7 Tanaman yang Bisa Mengurangi Debu Masuk Dalam Rumah


Helloshabby.com -- Udara di dalam rumah tidak sepenuhnya lebih bersih dari udara di luar. Udara indoorbisa tercemari oleh debu dan racun-racun udara, yang berasal dari alat rumah tangga, seperti cairan pembersih, karet, plastik dan lainnya.

Beruntungnya, ada beberapa tanaman rumah yang dipercaya bisa membuat udara lebih bersih dan lebih segar. Tanaman-tanaman ini bisa membersihkan udara dari debu-debu atau racun udara. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam 7 tanaman yang bisa mengurangi debu masuk dalam rumah.


1. Palem Kuning

instagram/plantlover.bali

Jangan remehkan tanaman palem hias di rumah. Tanaman ini cantik sebagai tanaman di spot terang dan memberi kita udarra yang lebih baik. Tanaman ini bisa menyerap debu yang mungkin mengandung racun udara seperti, formaldehid, xylene, benzene, karbon monoksida dan zat berbaya lainnya. Simpan palem di tempat terang tanpa penyiraman yang terlalu rutin.


2. Lidah Mertua (Sansevieria)

instagram/evi_umqismina

Siapa yang tak kenal dengan tanaman lidah mertua atau sansevieria? Tanaman yang sangat mudah tumbuh dan tidak mudah mati walau dengan pengabaian ekstra. Tanaman lidah mertua efektif untuk membersihkan udara dari benzene, formaldehida, dan  zat kimiawi lainnya. Debu mungkin terperangkap di daun tebalnya, jadi bersihkan dengan lap bersih agar tak mengganggu proses fotosentesis.



3. Peace lily

instagram/the_bervely_flower_company

Peace lili atau bunga paris perdamaian adalah tanaman berdaun hijau dan memiliki bunga putih yang elegan. Di iklim kita, peace lily bisa tumbuh besar dan memberi kesegaran tropis maksimal. Peace lily bisa mengurangi debu dan racun udara dalam rumah. Saat udara bersih dari debu dan racun, kita pun bisa menghirup udara yang berkualitas di dalam rumah.


4. Lidah Buaya

instagram/indoorplants.lk

Tanaman lidah buaya jadi tanaman rumah dengan seribu manfaat. Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut dari getah yang terkandung di situ. Lidah buaya juga bisa memberi kesegaran udara karena dapat membersihkan udara dari debu dan racun kimiawi. Menurut penelitian NASA, tanaman terbukti bisa menurunkan kadar debu 20 persen di dalam rumah.


5. Sri Rejeki

instagram/lena_grows_

Sri rejeki punya daun cantik berwarna merah muda dengan sisi-sisi hijau yang eksotik. Tanaman ini berdaun lebar sehingga dapat menyaring dan mengurangi debu masuk ke rumah. Debu yang bercampur racun udara, seperti formaldehida, benzene, trikloroetilen, dan karbon monoksida bisa terkurangi kadarnya dengan meletakkan sri rejeki di rumah.



6. Paris lili

instagram/gardeningknowhow

Paris lili atau spider plants adalah tanaman indoor yang sangat populer. Tanaman ini bisa tumbuh di pot atau ditumbuhkan di air seperti ini. Tanaman ini tiddak beracun untuk hewan peliharaan. Paris lili juga aktif untuk mengurangi polutan udara seperti xlylene dan formaldehida. Lebih dari itu paris lili akan mempercantik meja atau rak display di rumah.


7. Karet Kebo

instagram/pottedplantindia

Daripada membeli air purifier, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman di rumah. Salah satunya karet kebo atau rubber plant. Tanaman ini efektif untuk membersihkan duara. Tanaman karet kebo dapat mengumpulkan butiran deby dan menghilangkan polusi di dalam rumah. Karet kebo suka disiram saat tanah bagian atasnya sudah mulai mengering.


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Tanaman yang Bisa Mengurangi Debu Masuk Dalam Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English