7 Desain Kolam Ikan Belakang Rumah, Cocok untuk Bersantai


Helloshabby.com -- Lengkapi eleman taman belakang rumah Anda dengan adanya sebuah kolam ikan. Kolam ikan terbukti mampu memberikan ketenangan dan kesejukkan pada para penghuni rumah, apalagi bila Anda gemar memelihara ikan hias. Kolam ikan juga bisa menambah nilai estetika pada rumah. Perpaduan warna ikan-ikan yang cantik dengan suara gemiricik air, dijamin bisa menghilangkan rasa jenuh dan penat yang dirasakan. 

Kolam ikan bisa dibangun di mana saja. Jika Anda memiliki lahan belakang rumah yang cukup, baik berukuran kecil atau besar, manfaatkan saja sebagai kolam ikan yang menarik. Untuk referensi pilihan, kami hadirkan ulasan 7 Desain Kolam Ikan Belakang Rumah, Cocok untuk Bersantai.


Kolam Ikan dengan Air Mancur Dinding

cr:instagram/griyajuna

Punya lahan belakang yang tidak luas? Tak masalah! Anda bisa memilih desain kolam ikan seperti ini. Desainnya berukuran minimalis sekitar 2 x 2 M dengan model meninggi. Kolam ikan ini cukup untuk menampung ikan-ikan hias berukuran kecil. Pada kolam juga terdapat fitur kolam yang menyenangkan untuk si ikan dan pemilik rumah. Terdapat fitur air mancur dinding dan air mancur berundak yang memberikan atmosfir kolam yang lebih segar. 


Desain Kolam Ikan Bentuk L

cr:instagram/3w_henry

Cobalah bereksperimen dengan bentuk kolam ikan di belakang rumah. Anda bisa membuatnya dalam bentuk L seperti ini. Di sisi-sisi kolam ditambahkan semacam dek dari keramik motif bata merah. Dek ini bisa menjadi tempat duduk khusus untuk bersantai sambil memberi makan ikan hias. Kolam ikan juga dipasangi pencahayaan neon yang membuat kolam makin eksotis. 


Kolam Ikan Mini Di Sudut Belakang Rumah

cr:instagram/evi_umqismina

Kolam ikan bisa dibuat di mana saja. Anda bisa membuatnya di sudut belakang rumah. Meskipun kecil, namun bila kolam terlihat jernih pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri. Tanaman hias yang mengelilingi kolam ikan, membuat suasana di sekitar taman belakang jadi terasa sejuk dan asri. Tanaman juga bisa menjadi pasokan oksigen untuk si ikan. 


Kolam Ikan Cantik Bergaya Minimalis 

cr:instagram/dedy_tamara

Banyak model kolam ikan yang dibuat landai dari permukaan lantai. Desain seperti ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan, saat Anda hendak memberi makan ikan atau sekadar menikmati pemandang dari etalase kehidupan air. Meskipun terlihat minimalis, desain kolam tetap menyesuaikan habitat ideal untuk ikan kesayangan. Misalnya untuk kolam ikan koi umumnya memiliki kedalaman sekitar 1,2 - 1,5 M dengan kedalaman minimal 80 cm. 


Desain Kolam Ikan untuk Ikan Koi Jumbo

cr:instagram/widjita

Ikan koi bisa menjadi komoditas yang mahal. Mengoleksi ikan ini bukan hanya bernilai tinggi, tapi juga memberikan kepuasan maksimal. Anda bisa membuat desain kolam ikan koi jumbo di belakang rumah, dengan model seperti ini. Kedalaman kolam ikan koi jumbo baiknya bisa mencapai 2,4 M. Batas antara permukaan air dengan batas kolam berjarak minimal 25 cm, agar menghindari koi loncat ke permukaan lantai. 

Desain Kolam Ikan Di Bawah Jembatan

cr:instagram/selaras_taman

Anda bisa menghadirkan sensasi alam yang berbeda untuk kolam ikan di belakang rumah. Tambahkan batuan alam di sekitar kolam untuk memberikan visual yang lebih natural. Desain pancuran air untuk kolam bisa dibuat dalam bentuk kendi atau spilled pot agar terkesan lebih dinamis. Anda pun bisa membuat jembatan atau dek kayu minimalis untuk memberikan nuansa yang rindang maksimal. 


Desain Kolam Ikan dengan Atap Kanopi

cr:instagram/selaras_taman

Kolam ikan di belakang rumah memang bisa menjadi sarana untuk merilekskan diri. Anda pun dapat merealisasikan hobi memelihara ikan hias dengan adanya kolam ikan. Buat area kolam ikan jadi tempat bersantai untuk Anda dan keluarga, dengan membuatnya senyaman mungkin. Bila perlu, tambahkan atap kanopi transparan untuk melindungi area kolam dari terpaan debu, hujan dan terik matahari berlebih. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Kolam Ikan Belakang Rumah, Cocok untuk Bersantai sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English