7+ Ide Rumah Kecil yang Tertata Rapi dan Terasa Luas


Helloshabby.com -- Punya rumah dalam ukuran yang terbatas memang dilematis. Terlalu sedikit barang juga akan menyulitkan dan membuat rumah terasa kosong. Terlalu banyak barang membuat rumah jadi sempit dan mengganggu mobilitas. Untuk itu, kita dituntut lebih kreatif dalam menatanya rumah berukuran kecil. Anda dapat mencoba penataan minimalis yang mengutamakan fungsi, tanpa membuat rumah terasa kosong dan kurang bermakna. Salah satu inspirasi terbaiknya ada dalam ulasan 7+ Ide Rumah Kecil yang Tertata Rapi dan Terasa Luas di bawah ini!


1. Penggunaan Pintu Kaca


Pada rumah kecil, sebisa mungkin ruangan memiliki sumber pencahayaan dan penghawaan alami yang baik. Anda bisa memasang jendela dan sebagainya. Namun, bila tak memungkinkan pilih desain pintu kaca seperti di atas. Pintu kaca bisa menyalurkan cahaya matahari dan menerangi ruangan secara alami. Pilih model pintu geser yang lebih hemat tempat. Pasang juga tirai abu-abu untuk memberi privasi di malam hari. 



2. Menata Ruangan jadi Ruang Terbuka


Ruangan yang berukuran besar bisa dimanfaatkan jadi dua ruang yang berbeda fungsi sekalipun. Misalnya, menyatukan ruang tamu dan ruang makan seperti ini. Desain furnitur pada masing-masing ruang bisa dibuat berbeda. Pada ruang tamu dengan nuansa dominasi warna maskulin yang cenderung kalem. Sedangkan, pada ruang makan menggunakan furnitur warna putih dan abu-abu cukup pas untuk mengisi sudut agar tak berlebihan. 

3. Dekorasi yang Merapat Dinding


Ruangan kecil baiknya memiliki space tengah yang kosong agar terlihat lebih luas. Untuk itu, dekorasi dan set hiburan TV bisa dibuat merapat ke dinding. Penataan ini akan menyisakan space kosong dan membuat ruangan lebih seimbang.

Untuk sisi estetika, Anda bisa memilih backdrop TV dengan kombinasi biru navy dan cokelat kayu alami yang tampil harmonis disandingkan dengan tanaman dalam pot. 


4. Kamar Tidur dalam Warna Black Pink


Kamar tidur adalah ruang terpenting untuk mengistirahat jiwa dan raga. Buat desain kamar pada rumah kecil tetap terlihat stylish maksimal. Anda bisa memainkan pilihan warna pada furnitur utama, yaitu tempat tidur. Menggunakan seprai atau bed cover dalam warna hitam dan sedikit aken pink membuat kamar jadi terlihat cantik dan berkarakter. Manis tapi juga keren. 


5. Desain Kamar Favorit untuk Anak 


Libatkan si kecil untuk mendesain kamar tidur impian mereka. Perbolehkan anak untuk menentukan tema dan warna favorit mereka. Misalnya, menggunakan seprai single bed dalam gambar robot kesukaan. Tempatkan beberapa rak dan meja untuk meletakkan dekorasi dan mainan si anak. Ajari juga si kecil untuk selalu merapikan tempat tidur dan mainan setelah dipakai. 


6. Dapur Minimalis yang Praktis dan Manis


Punya dapur minimalis bisa memberi banyak kelebihan. Salah satunya, akses yang terjangkau dari tempat preparasi masakan, wastafel dan kompor. Dapur di sudut rumah akan pas dengan meja dapur berbentuk L dengan kabinet bawah krem dan meja dapur hitam yang kokoh. Kabinet tergantikan oleh rak ambalan yang digunakan jadi tempat pajangan dan bumbu dapur. 


7. Pantry yang Tertata Rapi


Jika Anda memiliki ruang kosong atau space kecil yang masih bisa digunakan, manfaatkan jadi pantry di rumah. Pantry dapat difungsikan sebagai tempat khusus menyimpan bahan makanan dan masakan kering juga bumbu masak. Tempatkan pada rak khusus dengan toples-toples yang lucu. Memiliki pantry khusus akan memudahkan saat hendak mengambil bahan masakan. 



Kamar Mandi Minimalis Modern


Kamar mandi walau kecil bisa memiliki fitur yang lengkap. Anda bisa menggunakan shower daripada bak air yang menghabiskan tempat. Buat lantai shower box lebih landai daripada lantai utama. Ini dimaksudkan agar air langsung mengalir dan tidak membuat seluruh lantai kamar mandi basah. Gunakan wastafel gantung dan cermin minimalis untuk touch up sebelum ke luar dari kamar mandi. 


Laundry Kecil yang Estetik


Jadikan memasak jadi aktivitas yang menyenankan dengan desain laundry yang estetik. Lapisi dinding bata ekspos dengan cat warna putih untuk kesan ruang yang bersih dan lapang. Sebagai pembatas ruangan, Anda bisa memasang partisi khusus dalam pola geometrik dan warna biru yang mencerahkan tampilan laundry room. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7+ Ide Rumah Kecil yang Tertata Rapi dan Terasa Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English