Ide Rumah Dinding Bambu di Kampung yang Sederhana


Ide Rumah Dinding Bambu di Kampung yang Sederhana

Helloshabby.com -- Rumah di pedesaan tak jarang yang masih menggunakan bambu untuk dindingnya. Meski rumah dengan dinding bambu ada sejak dulu, untuk membuat tetap terlihat seperti rumah yang kokoh perlu jadi pertimbangan agar aman saat ditinggali bersama keluarga. Di era modern seperti ini, rumah dengan dinding bambu ternyata tetap aman dan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika anda tinggal di kawasan wisata, tentu saja rumah dinding bambu bisa dijadikan penginapan yang sederhana dan jadi investasi yang menguntungkan.

Lagi pula, rumah dengan material bambu yang dibangung tetap memperlihatkan kesederhaan dan suasana pedesaan yang tenang. Selain biaya yang dikeluarkan cukup murah dan jadi alternatif saat memiliki budget yang pas-pasan. Tapi dengan penataan yang rapi supaya rumah tetap nyaman jadi tempat tinggal yang aman. Simak ulasasannya pada Ide Rumah Dinding Bambu di Kampung yang Sederhana  di bawah ini:


 Fasad rumah bambu mninimalis

Hunian terbaik saat berada di kampung dengan material bambu sebagai dinding menyeluruh ini tetap berdiri kokoh. Rumah yang ditinggikan sekitar 50 cm sebagai pondasi dan lantai dasar tetap kuat menahan beban geser. Sehingga tak perlu dikhawatirkan jika rumah ini terkena banjir. Dengan menggunakan dinding bambu yang tersusun rapi, elemen khusus seperti pintu dan jendela tetap jadi bagian utama sebagai kelengkapan terbentuknya rumah.

Begitupun atap yang digunakan dari matarial jerami dan daun kelapa yang kering sehingga dapat melindungi dari terik matahari. Supaya lebih aman dan tahan lama, anda bisa menggunakan genteng tanah liat biasa yang harganya pun juga lebih murah dibanding atap beton. 


Taman di depan rumah


Akan sangat menyenangkan jika rumah sederhana di kampung tetap memiliki area penghijuann disekitarnya. Selain fungsinya untuk mempercantik tampilan fasad rumah, adanya berbagai tanaman juga memberikan kesegaran alami serta penyaring polutan di sekitar. Meskipun rumah bambu sederhana ini sering dijumpai di dataran tinggi, membuat taman rumah perlu dicoba. Anda pun bisa memanfaatkan lahan yang masih sisa sebagai kebun pribadi dengan tanaman sayur yang lebih sehat tanpa pupuk kimia.


Dapur minimalis dengan ruang makan


Interiornya kali ini adalah dapur yang tergabung dengan ruang makan. Tanpa kitchen set dan meja dapur dari bahan cor biasanya tetap fungsional untuk masak dan menyiapkan makan. Anda bisa mengatur perabot di sekitar dapur menggunakan rak piring ataupun ambalan yang dipasang di sekitar dinding. Berikan pencahayaan dari bagain jendela untuk menghindari kesan pengap yang berlebih. Furniture yang digunakan tetap sederhana dengan material kayu untuk tiap detail meja dapur bahkan bangku makan.


Ruang TV di dapur



Ruang dapur ini digabungkan jadi satu dengan ruang televisi sekaligus. Penataan televisi yang ditempatkan menempal pada dinding ini tetap rapi tanpa adanya kabinet ataupun ambalan di sekitar. Pintu untuk ruangan lainnya hanya ditutpi dengan gorden motif tropical yang cantik. Anda bisa memoles lantai ruangan dengan semen ekspose supaya memberikan kesan industrial dan tetap nyaman.


Kamar tidur dengan lemari plastik

Ruang privasi berikutnya adalah kamar tidur. Ukuran kamar sekitar 3 x 3 m ini tetap rapi dengan satu kasur tidur yang pas dengan lemari plastik untuk penyimpanan. Di sediakan satu meja lagi untuk meja rias. Dinding yang masih menggunakan bambu ini bisa anda tambahkan gorden di sekitarnya untuk menghindari dingin dan celah bambu yang bisa terlhat dari luar. Sehingga kamar tetap nyaman dan aman dijadikan tempat istirahat.


Gorden dan sprei yang meriah

Meksi rumah ini cukup sederhana menggunakan dinding bambu, anda bisa mengkreasikan interiornya dengan sprei dan gorden meriah. Kasur tidur ditempatkan di dekat jendela untuk meminimalisir ukuran yang kecil. Gunakan jendela dengan tralis untuk menjaga keamanan rumah dan membantu pencahayaan tetap masuk ke dalam kamar.

 

 

Itulah sekilas Ide Rumah Dinding Bambu di Kampung yang Sederhana. Semoga ide kali ini bisa membuat anda tetap semangat memiliki rumah baru meskipun masih menggunakan material sederhana. Anda bisa terus membaca Helloshabby.com dengan berbagai inspirasi dan ide menarik lainnnya. Kunjungi Fanpage kami di Desain Rumah untuk mencari inspirasi terbaru. Semoga inspirasi ini bermanfaat :)



Penulis     :Lynda
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Ide Desain Rumah Pribadi

Categories in English