Tips Membuat Tempat Barbeque di Rumah Saat Idul Adha


Helloshabby.com -- Momen Idul Adha tinggal menghitung hari. Biasanya, momen ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim. Selain prosesi ibadah kurban, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama menikmati sajian daging. Menjelang siang, sudah banyak tercium asap dan aroma dari bakaran daging di rumah-rumah. 

Jika Anda salah satunya yang berniat mengadakan agenda nyate atau barbeque-an bersama keluarga saat Idul Adha, tak ada salahnya melakukannya di rumah. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat tempat barbeque asik. Simak dalam Tips Membuat Tempat Barbeque di Rumah Saat Idul Adha
 


1. Memilih lokasi terbaik untuk memanggang daging

instagram/starpiggie

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih lokasi untuk pemanggangan daging. Anda bisa menjadikan halaman belakang terbuka jadi tempat untuk barbeque-an atau nyate bersama. Halaman yang lega akan memberi keleluasaan untuk meracik daging yang akan dipanggang. Tentu, semakin luas halaman semakin banyak anggota keluarga yang bisa diajak memanggang dan menikmati sajian daging bersama. 


2. Jauhkan alat pemanggang dari sekitar dinding

instagram/momo_interior

Barbecue atau memanggang daging pasti menghasilkan bau anyir daging dan asap bakaran. Keduanya bisa meresap ke area rumah. Sehingga, lebih baik alat bakaran tidak terlalu dekat atau menempel dengan dinding rumah. Penempetan yang terlalu dekat bisa membuat dinding menjadi hitam dan kotor, dari asap bakaran, cipratan bumbu atau noda hitam dari arang. 


3. Memilih alat panggang 

instagram/declikdeco_fr

Jangan lupa untuk menyediakan alat panggang yang akan memudahkan proses mengolah daging barbeque! Alat panggang berkaki ala Barat cukup mudah dan efisien untuk dijadikan alat pemanggangan daging saat Idul Adha. Model alat panggang ada yang kecil atau ramping, sesuai dengan budget. Anda juga bisa memilih model alat panggang tradisional ala tukang sate yang lebih mudah dan ekonomis untuk didapatkan. 


4. Membuat alat panggang sendiri

instagram/hgtv

Selain menggunakan alat panggang siap pakai, Anda juga bisa bereksperimen dengan membuat alat pemanggangan daging sendiri. Alat pemanggangan bisa dibuat dari kaleng bekas yang berukuran besar, atau menggunakan bata merah yang ditumpuk dua sisi. Letakkan besi panggangan di atasnya, dan gunakan arang sebagai bahan bakar untuk memanggang daging. 


5. Hadirkan tempat duduk asik

instagram/weissmacherei

Setelah selesai daging matang dan siap disantap, tentu Anda memerlukan tempat untuk menyantapnya. Sediakan tempat duduk yang nyaman untuk bersantap daging barbeque bersama keluarga. Anda bisa memilih desain bangku dan kursi outdoor seperti ini atau cukup dengan menghamparkan tikar lega, yang pas untuk suasana piknik barbeque di rumah. Hadirkan juga pencahayaan yang terang dan hangat, bila hendak memanggang daging di malam hari. 



6. Tips barbeque indoor

instagram/sakabuffet

Idealnya, tempat barbeque dilakukan di luar rumah. Namun, bila tak memungkinkan Anda bisa melakukannya di dalam rumah dengan perhatian khusus. Baiknya menggunakan alat pemanggangan grill atau panci yang dirancang untuk memangang di dalam ruangan.

Pastikan tidak meninggalkan daging di atas alat panggang untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Anda juga bisa memanggang daging pada kompor dengan cooker hood di atasnya untuk mencegah bau asap daging tidak terlalu menyebar di dalam rumah. 



Terimakasih telah menyimak artikel Tips Membuat Tempat Barbeque di Rumah Saat Idul Adha sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English