7+ Ciri Rumah Sehat, Apakah Hunian Anda Termasuk?


Helloshabby.com -- Rumah sehat adalah rumah yang dapat meningkatkan atau menjaga kesehatan para penghuninya. Rumah yang menyehatkan tidak datang dengan sendirinya. Rumah seperti ini bisa ditunjang dari kontruksi atau yang terpenting menjaga kebersihan di rumah. 

Yuk, bersama-sama menjadikan rumah kita lebih sehat dengan mengenali setidaknya 7+ Ciri Rumah Sehat, Apakah Hunian Anda Termasuk?


1. Memiliki bukaan dan ventilasi udara yang bagus


Hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan adalah sirkulasi udara di rumah. Dari pembangunan awal, sirkulasi udara harus dipertimbangkan dengan matang. Misalnya, dengan memasang ventilasi udara pada spot yang sesuai dengan dimensi rumah. Selain ventilasi kecil, ide bagus untuk memiliki bukaan lebar seperti jendela atau kaca dorong untuk mengoptimalkan cahaya dan udara masuk ke dalam rumah. 



2. Lantai dan Dinding Kedap Air

instagram/umahabang

Jika sirkulasi dan kelembapan udara sudah ideal, model lantai dan dinding apapun akan kedap air. Sehingga tidak ditumbuhi jamur yang tidak baik bagi kesehatan bila dihirup. Rumah yang lembap juga cenderung mudah ditumbuhi lumut terutama bagian dindingnya. Ini bisa membuat dinding mudah rapuh dan tampilan rumah jadi kurang menarik. 


3. Jendela Ideal di Setiap Ruang


Meski ruang utama sudah memiliki jendela besar. Pastikan ruang-ruang penting lain, seperti dapur dan kamar tidur juga dipasangi jendela. Jendela akan memberi pencahayaan alami yang lebih nyaman daripada cahaya lampu di siang hari. Pemasangan jendela di kamar juga berfungsi untuk menjaga kelembapan udara sehingga tidak tumbuhnya jamur. 

Jendela yang menghadap taman juga jadi bonus pemandangan menarik yang membuat mood kita happy terus.


4. Penataan dan Dekorasi yang Menyehatkan

instagram/umahabang

Penataan ruang menjadi hal krusial untuk kenyamanan rumah. Ruangan yang asal tertata bisa menimbulkan rasa sumpek atau berantakan. Tata dengan baik setiap ruangan. Pastikan selalu ada ruang untuk berjalan yang cukup atau tidak terlalu sempit. 

Anda bisa memilih dekorasi yang juga menyehatkan penghuni rumah. Misalnya, mengisi coffee table atau meja nakas dengan dekorasi tanaman indoor yang bisa menyerap racun udara dan mempercantik ruangan. 


5. Bebas Jamur dan Hewan Pembawa Penyakit


Dapur menjadi area paling 'tricky' untuk dijaga kebersihannya. Ini adalah ruang aktif yang menghasilkan makanan favorit. Tak jarang dapur juga mengundang hewan-hewan yang tak diinginkan, seperti tikus atau kecoak. Pastikan untuk selalu membersihkan dapur dari sisa-sisa makanan. Bersihkan sudut-sudut gelap yang biasanya jadi tempat persembunyiannya. 

Bebaskan dapur dari jamur dengan memasang jendela pada area terlembap seperti area dekat wastafel. 


6. Menyediakan Ruang Terbuka

instagram/umahabang

Terus berada di dalam rumah bisa menghadirkan kejenuhan dan menaikkan tingkat stres. Jika masih memungkinkan, hadirkan sebuah ruang terbuka baik teras atau taman. Penuhi taman dengan nuansa hijau alami untuk memberi kesegaran yang sehat untuk jiwa dan raga. Ruang terbuka ini juga bagus untuk merealisasikan hobi berkebun atau memelihara ikan hias. 


7. Miliki Ruang Berkumpul Keluarga

instagram/umahabang

Jangan sampai rumah yang sudah ideal sehatnya, tapi tidak memberi rasa kebersamaan. Miliki sebuah ruang berkumpul keluarga untuk menikmati waktu santai bersama. Area kumpul bisa di ruang TV atau bahkan taman menghadap pemandangan luar seperti ini. Ruang berkumpul akan menyatukan anggota keluarga dan membuat rumah lebih memorable.


8. Sanitasi dan Saluran Pembuangan yang Baik


Baru-baru ini, penelitian kualitas sanitasi dan pembuangan air di rumah-rumah Indonesia masih kurang baik. Pastikan ini tidak terjadi di rumah Anda. Miliki akses sanitasi seperti kamar mandi dan toilet yang ideal. Bagian saluran pembuangan seperti septic tank juga harus dibuat seideal mungkin agar tidak mencemari lingkungan di sekitarnya. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7+ Ciri Rumah Sehat, Apakah Hunian Anda Termasuk? sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/umahabang

Categories in English