7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Di Halaman


Helloshabby.com -- Hobi merawat ikan di rumah? Tentu, tak ada salahnya untuk menghadirkan sebuah kolam ikan minimalis di rumah. Kolam ikan ini bisa menjadi sarana refreshing dengan merawat ikan dan melihatnya tumbuh baik dengan beragam warna sirip yang cerah. Membuat kolam ikan tak harus berukuran besar. Anda bahkan bisa membuat kolam ikan mini yang hemat tempat dan hemat bujet dalam pembuatan dan perawatannya. Adanya kolam ikan dijamin membuat hunian lebih segar. 

Berniat membangun kolam ikan minimalis? Simak ulasan tentang 7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Di Halaman.


Kolam Ikan Super Mini pada Taman Teras

instagram/amaliaputri_dprotoz

Sebagian teras atau carport bisa diubah menjadi sebuah taman kering seperti di atas. Taman ini menggunakan batuan koral putih sebagai penutup lahan. Dengan tanaman sansevieria sebagai pembaas dan penyegar taman. Taman pun tidak terasa gersang dengan adanya kolam ikan mini di dalamnya. Kolam ikan ini terbuat dari material solid dengan finishing cat hitam yang kontras dengan suasana taman. Ukuran kolam yang mini tentu membuat Anda harus menyesuikan jenis ikan yang akan dirawat. 


Kolam Ikan Hias ala Sungai Alami

instagram/endahhudoro

Meski memiliki lahan yang tidak besar, maksimalkan desain kolam ikan di halaman rumah Anda. Tentukan konsep dari kolam ikan tersebut. Anda dapat berinvestasi dengan membuat kolam layaknya sungai habitat asli dari ikan-ikan. Model kolam dikelilingi oleh batuan kali yang tersusun rapat dan kokoh. Kolam ini juga memiliki air terjun mini yang menambahkan kesejukkan. Halaman juga diisi dengan beragam tanaman tropikal yang tumbuh rimbun. Sehingga, kolam ikan minimalis ini terlihat begitu semarak segar. 


Kolam Ikan Minimalis dengan Model Landai

instagram/aluna_lunaahome

Beberapa model kolam ikan sengaja dibuat landai dari permukaan tanah halaman rumah. Ini untuk memudahkan dalam perawatan taman, dan memudahkan ketika ingin menengok ikan. Dengan dimensi yang tidak terlalu besar, Anda tetap bisa merawat ikan hias beraneka jenis. Agar ikan dalam kolam tetap hidup, tambahkan saluran atau pancuran air dan filter kolam. Dengan begitu, oksigen dan kebersihan kolam ikan tetap terjaga. 


Kolam Ikan Portabel

instagram/konzeptgarden

Kini, sudah ada model kolam ikan siap pakai atau portabel yang bisa ditempatkan di mana saja. Salah satu, desainnya seperti di atas. Dengan kotak-kotak atau kontainer yang mudah diangkut dan diposisikan sesuai keinginan. Kolam ikan ini memiliki ukuran yang terbilang minimalis, hanya cukup untuk menempatkan ikan-ikan kecil atau sedang. Namun, desain kolam ikan juga dilengkapi fitur boks tanaman dan air mancur mini yang segar. 


Kolam Ikan di Halaman Teras 

instagram/rumah_dinillah

Bersantai di teras makin menyenangkan dengan adanya sebuah kolam ikan. Desain kolam lebih tinggi dari permukaan lantai teras. Anda pun dapat menikmati keindahan ikan hias sambil duduk di kursi teras yang telah disediakan. Desain kolam ikan ini memiliki permukaan kaca transparan pada bagian tengahnya. Dengan begitu, ikan hias dengan siripnya yang indah bisa terlihat dari sisi depan. 


Kolam Ikan Minimalis yang Asri

instagram/rumahnayyara20

Halaman rumah tidak akan terasa kering dengan adanya kolam ikan. Anda dapat membuat sebuah kolam ikan yang memiliki air mancur berundak seperti di atas. Air mancur ini bukan hanya berguna untuk si ikan. Fitur air yang jatuh bisa menghadirkan visual dan suara gemiricik air yang syahdu menenangkan. Kolam ikan dengan desain serba hitam juga memberi kesan adem dan asri pada halaman rumah. 


Kolam Ikan Minimalis Memanjang

instagram/taman.diaries

Anda bebas bereksperimen dengan desain kolam ikan minimalis. Msalnya, membuat kolam ikan yang memanjang dalam bentuk L untuk menyesuaikan dimensi sudut rumah. Semakin lega kolam, Anda dapat meletakkan lebih banyak koleksi ikan hias di dalamnya. Pastikan ketinggian kolam memanjang ini sesuai dengan kondisi ideal. Ikan koi idealnya ditumbuhkan dalam kedalaman antara 1,2 - 1,5 m dengan kedalaman minimal 80cm. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Di Halaman sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English