Inspirasi Taman Minimalis Sederhana (Unik & Cantik) untuk Rumah Anda

 

Helloshabby.com -- Taman sengaja dibuat untuk memberikan kesejukan dan kesegaran, baik di dalam atau di luar rumah. Rumah tanpa adanya taman akan terasa lebih gersang dan pengap. Taman juga bisa menjadi sarana untuk refreshing dan menjernihkan pikiran. Untuk itu, taman semungil apapun perlu dihadirkan dalam konsep sebuah rumah. Dengan lahan minim, taman minimalis sederhana masih bisa diwujudkan. Anda tinggal memilih jenis dan bentuk taman minimalis yang sesuai dengan konsep rumah  Anda. Adanya taman minimalis tentunya akan semakin mempercantik tampilan rumah. Kali ini kami hadirkan Inspirasi Taman Minimalis Sederhana (Unik & Cantik) untuk Rumah Anda. Semoga menginspirasi!

 

gambar ig @amy_fitria

Taman minimalis sederhana ini diletakkan di area void. Area void sebagai ruang kosong di antara lantai atas dan bawah cukup sesuai bila dijadikan taman indoor. Ini karena, sirkulasi udara di void area lebih sejuk dan tidak panas. Anda bisa meletakkan tanaman yang tahan diletakkan di ruang semi terbuka. Selain itu, tanaman hias dalam media pot gantung bisa dipajang pada sekelilng void area ini. Pilih tanaman seperti sirih gading untuk menyemarakkan suasana taman minimalis ini. Taman tak lengkap tanpa adanya kursi taman, pilih kursi gantung unik nan cantik ini  menemani agenda bersantai Anda. 


gambar ig @maggy_azalia

Taman dengan unsur alam akan menghadirkan nuansa alami yang segar. Pemilihan dekorasi taman juga harus disesuaikan dengan kesan alam yang dominan.  Anda bisa memilih alas pijakan dengan motif kayu yang memiliki bentuk vertikal-horizontal unik. Di sisi pijakan keramik, diletakkan batu kali yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana refleksi injak batu. Agar nuansa alam semakin lengkap, pilih pot gerabah dengan warna coklat yang tampak serasi dengan tanaman hijau. Jangan lupakan, kursi goyang yang terbuat dari rotan untuk media bersandar Anda. 


gambar ig @murnisartikadewi91

Bila kita mengunjungi balai kota atau alun-alun kota, kita senantiasa terpana akan desain taman kota yang khas dan unik, bukan? Anda pun bisa menghadirkannya di rumah minimalis Anda. Dengan lahan berukuran 1 x 2 Meter, Anda bisa mendesain taman ala balai kota. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu menanam rumput dan tanaman perdu yang dibentuk dan dipangkas cantik layaknya pada taman di atas. Pada sekeliling center plant--berbentuk bulat--diletakkan batuan koral putih untuk memberikan aksen pembeda yang unik & cantik. 

 

gambar ig@homeqiu

Taman dengan batuan tebin relief menjadi konsep taman yang tak lekang oleh waktu. Konsep taman tebing cenderung cocok dengan model rumah apa saja. Pada desain taman minimalis, Anda bisa mendesain dinding tebing relief buatan yang berfungsi sebagai elemen taman dan  pembatas rumah. Sedangkan, untuk nuansa hijau pada taman bisa ditambahkan rumput hijau dan tanaman hidup untuk membuat taman terasa sejuk dan indah dipandang mata. 


gambar ig @anis_zara15

Taman minimalis ini selain mempercantik rumah juga berfungsi sebagai daerah resapan air. Anda mendesain taman minimalis yang menyatu dengan jalan setapak ke arah akses keluar masuk rumah. Jalan setapak didesain dengan kombinasi batuan andesit dan batu koral. Jenis tanaman berdaun lebat seperti Calatea Luthea dan Palm diletakkan di sisi jalan setapak yang membuat taman minimalis ini semakin asri. Perpaduan jalan setapak dan tanaman di atas menghadirkan vibes vila ala Bali yang natural dan segar, serasa liburan.

 

gambar ig @hauzz_of_dyla

Taman minimalis menjadi ruang yang mempercantik tampilan rumah Anda. Bila Anda memiliki lahan yang terbatas, menghadirkan taman indoor tak jadi masalah. Pilih alas taman dengan karpet rumput untuk menghadirkan kesan natural di dalam rumah. Pada area dinding, percantik dengan batu alam subway bevel yang memberikan kesan dinamis dan menyatu dengan alam. Tempatkan tanaman rambat atau tanaman sintetis untuk mempercantik dinding taman. Tambahkan satu kursi putih dan dekorasi dengan sentuhan klasik, untuk membuat taman minimalis tampak indah dan instagramable. 


Semoga artikel Inspirasi Taman Minimalis Sederhana (Unik & Cantik) untuk Rumah Anda bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber

Categories in English