6 Desain Model Teras Rumah Panjang Hadirkan Kesan Santai

 

Helloshabby.com -- Model teras rumah panjang memang memiliki keistimewaan tersendiri. Model teras rumah panjang pun membuat ruang gerak juga terasa lebih bebas. Aktifitas di teras rumah pun akan semakin menyenangkan. Banyak orang yang memanfaatkan teras rumah sebagai area untuk bersantai. Dengan desain model teras rumah panjang, tentunya Anda bebas mendekorasi teras rumah agar  nyaman dan tampil menarik. Bagi Anda yang hendak mendesain teras, kami hadirkan artikel 6 Desain Model Teras Rumah Panjang Hadirkan Kesan Santai. Semoga bermanfaat.

gambar ig @aprina_cahyani

Taman teras sangat mungkin dihadirkan pada model teras rumah panjang. Tak perlu repot menanam rumput, tempatkan saja karpet rumput di lantai teras. Karpet ini menambah nuansa hijau yang menyegarkan teras rumah. Agar bersantai makin nyaman, taruh satu pasang kursi dan table coffee di atas karpet hijau tersebut. Tanaman hias favorit bisa diletakkan di sisi-sisi teras agar suasana teras makin terasa hidup. Dengan penataan yang tepat, taman teras di atas tetap terlihat luas dan lapang. 

gambar ig @rumahnayyara
 
Menyenangkan rasanya, jika pulang disambut tanaman hijau serta tampilan teras yang ramah. Model teras rumah panjang yang satu ini memanfaatkan unsur alam dengan baik supaya rumah terasa homey. Tanaman hias hidup berbagai macam jenis ditata rapi agar menghasilkan kesan apik pada teras rumah. Untuk beberapa tanaman hias perdu diletakkan pada rak kayu empat tingkat,  sehingga  meskipun kecil tanaman tersebut tetap terlihat stand out. Terakhir, pot gerabah banyak dipilih sebagai media tanaman. Selain fungsinya, pot gerabah ini tampil menyatu dengan dinding bata ekspos pada teras di atas.

gambar ig @media_tanti

Cara lain mendesain model teras rumah panjang  adalah memilih jenis lantai yang tepat pada teras rumah Anda. Lantai teras di atas menggunakan material marmer dengan finishing glossy. Jenis lantai ini membuat tampilan teras terlihat lebih mewah. Agar teras terasa luang, Anda hanya perlu menempatkan tanaman di sudut-sudut teras. Sisanya bisa Anda tempatkan pada taman depan rumah. Lengkapi pula teras dengan satu set kursi dan meja kayu untuk menemani waktu bersantai di teras.

gambar ig @erawaty_era

Teras seringkali ditempatkan di depan pintu atau akses keluar masuk ke dalam rumah. Untuk itu, agar akses keluar dan masuk tidak terganggu model teras panjang seperti di atas bisa ditiru. Tempatkan satu pasang kursi dan meja kayu di salah satu sisi teras. Dengan begitu, akses keluar masuk rumah tidak terganggu dan teras tetap terlihat lega. Sebagai dekorasi, bisa Anda tambahkan tanaman hijau favorit pada model teras rumah panjang.
 

 
gambar ig @retnawati

Teras yang satu ini terlihat teduh dengan bantuan kanopi, tirai bambu dan tanaman di sekeliling teras. Pemasangan kanopi, selain menambahkan ruang juga melindungi dari terik dan air hujan di teras rumah. Tirai dari bahan bambu juga dapat menyingkap silaunya sinar matahari. Selain itu, tirai ini menambahkan unsur alam yang semakin menyejukkan teras.

 gambar ig @wellanovikaaditya
 
Rumah dengan warna biru yang cerah tak lengkap bila tidak dipercantik dengan tampilan teras. Teras yang satu ini tampil cantik dengan lantai pecahan keramik yang disusun secara mozaik. Lantai ini menambahkan kontras bentuk dan warna di teras rumah panjang. 
Teras yang satu ini menghadirkan kesan santai dengan adanya satu pasang kursi rotan yang dikelilingi hijaunya tanaman. Area dinding teras pun dapat dimanfaatkan dengan memasang tanaman juntai/ tanaman rambat, sehingga dinding tidak terlihat kosong.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber

Categories in English