7 Contoh Desain Rumah Tropis Minimalis


Helloshabby.com -- Rumah tropis adalah gaya rumah yang dibuat agar dapat bertahan pada iklim tropis. Pada umumnya, beragam desain rumah di Indonesia dibuat menyesuaikan iklim tropis. Ciri khasnya adalah teras beratap untuk meminimalisir paparan matahari, atap dengan kemiringan > 30 derajat, lebih banyak jendela dan ventilasi untuk membuat rumah tetap cerah dan segar. 

Selain dari bentuk arsitektur, rumah tropis juga bisa dilihat dari bagaimana desain eksterior dan interior rumah. Bukan hanya soal meletakkan tanaman di dalam rumah, rumah tropis juga bertujuan untuk memberi kenyamanan maksimal dari seluruh komponen rumah. Anda bisa melihat inspirasi menarik rumah tropis, dalam ulasan 7 Contoh Desain Rumah Tropis Minimalis.


Eksterior Rumah dengan Taman Segar

instagram/desi_surya321

Memakai istilah rumah tropis, rasanya tak lengkap bila rumah tidak memiliki sebuah taman. Taman depan bisa dihadirkan pada eksterior rumah. Tak harus besar, taman dengan halaman rumput dengan kombinasi jalan setapak batuan siap untuk menyegarkan fasad rumah. Jangan lupa, beri tanaman yang bisa tumbuh rindang di taman, seperti tanaman siklok, pucuk merah, dan tanaman lainnya. 


Ruang Tamu dengan Dekorasi Tanaman


Agar tak terlalu panas, langit-langit rumah bisa dibuat lebih tinggi sekitar 2.8 m - 3.2 m dari lantai. Ini akan membantu sirkulasi udara di dalam rumah tidak terasa pengap. 

Pada desain ruang tamu, Anda bisa memberi dekorasi tanaman hijau untuk mengisi sudut dan spot ruang yang kosong. Tanaman hijau akan memberi getar tropis yang melengkapi visual ruang tamu. Apalagi, bila ruang tamu tersinari cahaya matahari tidak langsung, tanaman indoor pun bisa hidup baik di area ruang tamu. 


Dekorasi Berbahan Alam yang Menyegarkan

instagram/desi_surya321

Daerah tropis sangat khas akan kekayaan alamnya. Maka dari itu, tak salah untuk menggunakan lebih banyak material alam sebagai elemen rumah. Baik dalam bentuk kontruksi atau dekorasi rumah. Misalnya, dengan memilih dekorasi dinding dengan bingkai kayu, kursi rotan untuk area bar dan atau meletakkan lebih banyak tanaman untuk memberi kesegaran pandang dan udara yang berkualitas di dalam rumah. 


Desain Ruang TV dekat Taman


Ruang TV biasanya jadi tempat keluarga berkumpul dan bersantai bersama. Desain ruang bisa dibuat minimalis, tapi kental akan nuansa tropis. Posisi ruang TV yang langsung berdekatan dengan taman akan memberi suasana yang sama segarnya. Pilihan soft furnishing dalam pola dedaunan tanaman tropis dan tanaman indoor juga membuat suasana ruang tetap cerah dan segar. 


Taman Belakang Multifungsi

instagram/desi_surya321

Halaman belakang bisa menjadi area serbaguna untuk seluruh penghuni rumah. Area ini bisa dijadikan tempat cuci jemur, tempat bersantai, tempat berjemur pagi sampai taman dengan koleksi tanaman dalam pot yang berjajar rapi. Taman belakang lebih natural dengan menambahkan batuan koral di sisi-sisinya. Area terbuka seperti ini pastinya juga membuat  udara dapat keluar masuk ke dalam rumah dengan leluasa.  


Kamar Tidur Cerah Minimalis


Desain kamar tidur dalam warna dasar putih akan memberi ilusi ruang yang lebih terang dan luas. Percik warna oranye dimasukkan pada soft furnishings dan warna terakota pada pot-pot sukulen, membuat kamar tidur terlihat lebih cerah nan segar. Anda bisa meletakkan tanaman seperti anggrek atau pothos yang dipercaya bisa memberikan udara yang baik saat Anda tertidur di malam hari. 


Dapur Terbuka Minimalis Tropis

instagram/desi_surya321

Desain dapur dengan konsep terbuka akan memberikan pengalaman memasak yang lebih leluasa dan tidak sumpek. Pintu kaca yang bisa dibuka lebar, memungkinkan cahaya dan udara untuk menyegarkan dapur. Anda juga bebas mengisi dapur dengan perabotan dapur dalam warna merah untuk membuat tampilan dapur lebih tematik bergaya. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Contoh Desain Rumah Tropis Minimalis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/desi_surya321

Categories in English