Inilah Konsep Hemat Energi: Rumah dengan Banyak Jendela dan Ventilasi


Helloshabby.com -- Rumah masa kini banyak dibuat dengan pendekatan alam dan energi. Salah satunya, konsep hemat energi. Rumah hemat energi bisa diwujudkan salah satunya dengan memaksimalkan adanya jendela dan ventilasi di dalam rumah. Jendela dan ventilasi sangat mempengaruhi kenyamanan di rumah. Dua hal ini akan membuat hunian tidak sumpek. Berkat pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang berganti dengan baik. Banyak jendela dan ventilasi juga membuat kita lebih hemat pemakaian energi listrik. Rumah tetap terang di siang hari dengan penerangan alami.

Bila Anda ingin mewujudkan konsep rumah hemat energi, Anda bisa melirik artikel Inilah Konsep Hemat Energi: Rumah dengan Banyak Jendela dan Ventilasi sebagai inspirasinya!


Desain Fasad Rumah yang Eco-Friendly

instagram/dualapan_desainrumah

Dari tampak depan, rumah ini sudah menampilkan desain pemakaian fitur alami. Misalnya, adanya taman hijau depan rumah yang menambahkan kesegaran visual. Ada pula, pemakaian kusen jendela dan pintu dengan kayu solid yang tampak kokoh dan asri. Desain bangunan tampak depan juga memiliki pilar kotak yang menopang bagian atas dengan maksimal. Nuansa adem tetap terasa berkat penggunaan batu alam pada finishing pilar di atas. 


Jendela dan Ventilasi Maksimal pada Bagian Fasad


Bagian depan rumah ini memiliki jendela pada setiap bagian dinding, termasuk dinding bagian atasnya. Model jendela depan menggunakan jendela awning dengan bukaan engsel pada bagian atas. Jendela menggunakan model kaca hitam transparan untuk memberi privasi dan pencahayaan yang lebih hangat. Di atas jendela terpasang ventilasi udara untuk akses udara keluar masuk dengan lebih maksimal. 


Konstruksi Atap Rumah

instagram/dualapan_desainrumah

Kontruksi atap rumah menggunakan model atap limasan. Jenis atap ini tetap cocok untukd desain rumah bernuansa modern natural seperti ini. Bentuk atap yang cukup besar memberikan kesan yang kokoh. Sisi miring atap limasan dapat melindungi rumah dari kebocoran dan struktur rumah keseluruhan dari perubahan cuaca eksterim pada iklim tropis. 


Desain Pemasangan Jendela


Desain rumah ini setidaknya memiliki lebih dari 8 jendela. Setiap ruang memiliki jendela dan ventilasi untuk memaksimalkan energi cahaya dan sirkulasi udara. Dengan begitu ruangan di dalam rumah akan selalu terasa cerah (di siang hari) dan tidak sumpek. Model jendela yang digunakan cenderung memiliki desain  vertikal dengan permukaan kaca. 


Tata Letak Interior Rumah

instagram/dualapan_desainrumah

Desain rumah hemat energi ini memiliki 3 buah kamar tidur. Dengan kamar tidur utama yang dilengkapi dengan en-suite bathroom. Setiap ruang tidur dibuat berdekatan satu sama lain. Desain ini cocok untuk rumah dengan anak-anak yang masih dalam pengawasan orang tua. Desain ruang keluarga diletakkan pada bagian depan area rumah. Ukurannya cukup lebar, sehingga sangat pas untuk acara berkumpul dengan keluarga besar. 



Desain Rumah 11 x 22 Meter


Rumah ini diproyeksikan pada lahan 11 x 22 M. Rumah ini terdiri dari carport berukuran 8.150 x 6 M, taman depan berukuran 4.85 x 4.5 M, teras berukuran 3.3 x 1.5 M, ruang tamu berukuran 4.85 x 3.5 M, ruang keluarga berukuran 6.650 x 5.5 M, mushola berukuran 2.85 x 2 M, kamar  tidur utama berukuran 3 x 4.5 M, kamar tidur 1 berukuran 2.7 x 4 M, kamar tidur 2 berukuran 2.7 x 3.5 M, ruang makan berukuran 3 x 3 M, dapur berukuran 2.5 x 3 M, taman laundry berukuran 1.2 x 3 M, kamar mandi berukuran 1.5 x 1.5 M, dan garasi berukuran 3 x 3 M. 




Terimakasih telah menyimak artikel Inilah Konsep Hemat Energi: Rumah dengan Banyak Jendela dan Ventilasi sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/dualapan_desainrumah

Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com.



Categories in English