6 Inspirasi Desain Taman Minimalis Belakang Rumah (Manfaatkan Sisa Lahan)


Helloshabby.com -- Yuk, manfaatkan sisa lahan belakang untuk membuat taman minimalis impian kita. Taman belakang ini nantinya akan berfungsi untuk menyalurkan udara segar ke dalam rumah. Ruangan di dalam rumah pun akan terasa lebih segar dan tidak gersang. Di taman minimalis nantinya kita juga bisa melakukan hobi kesayangan, seperti berkebun merawat tanaman hias. Kita pun bisa lebih bersantai menikmati udara segar pada taman minimalis belakang rumah ini. Tertarik untuk membangun taman minimalis di rumah? Kami hadirkan ulasan tentang '6 Inspirasi Desain Taman Minimalis Belakang Rumah (Manfaatkan Sisa Lahan)'. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan pada pasangan dan keluarga tersayang!


gambar ig @sanovisetyowati

Berikan nuansa alam maksimal di taman minimalis belakang rumah dengan hamparan rumput hias alami. Anda bisa menambahkan tanaman di sudut-sudut taman, supaya taman minimalis ini semakin terasa segar. Tanaman perdu seperti sekulen ada baiknya diletakkan di rak tanaman dengan model built in pada tembok pembatas rumah. Sekulen Anda pun akan tetap tampil stand out di taman cantik yang satu ini. Lengkapi taman belakang rumah dengan kursi taman ayun yang nyaman. Sebagai saran, ada baiknya meletakkan kursi taman ini di area yang tidak terkena sinar matahari, sehingga Anda tak kepanasan ketika berada di taman belakang rumah.


gambar ig @homebyjlo

Taman minimalis apik tak harus didesain dengan penuh tanaman. Contoh saja taman belakang rumah yang di atas. Desain taman minimalis belakang rumah ini terlihat simpel namun sangat menyatu dengan alam.  Anda hanya perlu mendesain bangku dan meja taman yang menarik di tengah lahan terbuka. Di atas rumput, Anda dapat membuat alas dari cor beton dengan finishing halus. Alas  ini akan membuat pijakan terasa lebih nyaman, terutama ketika hujan tiba, Anda tak perlu menginjak tanah berumput yang terasa becek. Terakhir, tambahkan lampu hias dengan nyala temaram agar ketika malam tiba suasana di taman belakang terasa hangat dan romantis.

 

gambar ig @fauzanteti

Rumah di tengah kota bukan menjadi soal untuk mewujudkan taman minimalis. Anda bisa mengadopsi  konsep urban jungle di taman belakang rumah. Caranya cukup mudah, tempatkan saja tanaman favorit Anda di taman minimalis ini. Anda bisa memilih tanaman berdaun lebat; seperti tanaman keladi, palm hingga Monstera. Sedangkan, untuk tanaman berdaun juntai seperti spider plant diletakkan pada pot gantung. Berbagai tanaman tersebut akan membuat taman terasa semarak layaknya hutan di tengah kota, namun tetap menyajikan kesegaran maksimal.


gambar ig @cheche_kitchen

Taman belakang rumah di atas mengusung dua penataan yang membuat taman ini terlihat cozy dan sejuk. Area ruang hijau difungsikan sebagai resapan air sekaligus media untuk menanam tanaman buah dan tanaman hias. Sedangkan, pada ruang bersantai elevasi lantai dinaikkan untuk memberikan tampilan dinamis nan elegan di taman minimalis ini. Di area bersantai ini, Anda bisa memilih kursi taman U lengkung dilengkapi hiasan rustik, sepert karpet dan makrame. Bersantai pun akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan, sambil melihat hijaunya ruang hijau.

Area bersantai dengan area ruang hijau dipisahkan oleh pembatas berbentuk L yang dipenuhi batuan koral. Bukan hanya sebagai pembatas, batuan koral ini dapat dimanfaatkan untuk relaksasi pijakan kaki. 

 

Gambar ig @anethparintosa

Tak usah berkecil hati bila Anda memiliki sisa lahan yang minim, manfaatkan saja sebagai taman minimalis. Alas taman dilengkapi dengan 3 varian material, yaitu batu kali, rumput dan dilapisi dengan keramik bermotif Mediteranian. Ketiganya menghasilkan tampilan taman minimalis yang natural dan cantik. Apalagi taman ini dilengkapi dengan tanaman rambat yang menutupi tembok pembatas, sehingga  kesan menyatu dengan alam akan selalu terasa. 

 

gambar ig @yerry_ane

Cara lain untuk mendesain taman belakang rumah ialah dengan membuat taman yang dilengkapi air mancur dan kolam ikan hias.  Suara gemericik air dan ikan yang berenang ke sana kemari, akan menjadi perpaduan yang menenangkan pikiran Anda. Jangan lupa, tambahkan lampu hias di area taman dan kolam, supaya pemandangan di malam hari terasa lebih indah dan syahdu.


 

Semoga artikel 6 Inspirasi Desain Taman Minimalis Belakang Ruang (Manfaatkan Sisa Lahan) bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis      : Yeni
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber

Categories in English