6 Desain Taman Untuk Halaman Samping yang Sempit

 

Helloshabby.com -- Apakah anda memiliki space lahan di samping rumah? Jika iya, anda bisa menyulapnya menjadi taman minimalis yang menyejukkan. Kendala lahan sempit, bukan menjadi soal untuk menghadirkan taman hijau yang segar di rumah anda. Taman pada suatu hunian selain mempercantik penampilan hunian namun bisa juga anda manfaatkan sebagai area healing space, untuk tempat bersantai ketika anda menikmati waktu luang. Kerena letakknya yang berada disamping rumah, juga cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga tercinta anda.

Terdapar berbagai desain dan beragam tanaman yang bisa anda letakkan pada taman minimalis. Bagi anda yang masih kebingungan dengan desai taman minimalis untuk halaman samping, kali ini Helloshabby.com akan memberikan beberapa inspirasi desain taman untuk halaman samping yang sempit. Daripada anda penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya dibawah ini.


Desain taman minimalis dibawah tangga

 Garden by : @adindatiar4

Anda memiliki space ruang kosong pada area samping rumah? Anda bisa membuat taman yang menawan dengan memanfaatkan space yang tersedia. Seperti pada gambar yang memanfaatkan area bawah tangga yang biasanya menjadi tempat membosankan, kini terasa sangat menyenangkan dengan beberapa tanaman hijau yang menyejukkan.
Tambahkan coffee table untuk menempatkan kopi dan kudapan untuk melengkapi suasana bersantai anda. Anda bisa memanfaatkan vertikal garden untuk membuat tampilan semakin lebih cantik.
 
 
 

Desain taman minimalis di halaman samping dengan vertikal garden


Garden by : @ahk.myhome
 
Desain taman samping rumah berikutnya mengusung konsep vertikal garden. Apabila anda memiliki space lahan yang terbatas, vertikal garden merupakan salah satu solusi yang bisa anda terapkan. Aksen kayu sebagai alas memberikan kesan yang estetik dengan desain garis yang memanjang memberikan kesan yang lapang pada hunian. Untuk jenis tanaman, gunakan tanaman anggrek yang akan memiliki penampilan yang menawan.
Untuk tempat bersantai sekaligus berkumpul bersama keluarga tempatkan karpet bulu lengkap dengan cushion untuk menambah kenyamanan.
 
 
 

Desain taman minimalis di halaman samping sederhana

 
Garden by : @f3home_
 
Menikmati waktu bersantai di sore hari setelah lelah berada diluar rumah, pasti akan sangat menyenangkan dengan memandang taman minimalis yang menyejukkan. Pada bagian dinding taman menggunakan kombinasi material batu alam berwarna gelap yang memberikan kesan elegan pada hunian.
Nah untuk tempat bersantai, cukup dengan menambahkan karpet seagrass dengan coffee table untuk membuat area tersebut menjadi tempat spot favorit untuk berkumpul bersama keluarga. Gunakan penyekat ruangan dengan material kaca transparan untuk membuat hunian terasa lebih lapang.
 
 
  

Desain taman di halaman samping dengan kolam minimalis  


 
Garden by : @pooh_ungu
  
Desain taman selanjutnya memiliki letak yang berada disamping rumah yang berdampingan dengan dapur. Suasana memasak dan juga makan bersama keluarga anda akan terasa menyenangkan dengan pemandangan hijau dari taman minimalis. Suara gemericik air yang berasal dari kolam ikan juga mampu mmebuat pikiran menjadi lebih jernih.
Taman minimalis diatas didesain memanjang mengikuti bentuk ruang yang tersedia. Suasana rumah tentunya akan terasa lebih menyegarkan dengan area taman. Kehadiran taman disamping rumah memiliki manfaat yaitu untuk membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.
 

Desain taman di halaman samping dengan atap transparan

_
 
Garden by : @ratnatjahyo
 
Taman yang terletak disamping rumah berkutnya memiliki desain yang unik dengan penempatkan batang pohon sebagai focal point yang  menyejukkan. Pohon tanpa daun ini bisa anda tempatkan berada ditengah sebagai pusat dan juga sekaligus untuk elemen meletakkan pot gantung yang akan mempercantik hunian dan membuat suasana lebih asri.
Untuk bagian atap menggunakan atap transparan dengan material polycarbonate yang dikombinasikan dengan kerangka besi berwarna hitam elegan. Penggunaan atap transparan membuat sinar matahari bisa masuk pada siang hari. Penggunaan batu bata ekspose pada dinding juga membuat tampilan taman minimalis anda semakin menawan dan natural
 
 

Desain taman di halaman samping dengan atap skylight

 
Garden by : @rumahcikall

Desain taman samping rumah yang terakhir tampil menawan dengan dominasi warna putih yang memberikan kesan yang lapang pada hunian. Taman minimalis ini memiliki desain yang sederhana dengan penempatan rumput hijau sintetis sebagai focal point yang membuat suasana terasa lebih sejuk. Tambahkan batuan koral sebagai elemen dekorasi sekaligus memberikan kesan natural pada hunian. Pada bagian atap mengaplikasikan atap skylight yang dipadukan dengan jendela untuk membuat sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang baik pada siang hari. Tambahkan karpet dengan kursi lipat untuk tempat bersantai bersama keluarga tercinta.

Itulah beberapa ide inspiratif desain taman untuk halaman samping yang sempit yang bisa anda tiru dirumah. Dari beberapa desain diatas, manakah desao favorit anda? Semoga artikel diatas bisa bermanfaat sekaligus menjadi referensi bagi anda yang akan membuat atau merenovasi taman rumah.

 Penulis     : Hafsah
Editor        : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber



Categories in English