Inspirasi Taman Samping Rumah yang Berfungsi untuk Peresapan Anti Banjir


Helloshabby.com -- Keberadaan taman cukup penting untuk sebuah hunian. Taman bukan hanya menjadi sumber penyegaran udara dan visual di rumah. Lebih dari itu, taman dapat berfungsi sebagai area resapan air hujan. Adanya taman resapan diharapkan meminimalisir genangan air hujan. Sehingga, rumah dan area perumahan lebih terhindar dari risiko banjir. 

Anda bisa membuat sebuah taman resapan air pada area samping rumah yang kosong. Jadikan taman samping rumah sebagai tempat yang segar untuk bersantai sekaligus tempat peresapan air. Simak beberapa desain taman samping resapan dalam ulasan Inspirasi Taman Samping Rumah yang Berfungsi untuk Peresapan Anti Banjir.



Taman Samping dengan Sumur Resapan Di Bawahnya

cr:instagram/omahkayom

Saat berbicara tentang taman resapan air, Anda memerlukan sebuah sumur resapan. Sumur resapan dan biopori adalah lubang resapan buatan untuk menampung air hujan. Lubang biopori biasanya dibuat dengan kedalaman 100-200 cm.

Bagian permukaan tanah bisa ditanami dengan rumput organik. Rumput ini membuat taman resapan samping rumah lebih terlihat segar dan santai. Anda juga dapat menanam tanaman talas-talasan untuk memberikan suasana tropis yang rindang. 


Taman Samping Bebas Becek

cr:instagram/roemahtepisawah

Ada cara supaya percik air yang membasahi taman tidak masuk ke area rumah. Anda bisa membuat taman samping yang lebih menjorok daripada teras atau area rumah lainnya. Bingkai area taman dengan spot khusus dengan batu koral putih di atasnya. Area taman juga memiliki tanaman perdu yang mengeliling tanah resapan. 


Taman Samping Minimalis dan Fungsional

cr:instagram/anis_zara15

Punya rumah minimalis? Anda tetap bisa memiliki taman samping multifungsi walau ukurannya mungil. Buat jalan setapak dengan batuan koral dan alas padat sebagai akses berjalan menuju halaman samping. Area resapan ditanami dengan tanaman tropis seperti Calatea luthea yang membuat taman jadi lebih teduh. Area ini tentu dibiarkan terbuka agar air hujan bisa jatuh langsung ke tanah resapan. 


Taman Samping plus Taman Bermain

cr:instagram/nenih_craft

Anda bisa membuat taman samping rumah yang tampak cerah dan segar, seperti ini. Alih-alih rumput, tanah hanya disebarkan dengan batu koral putih. Batu koral putih ini memberikan kontras warna yang begitu terang. Anda tinggal meletakkan set kursi taman yang cocok jadi taman bermain anak. Suasana hijau hadir dari tanaman lidah mertua/sansevieria dan tanaman yang merambat pada dinding taman. 


Taman Samping Asik untuk Bersantai

cr:instagram/rumahbaya

Jika hendak membuat taman resapan, pastikan Anda memiliki tanah terbuka untuk menampung air hujan. Tutup area tersebut dengan batu koral atau rumput agar tampilannya lebih menarik dipandang mata. Halaman samping rumah yang memanjang dapat dibagi menjadi 2 area. Area bersantai dengan set meja dan kursi jati, serta area resapan air dengan tanah berumput di sampingnya. 


Taman Samping Rumah yang Cantik 

cr:instagram/pupung.dewi

Taman samping yang cukup lega bisa tampak hijau dan segar maksimal seperti ini. Anda bisa menanam berbagai tanaman langsung pada tanah. Tanaman akan memberi suasana rumah yang asri dan sejuk. Anda bisa memanfaatkan tanaman perdu untuk memberi bentuk atau batas pada taman samping rumah. Taman pun jadi terlihat lebih cantik. 




Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Taman Samping Rumah yang Berfungsi untuk Peresapan Anti Banjir sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English