Ide Rumah Sederhana Tipe Kecil yang Mudah dan Murah Dibangun


Helloshabby.com -- Bagaimanakah gambaran rumah idaman bagi Anda? Seiring dengan kesadaran terbatasnya lahan dan mahalnya biaya pembangunan, kini rumah idaman tak melulu soal rumah yang besar dan megah. Rumah tipe minimalis yang simpel dan tetap nyaman, banyak dijadikan pilihan untuk mewujudkan rumah impian. Rumah tipe minimalis memang cenderung sederhana dan lebih hemat kantong. Belum lagi, interior dan tata letak ruangan yang tetap mampu menghadirkan ruangan yang dibutuhkan keluarga.


Nah, bila Anda hendak membangun rumah sederhana, Anda bisa melirik Ide Rumah Sederhana Tipe Kecil yang Mudah dan Murah Dibangun, sebagai inspirasinya. 


Desain Fasad Rumah Sederhana


Fasad rumah atau tampilan depan rumah haruslah dipikirkan secara matang. Fasad rumah menentukan kesan dari rumah itu sendiri. Rumah dengan tipe kecil, seperti 21, 30, 36 dan 45 bisa memiliki desain fasad seperti di atas. Dengan elevasi lantai yang naik lebih tinggi memungkinkan rumah lebih aman dari risiko banjir, hewan/serangga atau debu dari halaman rumah. Dinding eksterior dimaksimalkan dengan pemasangan jendela dan ventilasi dalam bentuk bujur sangkar dengan detail yang cantik. 


Atap Rumah Terjangkau


Atap rumah ini memiliki kontruksi atap pelana. Dengan dua bidang miring yang menaungi seluruh bangunan rumah, kecuali bagian atap. Atap yang digunakan adalah jenis atap asbes untuk menyesuaikan bujet. Pemasangan atap asbes juga lebih cepat, karena dengan potongan yang lebih besar daripada genteng selainnya. Sayangnya, atap asbes juga memiliki kekurangan. Atap asbes cenderung menyerap panas dan tidak baik untuk kesehatan (pemakaian dalam waktu lama). 


Ruang Tamu Monokrom yang Lega


Maksimalkan desain ruang tamu yang dimiliki. Anda bisa menerapkan tema warna pada ruang tamu, agar tampilannya jadi lebih menarik. Gunakan tema monokrom hitam putih untuk memberi kesan modern minimalis yang elegan. Set sofa warna hitam putih terlihat apik dengan dinding putih di sekitarnya. Menambahkan tirai putih dengan pola hitam juga akan menyempurnakan visual ruang tamu. 


Desain Kamar Tidur Utama


Kamar tidur utama dengan konsep sederhana juga memiliki kelebihan tersendiri. Kamar bisa dibuat dengan model lesehan tanpa ranjang, agar kamar terasa luas dan lapang. Gunakan juga warna putih untuk memberi kesan kamar tidur yang bersih dan cerah. Kamar juga akan selalu segar dengan jendela yang terpasang di dinding. Pastikan juga kamar tidur selalu rapi agar kamar tidur bisa menjadi tempat terbaik untuk menghilangkan penat dan lelah. 



Desain Kamar Tidur Anak


Kamar tidur kedua bisa menjadi kamar tidur cadangan atau kamar tidur anak. Penatannya mengusung gaya sederhana yang minim dekorasi. Kasur lesehan dan lemari ramping cukup pas diletakkan berdampingan, seperti di atas. Anda bisa menambahkan rak khusus untuk meletakkan alat solat. Sehingga, bagian kosong di depan almari plasti bisa digunakan sebagai tempat solat di kamar. 


Dapur Hitam Sederhana Tipe Minimalis


Dapur dalam layout bentuk L akan memberi praktikalitas pada rumah tipe kecil. Dapur bentuk L cenderung cocok untuk desain dapur terbuka, yang menjadi satu area dengan ruang lain, seperti ruang makan atau ruang tamu. Anda akan memiliki lebih banyak penyimpanan dengan memasang kabinat atas dan bawah. Lebih hemat pengeluaran dengan memasang jendela di atas kompor. Jendela ini menjadi alternatif pengganti cooker hood, yang biasanya terpasang di atas kompor. 


Kamar Mandi Praktis


Kamar mandi ini menyatukan shower dan toilet sekaligus. Keduanya dibatasi oleh sebuah tirai khusus. Lantai juga dibedakan dengan membuat area pembatas lebih tinggi daripada lantai kamar mandi. Penataan ini memungkinkan lantai toilet tidak ikut basah, setelah shower digunakan. Walau kecil, kamar mandi juga memiliki wastafel dan cermin khusus untuk bebersih ringan seperti cuci muka dan sebagainya. 


Terimakasih telah menyimak artikel Ide Rumah Sederhana Tipe Kecil yang Mudah dan Murah Dibangun sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English