jadi satu ini dijadikan kamar mandi basah dengan konsep outdoor. Ditutupi dengan susunan bambu model vertikal serta tirai kedap air yang cantik. Nuansa mandi yang segar akan mengasyikkan sambil menikmati kicauan burung yang beriringan bernyanyi.




Terimakasih telah membaca Inspirasi Rumah Panggung Sederhana, Serba Kayu Penataan Rapi yang Asri Bikin Betah. Anda bisa terus membaca Helloshabby.com dengan berbagai inspirasi dan ide menarik lainnnya. Kunjungi Fanpage kami di Desain Rumah untuk mencari inspirasi terbaru. Semoga inspirasi ini bermanfaat :)




Penulis     :Lynda
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Kalidad

Categories in English