Ide Penataan Ruang Cuci Jemur Di Atap Rumah

Helloshabby.com -- Rumah terbaik adalah rumah yang mempertimbangkan setiap ruang hingga sudut rumah dengan penataan yang pas, tanpa menyampingkan fungsinya. Jadikan rumah Anda sebagai 'rumah terbaik' dengan mendesain setiap ruang dengan maksimal. Satu hal yang sering terlewatkan adalah mendesain ruang cuci jemur di rumah Anda. Meskipun tampak sepele, area cuci jemur yang apa adanya bisa mengurangi semangat mencuci baju, bersih-bersih pun makin jadi malas bukan?

Atap rumah menjadi tempat ideal untuk mencuci dan menjemur pakaian. Atap dengan ekspos cahaya dan kelembapan yang pas membuat baju lebih cepat kering.  Bagi Anda yang memiliki bagian atap rumah yang menyisakan ruang bisa dikonsep sebagai ruang cuci jemur. 

Jangan bingung, kami telah menyiapkan artikel dengan judul  Ide Penataan Ruang Cuci Jemur Di Atap Rumah. Dijamin membuat agenda cuci jemur makin terasa menyenangkan.


gambar ig @rumah_pimawola

Ide Ruang Cuci Jemur ala Industrial Style

Konsep industrial yang menampakkan dinding semen ala unfinished style bisa menjadi salah satu ide cemerlang untuk menata ruang cuci jemur di atap rumah. Pada ruang cuci jemur di atas didesain semi terbuka. Area mesin cuci dan 'perlistrikan' diletakkan di bagian dalam rumah. Ini agar aliran listrik menjadi lebih aman. Pada area luar dapat dimanfaatkan untuk tempat menjemur pakaian. Anda juga bisa menaruh tanaman agar memberikan sentuhan alami pada ruang cuci jemur ala industrial style ini.


gambar ig @bunya_akabi

Praktis dengan Rak Jemur Portable

Pemasangan tali jemuran memiliki kekurangan tersendiri. Tali jemuran yang terbuat dari tambang seringkali mudah ambruk. Ini tentunya akan merepotkan Anda yang menempatkan area cuci jemur berada di atap rumah. Untuk itu, Anda bisa menggunakan rak jemur portable untuk menjemur pakaian Anda. Jika hujan tiba, Anda tinggal memindahkan pakaian yang menggantung di rak tanpa repot mengambil pakaian satu per satu.  


gambar ig @arissacorazonzainal

 Atap Fiber Glass untuk Menjemur

Jika atap didesain tertutup, Anda bisa mendesain atap semi transparan dengan atap fiber glass bergelombang. Atap jenis ini mampu menyerap dan memancarkan cahaya ke dalam rumah. Sehingga, atap ini cocok dimanfaatkan untuk area cuci jemur. Pakaian akan tetap kering dengan sinar matahari yang masuk dari atap semi transparan. Anda pun tak perlu khawatir, pakaian yang dijemur akan kehujanan.


gambar ig @noushaputriy
 
Mesin Cuci di bawah Tangki
 
Anda bisa membuat tempat mesin cuci berada di bawah tandon air. Ruang ini akan membuat mesin cuci dan saluran listrik lebih aman dari tempayan air hujan. Di sisi-sisi area cuci jemur, Anda bisa menaruh tanaman hias favorit. Tanaman ini akan membuat ruang cuci jemur terasa lebih segar.

 

gambar ig via @ruangcucimungil
 
Rak Dinding untuk Menyimpan Sabun Cuci Baju
 
Daripada Anda menggunakan kresek hitam untuk menyimpan sisa sabun detergent yang belum habis, akan lebih baik membuat rak dinding di area cuci jemur. Rak ini berfungsi untuk menyimpan detergent, sikat dan pewangi. Rak dinding juga akan memudahkan Anda dalam mencari peralatan mencuci baju. Tertarik dengan ide penataan ruang cuci jemur di atap rumah yang satu ini?


gambar ig @evieninon
 
Jemuran Pakaian dengan Taman Hijau Sintetis

Desain area jemur di atap rumah dengan tampilan yang lebih segar. Anda bisa meletakkan karpet rumput sintetis di bawah jemuran pakaian. Kami sarankan hanya pakaian semi kering yang dijemur di area ini. 
Jemuran pakaian portabel yang dapat ditarik dan dilipat secara horizontal terasa lebih praktis untuk hunian sempit. Pilih jemuran pakaian dari bahan stainless steel yang aman ditempatkan di area lembab atau pun kering.

 

Semoga artikel Ide Penataan Ruang Cuci Jemur Di Atap Rumah bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber

Categories in English