Tips Cepat Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati


Helloshabby.com -- Ada saatnya kita khawatir karena tanaman kesayangan kita menunjukkan tanda-tanda tanaman yang mulai sekarat. Mulai dari dedaunan terkulai, daun kuning terlalu banyak, dan bahkan masalah batang. 

Jangan biarkan tanaman mati begitu saja. Jika Anda melihat tanaman mulai tak sehat, ada beberapa cara penyelamatan yang bisa dilakukan di rumah. Anda bisa melihat beberapa tipsnya dalam tips cepat menyelamatkan tanaman yang hampir mati.


Daun yang Menguning

instagram/rykamegah

Daun yang menguning memang wajar. Ini bisa menjadi tanda bahwa daun tersebut sudah menua dan akan tergantikan dengan daun baru.

Namun, jika Anda melihat banyak daun yang menguning, itu bisa disebabkan masalah penyiraman. Beberapa tanaman tidak menyukai air berlebih di tanah. Coba ganti pot tanaman dengan tanah baru dan letakkan di dekat jendela. Perhatikan cara dan penjadwalan tanaman yang tepat untuk koleksi Anda. 

Pastikan juga memotong daun-daun kuning agar tidak mengganggu pertumbuhan bagian lainnya.


2. Batang yang terlalu kurus

Better Homes and Gardens

Saat membawa tanaman ke dalam rumah, beberapa tanaman menunjukkan pertumbuhan batang yang panjang dan kurus. Ini disebabkan batang kurang mendapat cahaya alami. 

Pindahkan tanaman ke area dekat jendela agar mendapat cahaya mathari yang cukup. Biasakan untuk merotasi tanaman setiap penyiraman untuk menstabilkan pertumbuhan batang.


3. Daun yang kering

BobVilacom

Tepi daun tanaman hias yang menjadi kecokelatan menjadi tanda kurangnya kualitas air dan kelembapan. Bisa pula dikarenakan sinar matahari berlebih. Tanaman tropis umumya menyukai kelembapan udara yang tinggi dan lebih suka hidup dengan cahaya matahari tidak langsung, dari jendela atau area yang teduh. 

Anda bisa potong daun yang mengering tiba-tiba dan pindahkan tanaman ke area yang lebih baik.


4. Daun yang Terkulai

instagram/gracesbotanicalgarden

Ada beberapa hal yang membuat tanaman terkulai. Bisa dikarenakan penyiraman yang kurang, penyiraman berlebih, atau terlalu terekspos cahaya matahari. 

Jika tanaman terkulai karena tanahnya terlalu kering, coba beri itu air dan lihat apakah tanaman jadi lebih baik. Sebagian tanaman akan layu untuk menunjukkan tanda kekurangan air.


5. Daun dan batang yang pucat, kusam

instagram/ditha_urspon

Daun tanaman kusam dan memudar menjadi indikasi terlalu banyak matahari. Jangan biarkan tanaman kesayangan mati karena kepanasan. Pindahkan tanaman dari tempat semula. Bisa ke area teras yang lebih teduh. Jika tanaman berada di dekat jendela, Anda bisa tambahkan tirai tipis untuk melembuatkan terik matahari di siang hari.



6. Mengatasi kutu putih


Kutu putih mealybug bisa menyerang tanaman hias atau tanaman buah. Serangga ini dilapisi lilin  putih yang membuat daun menguning, keriting, dan batang yang mengering. 

Anda bisa membersihkan kutu putih dengan menyemprotkan atau mengelap bagian tanaman dengan alkohol/ minyak nimba/ sabun cuci piring/ atau larutan bawang putih.




Terimakasih telah menyimak artikel Tips Cepat Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English