Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Belakang: Bisa Berenang, Bersantai sampai Berkebun


Helloshabby.com -- Halaman belakang rumah paling sering dijadikan taman hijau atau tempat jemuran baju. Namun, tahukah Anda, halaman belakang rumah bisa jadi tempat paling rekreasional di rumah? Bukan hanya taman, Anda bisa mendesain sebuah halaman belakang yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Misalnya, menjadikannya sebagai tempat bersantai, dinner romantis sampai tempat berkebun dengan si kecil. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di halaman belakang. Untuk itu, Anda memerlukan desain halaman belakang rumah yang tepat dan kekinian. Tak usah bingung, Anda bisa mengadaptasi desain halaman belakang cantik dari ulasan Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Belakang: Bisa Berenang, Bersantai sampai Berkebun.



Halaman Belakang jadi Tempat Bersantai dan Merawat Tanaman

cr:instagram/johrahshidiq

Alih-alih sebagai tempat menjemur pakaian saja, Anda bisa memanfaatkan halaman belakang jadi tempat bersantai yang kekinian. Ubah sebagian halaman jadi teras santai dengan set kursi dan meja outdoor seperti ini.

Area ini cukup terbuka, sehingga sangat pas dijadikan tempat khusus untuk merawat koleksi tanaman Anda. Tata dalam rak dan pot-pot khusus agar tampak rapi. Opsi menggantung tanaman dalam beragam pot gantung juga akan menyemarakkan suasana halaman belakang.  


Ide Taman Kaktus yang Unik

cr:instagram/jeremyhartonooooo

Tinggal di perkotaan, ada sebagian dari kita yang hanya memiliki halaman belakang rumah yang super kecil. Buat halaman super kecil ini jadi taman tandus yang keren. Taman diisi dengan beragam tanaman kaktus dan sukulen dengan mini bukit yang tampak seperti padang gurun sungguhan. Meskipun kecil, Anda bisa mendapatkan taman kaktus yang 'mahal' dan berkelas. 


Halaman Belakang jadi Kolam dan Gazebo

cr:instagram/kesaawid2711

Keluarga yang hobi berenang wajib memiliki kolam renang pribadi seperti ini. Kolam renang ini bisa menjadi media olahraga dan hiburan keluarga. Anda dan si kecil bisa berenang dan bermain air di akhir pekan, tanpa harus keluar rumah. Halaman belakang rumah ini juga memiliki dengan gazebo lengkap dengan kursi uniknya. Sehabis berenang, keluarga bisa bersantai di gazebo sambil menikmati orange juice buatan Bunda. 



Halaman Belakang jadi Dapur dan Ruang Makan Outdoor

cr:instagram/grilloliving

Sedikit mengadaptasi gaya jamuan asing, Anda bisa membuat halaman belakang jadi sebuah dapur luar rumah seperti ini. Untuk membuat dapur tanpa penutup seperti ini diperlukan material dapur yang tahan perubahan cuaca. Begitupun desain kursi dan meja makan yang terbuat dari material solid yang anti rembes dan lapuk. Model halaman belakang seperti ini sangat cocok dijadikan tempat malam mingguan sambil membuat dan menikmati BBQ atau satai ayam. 


Halaman Belakang jadi Spot Romantis

cr:instagram/our_happy_mess

Ciptakan spot romantis di halaman belakang rumah Anda. Anda tak harus memiliki space yang luas. Cukup fitur dan suasana yang hangat yang pas untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Seperti desain taman romantis ini. Sebagian jalan setapak diukir dalam bentuk hati untuk memberi visual yang lebih romantis. Lampu temaram di sekeliling taman menciptakan nuansa yang hangat dan syahdu. Tinggal letakkan sepasang kursi dan meja parasol untuk menikmati makan malam romantis bernuansa alam. 


Berkebun Asik Di Halaman Belakang

cr:instagram/sandra.urbangar

Anda bisa mencoba untuk menumbuhkan sayuran dan buah sendiri di rumah. Jadikan halaman belakang jadi kebun buah atau sayur yang bisa dinikmati. Gunakan kontainer khusus sebagai media tanam untuk membuat kebun tampak lebih terorganisir. Anda juga bisa menambahkan pencahayaan pada rangka besi, agar kebun tidak terlihat seram saat malam hari tiba. 



Terimakasih telah menyimak artikel Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Belakang: Bisa Berenang, Bersantai sampai Berkebun sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English