7+ Ide Ruang Makan Mungil dan Multifungsi

 

 Helloshabby.com -- Memiliki rumah dengan ukuran lahan yang terbatas, memang sepertinya kerap menjadi hambatan bagi anda dalam berkreasi. Tetapi mulai saat ini, anda tidak perlu khawatir lagi, karena sebenarnya ruangan mungil dapat anda siasati dengan berbagai cara agar tetap fungsional dan tampil menarik. Selain dapur, ruang makan juga sering disebut sebagai jantung dari sebuah hunian. Karena tidak hanya difungsikan sebagai tempat menyantap hidangan. Ruang makan bahkan menjadi salah satu tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga.

Jika anda sedang mencari beberapa contoh ruang makan, kali ini Helloshabby.com sudah mengumpulkan beberapa ide ruang makan mungil dan multifungsi yang bisa anda jadikan sebagai referensi!

 1. Ruang makan minimalis stylish

@shusihome

 
 Ide ruang makan yang pertama dirancang fungsional dengan konsep open plan. Desain ruang makan dirancang berada di ruangan yang sama dengan ruang keluarga tanpa sebuah sekat ruang untuk menghadirkan kesan luas pada hunian.
Pemilihan furnitur meja full kaca dan kursi makan bergaya minimalis juga tidak memakan banyak tempat karena bentuknya yang ramping. Pemilik menggunakan karpet untuk memperjelas kedua fungsi ruangan.
 
 

2. Ruang makan dengan tema pastel


@rikapradina_25

Ingin menghadirkan suasana ruang makan yang lebih tenang? Cobalah menggunakan kombinasi warna-warna pastel yang memang lembut. Tidak hanya bagian interior dinding yang dibuat dengan warna pastel cantik, tapi juga didukung pemilihan interior lainnya. Seperti meja dan kursi maka yang tampil menggemaskan dengan warna-warni pastel. 

Didesain berada didekat dapur, ruang makan dengan ukuran minimalis ini sangat hemat ruang dan multifungsi.

 

 

3. Ruang makan minimalis natural

@qiahladkiya

 
 Inspirasi ruang makan yang dipenuhi dengan dekorasi ramah lingkungan memang selalu berhasil menghadirkan atmosfer ruangan lebih homey. Anda bisa merancang interior dinding bernuansa putih bersih, kemudian lanjutkan dengan wall decor rustic yang menjadikan tampilan ruangan lebih indah.
Satu set meja dan kursi makan yang dilengkapi bantalan empuk dijamin akan membuat anda betah berlama-lama berbincang di ruangan ini.
 

4. Ruang makan mungil tema kuning yang ceria


@puridelko

Warna kuning identik dengan sentuhan warna yang ceria. Tidak terkecuali ruang makan diatas dibalut dengan sentuhan cover bernuansa kuning cerah yang cantik. Tidak hanya kursi, anda bisa menggunakan taplak motif dengan warna yang sama untuk tampilan interior lebih harmonis. Desain ruang makan dengan kapasitas empat dudukan sangat cocok bagi anda yang memiliki keluarga kecil yang bahagia.

5. Ruang makan dan dapur

@pipitesaw

Merancang dapur dan ruang makan di dalam satu ruangan yang sama sudah sering diterapkan oleh rumah minimalis agar tetap fungsional. Kedua ruangan memiliki fungsi yang saling berkaitan sehingga tentu dengan aktivitas akan berjalan lebih efektif. 

Setelah memasak, anda bahkan bisa langsung bisa menyajikan di ruang makan tanpa harus berpindah ke ruangan yang lainnya.

6. Ruang makan semi outdoor

@orinprandari

Desain ruang makan dengan konsep semi outdoor semakin sering diterapkan di banyak hunian modern. Karena memang dinilai lebih nyaman dan fungsional. Apalagi jika ruang makan berhadapan langsung dengan desain taman yang cantik. Tentu dengan ditemani pemandangan taman yang indah akan meningkatkan nafsu makan dan suasana ruangan pun terasa lebih fresh dan menyenangkan. Anda bisa menggunakan sliding door berbahan kaca transparan untuk tampilan ruangan sempit terasa lebih luas.

7. Ruang makan minimalis modern


@mommy.etha

 
 Inspirasi ruang makan berikutnya masih dibuat dalam ruangan yang sama dengan dapur. Hampir seluruh interior didominasi dengan kombinasi warna abu-abu dan putih khas hunian minimalis yang modern
Sedangkan pemilihan penataan furnitur juga terlihat fungsional dengan dapur letter L, dan ruang makanberada space samping yang kosong. Tidak banyak dekorasi yang digunakan, anda bisa menambahkan beberapa dried flower untuk membuat suasana ruangan semakin indah dan hidup.
 

 8. Ruang makan dekat halaman belakang

@arie_riyanthie
 

Punya sisa lahan belakang yang tersisa? Anda bisa meniru konsep ruang makan yang dibuat menarik berada di halaman belakang berikut ini. Selain menghadirkan kesan ruangan lebih luas, konsep open space juga memungkinkan sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Sehingga rumah pun akan terasa lebih sehat. 

Untuk mempercantik seluruh tampilan rumah, anda bisa memadukan konsep vertical garden yang dipastikan akan lebih hemat ruang. Selain indah, dapur dan ruang makan pun akan terlihat lebih fresh.

Itulah ulasan 7+ ide ruang makan mungil yang bisa anda contoh desainnya di rumah. Dari beberapa ide diatas mana favorit anda? Semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan untuk mendapatkan artikel menarik tentang rumah lainnya hanya di Helloshabby.com. Terimakasih.

Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber




Categories in English