Cara Mendesain Rumah Minimalis yang Buat Jatuh Hati Netizen


Helloshabby.com -- Gaya minimalis memang nggak ada matinya! Rumah dengan penataan minimalis juga menjadi solusi untuk beberapa masalah. Misalnya, rumah dengan ruang-ruang yang terbatas dan keci. Penaataan minimalis akan membuat ruangan lebih luas dan lapang. Ruangan terbatas pun akan lebih teroptimalkan fungsinya. 

Untuk memberi Anda inspirasi penataan rumah minimalis yang mudah diterapkan, kami hadirkan ulasan menarik cara mendesain rumah minimalis yang buat jatuh hati netizen


1. Pilih desain fasad rumah minimalis

instagram/wanyzabry

Desain atau bentuk fasad rumah mempengaruhi kesan dan kepuasan pemiliknya. Pertimbangkan untuk mendesain fasad rumah dengan bentuk simetris sederhana, khas arsitektur minimalis. Arsitektur simetris & geometris juga akan menghemat biaya pembangunan fasad.

Selanjutnya, Anda bebas memberi fitur eksterior yang membuat rumah lebih elegan, seperti tembok roster dan pagar tembok putih seperti di atas. 


2. Memiliki interior serba putih


Pilihan warna cat tembok dapat memperkuat kesan yang ingin didapatkan. Pada rumah kecil, pilih  tone warna minimalis seperti putih, abu-abu, atau krem. Warna-warna cat minimalis  akan memberi kesan ruangan yang lebih lega dan luas. Anda bisa menambahkan elemen dekoratif alami, seperti meja kayu dan tanaman hijau supaya ruangan tidak terlihat monoton. 


3. Minimalisir Terlalu Banyak Dinding

instagram/wanyzabry

Rumah minimalis ingin memberi kesan hidup yang leluasa dan fungsional. Anda bisa memiliki satu ruang terbuka, menjadikannya sebagai area ruang tamu dan ruang TV keluarga sekaligus. Meski jadi dua ruang, hilangkan dinding solid di antara keduanya. Biarkan ruang terlihat terbuka agar pandangan terasa lega. 

Alih-alih dinding solid, Anda bisa pasang jenis sekat partisi bingkai seperti ini untuk membatasi ruang dan membuat rumah tetap estetik. 


4. Manfaatkan Penyimpanan Vertikal


Dapur adalah ruang yang paling banyak membutuhkan space penyimpanan. Selain kabinet di bawah meja, gunakan ruang vertikal untuk pemasangan kabinet dan rak-rak ambalan. Anda dapat menyimpan lebih banyak perabotan dapur, bahkan memajang dekorasi yang menyegarkan. 


5. Miliki Ruang yang Terang dan Lega

instagram/wanyzabry

Rumah minimalis juga berusaha semaksimalkan mungkin agar setiap area  selalu terang alami. Salah satunya dengan pemasangan atap skylight dengan kaca tempered.

Atap transparan akan menyalurkan cahaya ke dalam, rumah pun akan terang dan menghemat biaya listrik. Anda dapat menjadikan area di bawah skylight jadi taman kering seperti ini. 


6. Dekorasi Bernuansa Earthy-tone


Kamar tidur menjadi tempat dimana Anda beristirahat dan mendapat energi baru. Pastikan desain dan dekorasi kamar menunjang untuk itu. Ruangan berdinding dan berlantai putih terlihat apik dengan furnishings dan dekorasi bernuansa earthy tone seperti ini. Ini membuat kamar tidur terasa cozy.


7. Opsi Box untuk Penyimpanan

instagram/wanyzabry

Barang-barang kecil yang tidak ditata akan membuat ruangan terlihat berantakan. Anda dapat memiliki rak terbuka dan meletakkan keranjang box untuk menata peralatan kecil. Penyimpanan seperti ini membuat agenda merapikan kamar tidur jadi lebih efisien dan efektif. 


Terimakasih telah menyimak artikel Cara Mendesain Rumah Minimalis yang Buat Jatuh Hati Netizen sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/wanyzabry

Categories in English