Ide Rumah Batako Luar Dalam, Layak Huni dan Ekonomis


Helloshabby.com  -- Membangun rumah bukan perkara mudah. Tak sedikit dari kita yang rela menabung puluhan tahun untuk mewujudkannya. Rumah sederhana pun tak apa, terpenting hasil dari usaha sendiri. Salah satunya, rumah sederhana yang tampak terbuat dari full batako atau hebel ini. 

Rumah ini adalah hasil kerja keras keluarga Bunda Devi Yanti selama 11 tahun pernikahan. Berukuran 7 x 8 meter dengan estimasi biaya pengerjaan Rp 100 juta rupiah, rumah sederhana tapi layak huni sudah terwujud. 

Detail lengkapnya pada Ide Rumah Batako Luar Dalam, Layak Huni dan Ekonomis.


Fasad Rumah Batako Ekspos

Devi Yanti

Dari luar rumah ini sudah tampak 'gagah' berdiri. Pondasi lantai ditinggikan mengingat kanan-kiri rumah masih ladang kosong. Elevasi lantai yang tinggi memungkinkan rumah terhindar dari hewan melata atau kotoran luar rumah.

Rumah menggunakan full material batako atau baja ringan hebel. Dinaungi atap pelana dengan genteng bata merah yang menyempurnakan. Bagian di atas pintu depan dan jendela-jendela bisa dipasangi dak cor datar untuk meminimalisir risiko air hujan masuk lewat bukaan tersebut.


Lantai Hebel yang Beda 


Biasanya, lantai rumah menggunakan material semen cor. Namun, rumah ini memilih opsi lantai hebel yang sama kuatnya. Lantai ini memberi pola-pola unik di dalam ruangan.

Jika Anda memiliki hunian seperti ini, Anda bisa melapisi dinding dengan semen ekspos untuk diberi cat dekoratif. Cat rumah baru akan memberi tampilan segar dan tidak membosankan.


Ruang Keluarga Sederhana

Devi Yanti

Ruang depan bisa digunakan untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Tak masalah untuk menatanya sesederhana mungkin, apalagi rumah yang memang belum full furnish.

Model ruang keluarga lesehan lebih simpel untuk diwujudkan. Hamparkan karpet nyaman dan hadapkan pada TV, dan ruang keluarga sederhana tapi nyaman sudah terwujud.


Ide Kamar Tidur Sederhana


Rumah 7 x 8 meter ini memiliki dua kamar tidur. Salah satunya kamar tidur utama. Kamar tidur utama dilengkapi ranjang tidur kayu jati yang kokoh. Lemari pakaian kayu juga bisa diletakkan di samping tempat tidur. Akan lebih baik jika kamar tidur juga memiliki jendela untuk memberi atmosfir segar dan pencahayaan bagus ke dalam rumah.


Sudut Kecil untuk Area Kabinet

Devi Yanti

Sudut rumah dijadikan tempat untuk meletakkan kabinet dapur dan kulkas. Sudut ini berdekatan langsung dengan kamar mandi. Pintu kamar mandi dipilih dari material PVC pink yang mencolok. Ini agar penghuni atau tamu tidak keliru mengenali area  kamar mandi.



Terimakasih telah menyimak artikel Ide Rumah Batako Luar Dalam, Layak Huni dan Ekonomis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Devi Yanti

Categories in English