Inspirasi Rumah 2 Lantai dengan Fungsi Atap yang Gak Sia-Sia


Helloshabby.com -- Tinggal di kota padat penduduk memang suatu tantangan tersendiri. Salah satunya minimnya lahan terbuka yang mungkin diwujudkan di rumah. Meski begitu, masih ada cara untuk mendapatkan ruang terbuka yang seru untuk berkumpul bersama keluarga. Salah satunya dengan memanfaatkan atap atau roof deck sebagai taman luar rumah yang segar.

Tak perlu berlama-lama, kami hadirkan ulasan menarik berjudul ''Inspirasi Rumah 2 Lantai dengan Fungsi Atap yang Gak Sia-Sia''.


Atap Datar untuk Bangunan 2 Lantai

instagram/nurrin_nurrinawati

Saat berniat membuat rooftop, pastikan rumah menggunakan kontruksi atap datar atau atap dek yang kuat. Atap datar terbilang sederhana dalam kontruksinya, namun memang membutuhkan lebih banyak biaya untuk pondasi yang kokoh. Namun jika taman atap terwujud, Anda akan mendapatkan ruang terbuka atau taman segar yang luas dan asik dijadikan tempat bersantai.


Taman Sederhana Bawah Tangga


Rumah dua lantai ini memiliki beberapa area semi terbuka lain, diantaranya taman depan di bawah tangga, taman balkon, dan taman atap. Area bawah tangga ini menjadi taman minimalis dengan karpet rumput yang dikelilingi tanaman pot. Uniknya, taman depan ini juga bisa diakses dari dalam berkat pemasangan pintu geser di sudut eksterior.


Taman Atap ala Rustik


Beginilah tampilan desain taman rooftop hunian ini. Taman memiliki karpet rumput untuk memberi suasana hijau menyegarkan. Pemilik juga menambahkan hammock dan kursi ayun untuk mendapatkan pengalaman bersantai yang menyenangkan. Tak perlu khawatir kepanasan berkat adanya kanopi dengan atap krai kayu yang memfilter terik matahari yang terlalu menyilaukan.


Taman Estetik dengan Fitur Cantik


Atap ini memiliki dimensi yang cukup luas. Selain, spot untuk duduk bersantai, terdapat pula spot khusus untuk menikmati udara segar dan melihat pemandangan bawah dari rooftop. Area ini masih ditata dengan karpet rumput dan permainan batu koral sebagai pembatas area. Rangka kanopi minimalis dipasang yang bisa digunakan untuk menggantung beberapa tanaman rumah.


Furnitur Sederhana Mudah Dibawa

instagram/nurrin_nurrinawati

Saat mendesain taman atap, pertimbangkan furnitur yang akan dibawa ke tempat paling tinggi tersebut. Jangan gunakan perabotan yang memang sulit untuk diangkut ke rooftop. Anda bisa pilih furnitur ramping dan mudah dipindahkan bila terjadi hujan deras, seperti kursi rotan atau kursi outdoor yang tahan perubahan cuaca. Furnitur ramping dan sederhana lebih cocok untuk taman rooftop.


Denah Lantai 1


Denah lantai satu pada rumah ini sebagai berikut. Lantai satu digunakan untuk area carport, taman depan, ruang tamu, kamar tidur 1, kamar tidur 2, ruang makan dan dapur, kamar mandi, dan area belakang rumah. Ukuran tiap ruang terbilang lapang, sehingga menghadirkan rasa fleksibelitas nyaman saat berpindah dari satu ruang ke ruang lain.


Denah Lantai 2

instagram/nurrin_nurrinawati

Lantai dua digunakan untuk balkon, ruang keluarga, toilet, dan kamar tidur ketiga. Rumah dua lantai ini memiliki tiga kamar tidur yang sekiranya cukup untuk keluarga catur dengan empat anggota keluarga di dalamnya.



Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah 2 Lantai dengan Fungsi Atap yang Gak Sia-Siax sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/nurrin_nurrinawati

Categories in English