10+ Ide Rumah Mungil Maksimal 50 M2 | Apik dan Anti Sempit (Plus Denah)


Helloshabby.com -- Lahan terbatas, bukan halangan untuk menghadirkan hunian tinggal yang nyaman dan berkualitas. Kini, sudah banyak desain rumah mungil yang nyatanya layak untuk ditempati sebagi hunian keluarga. Ada banyak cara dan ide untuk membuat rumah mungil terasa lega dengan visual yang memanjakan mata. 

Seperti hunian yang akan kita bahas berikut ini. Rumah ini memiliki dimensi ukuran 50 M2. Interior rumah terbilang sederhana, namun terlihat rapi dan lapang. Rumah mungil ini juga memiliki akses cahaya dan sirkulasi udara yang memadai. Sehingga, akan meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah. Bila Anda hendak membangun rumah berukuran mungil, Anda bisa menyimak 10+ Ide Rumah Mungil Maksimal 50 M2 | Apik dan Anti Sempit (Plus Denah).


1. Fasad Rumah Minimalis dengan Taman dan Teras

instagram/casacinza

Fasad rumah ini mengusung gaya arsitektur minimalis. Dengan bentuk bangunan rumah simetris tanpa pilar penyangga. Finishing rumah dengan warna terakota dan putih menghadirkan kesan fasad yang elegan natural. Terdapat teras bentuk L yang juga jadi akses menuju pintu utama. Di depan teras, taman mini dihadirkan untuk memberi kesegaran maksimal pada area di depan rumah. 


2. Suasana Taman Mungil yang Eksotis


Taman mungil di depan rumah layaknya taman yang sering kita lihat. Dengan rerumputan alami, tanaman bonsai kelapa dan tanaman semak di sekitarnya. Namun, pencahayaan taman ini cukup berbeda. Alih-alih nuansa cahaya temaram atau terang, pemilik memilih efek kilau cahaya hijau neon yang terlihat unik dan eskotis. 


3. Ide Dinding Panel 3-D

instagram/casacinza

Meskipun rumah mungil, jangan sampai interior terlihat biasa-biasa saja. Sentuhan artistik bisa diberikan lewat pemilihan desain dinding. Dinding panel 3-D menambahkan tekstur dan kedinamisan pada ruangan. Dinding ini juga sudah menjadi elemen dekoratif yang cukup untuk memberi kesan elegan maksimal. 


4. Kombinasi Warna Pink dan Abu-abu


Ruang tamu kecil ini tampil apik, berkat set sofa 2 set. Sofa ini berwarna abu-abu dengan aksen merah jambu yang diterapkan pada selimut sofa dan cushions. Opsi meja kopi juga digantikan dengan sisi sofa yang memiliki penyangga khusus untuk minuman. Ruangan pun akan lebih lega tanpa coffee table. 


5. Ruang Tamu + Ruang TV

instagram/casacinza

Tamu tak selalu hadir ke rumah. Untuk itu, opsi menjadikan ruang tamu juga sebagai ruang TV keluarga sangat pas untuk diterapkan untuk hunian kecil. Manfaatkan space vertikal untuk memasang set televisi. Backdrop TV yang dilengkapi rak juga bisa digunakan untuk memajang dekorasi. Meski kecil, ruangan ini tampil ramping dan compact. 


6. Plafon Datar dengan Lampu List


Alih-alih plafon dengan berbagai bentuk, plafon rumah ini memiliki desain datar. Desain plafon datar memang lebih sederhana, tapi plafon seperti ini memberi kesan ruangan yang lebih minimalis, rapi dan lega. Aksen dekoratif tampil dari pemasangan lampu list dengan nyala temaram, yang tampak istimewa. 



7. Ruang Makan Menghadap Teras Luar

instagram/casacinza

Walau mungil, rumah ini tetap memiliki area ruang makan yang terpisah. Set kursi dan meja makan menghadap ke arah  teras. Adanya jendela dan pintu kaca geser akan memberikan pencahayaan optimal ke area ini. Dengan begitu, ruang makan pun lebih terlihat lega dan cerah. 


8. Kitchen Set Modern Minimalis


Dapur modern minimalis tidak hanya seputar memaksimalkan area yang kecil. Dapur minimalis juga mengutamakan kualitas dari pilihan kitchen set-nya. Pada hunian ini, kitchen set menggunakan desain hitam putih yang tampak modern. Tempat kulkas sengaja dibuat built-in dengan kabinet, sehingga dapur terlihat lebih rapi. 


9. Mini Bar Mungil tapi Artistik

instagram/casacinza

Mini bar juga dibuat dalam konsep hitam putih. Ukurannya terbilang kecil. Meja mini bar yang memanjang cukup pas untuk meletakkan set penyeduh sampai koleksi cangkir kopi. Mini bar tampil lebih kekinian dengan tulisan artsy di sebelah meja mini bar. 


10. Kamar Tidur Simpel tapi Nyaman


Kamar tidur dengan penataan sederhana juga akan tetap terasa nyaman. Tambahan tirai akan membantu untuk memberi cahaya yang lebih lembut dan tidak menyilaukan mata. 


11. Kamar Mandi Modern dengan Furnitur Kecil

instagram/casacinza

Anda bisa memiliki kamar mandi kecil dengan fitur lengkap seperti ini. Triknya, gunakan furnitur kamar mandi dalam desain yang kecil dan ramping. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan wastafel mini, toilet dan shower. Opsi bak air mandi juga bisa tergantikan oleh shower boks yang lebih hemat tempat dan hemat air. 



12. Area Laundry Serbaguna


Ruang kecil 1 x 1.5 M ini bisa digunakan sebagai laundry room. Pengaturan saluran air sudah dipertimbangkan sedemikiran rupa, sehingga air cucian tidak akan menggenang pada lantai. Di samping laundry room, masih terdapat space yang cukup untuk rumah kecil hewan peliharaan. 


13. Denah Rumah 50 M2

instagram/casacinza

Rumah ini memiliki dimensi pembagian ruang sebagai berikut:
  • Garasi dengan dimensi 3.3 x 3.23 m2
  • Ruang tamu dengan dimensi 14,62 m2
  • Dapur dengan dimensi 6,47 m2
  • Taman samping dimensi 6,24 m2
  • Kamar tidur dengan dimensi 12,49 m2
  • Kamar mandi dengan dimensi 2,89 m2
  • Laundry dengan dimensi 3,38 m2



Terimakasih telah menyimak artikel 10+ Ide Rumah Mungil Maksimal 50 M2 | Apik dan Anti Sempit (Plus Denah) sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/casacinza

Categories in English