6 Desain Dapur Minimalis untuk Lahan Kecil, Sederhana


Helloshabby.com -- Dapur ibarat jantungnya sebuah rumah. Di dapur Bunda menyiapkan sajian sebagai kebutuhan energi untuk seluruh penghuni rumah. Aktivitas pun akan jadi semakin lancar dengan perut yang terisi. Sebegitu pentingnya peran dapur dalam sebuah hunian keluarga. Maka, tak salah bila desain dapur dipikirkan secara matang untuk menghadirkan rasa nyaman ketika memasak. Ketika Bunda merasa nyaman dan bahagia saat memasak, pastinya rasa masakan akan terasa lebih istimewa, bukan? Nah, untuk Bunda yang memiliki lahan dapur yang kecil, tak usah berkecil hati. Kali ini, kami hadirkan ulasan 6 Desain Dapur Minimalis untuk Lahan Kecil, Sederhana. Meski berukuran kecil dan minimalis, beberapa desain dapur tetap terasa nyaman dan cozy. Simak ulasannya di bawah ini: 

Desain Dapur Cor Minimalis Ukuran 1 x 3 M

cr:instagram/arumfitriandari

Dapur cor masih menjadi primadona bagi desain dapur di Indonesia. Dapur cor memang terbilang kokoh, sebab tahan terhadap tekanan panas dan kelembapan air, sehingga cukup awet dalam jangka waktu yang panjang. Dapur cor pun bisa dibuat menyesuaikan lahan di dapur. Misalnya, dapur di atas. Dapur cor dibuat dalam lahan berukuran 1 x 3 M, menempati dengan pas lahan kecil yang disediakan untuk dapur. Di bagian kolong dapur digantungkan tirai satin untuk membuat dapur terlihat lebih rapi dan tampak elegan. 


Desain Dapur Kecil Multifungsi 2.5 x 3 M

cr:instagram/m_indriani

Disebut dapur multifungsi dikarenakan ada tiga ruang berbeda dalam satu ruangan dapur. Ada space khusus untuk memasak, ruang makan sampai taman indoor minimalis. Penataanya pun cukup apik. Dapur cor berukuran 1.5 x 1.5 M di tempatkan di sudut ruangan, begitupun dengan meja makan dan  taman. Tata letak yang baik membuat dapur kecil ini terasa lebih luas dan lega. Tema ruangan dipilih dengan nuansa hijau untuk memberikan kesegaran pandang di kala memasak. 


Desain Dapur Sederhana 2.5 x 3.5 M

cr:instagram/rumah.abcd

Meski terlihat sederhana, tapi desain dapur ini mampu memberikan rasa nyaman ketika memasak. Model dapur cor berbentuk letter L membuat dapur tetap terasa lebih lapang. Bagian kolong dapur ditutup rapat dengan membuat kabinet dengan penutup transparan hitam. Di kabinet ini Anda dapat meletakkan berbagai peralatan dapur, sehingga dapur akan selalu terlihat rapi. 

Dapur Minimalis 'Gang Senggol' 

cr:instagram/titaellynoorhome

Pemilik dapur menamakan dapur ini sebagai dapur gang senggol. Alasannya, karena dapur ini memiliki bentuk lorong mirip gang yang sering ditemui di kota-kota. Dapur lorong ini didekor apik oleh pemiliknya. Pemilihan kitchen set dengan warna putih dipadukan dengan warna semu merah jambu, membuat dapur lorong ini terlihat manis. Penyimpanan perabot dapur dapat disimpan pada kabinet atas dan bawah, selain terlihat rapi, Anda pun bisa mengambil perabotan dengan cepat dan mudah.


Dapur Minimalis ala Skandinavian

cr:instagram/wanderaff

Desain dapur ala Skandinavian sangat khas dengan unsur warna putih dan kecoklatan. Kombinasi warna tersebut membuat tampilan dapur terlihat lebih hangat dan nyaman. Anda bisa menambahkan pola, seperti lantai keramik berpola untuk tampilan dapur yang lebih semarak. Tambahan dekorasi tanaman juga akan membuat suasana di dapur terasa lebih segar. Anda juga bisa menambahkan rak piring kayu untuk meletakkan bahan masakan di dapur mungil ini. Rak kayu ini semakin melengkapi tampilan dapur ala Skandinavia ini. 


Desain Dapur Mungil 1.5 x 2 M

cr:instagram/yoppi7725

Dapur yang satu ini dibuat dengan konsep open plan (menyatu dengan ruangan lainnya). Namun sebagai pembeda, elevasi lantai dinaikkan sekitar 5 cm untuk memisahkan area dapur dengan ruangan lainnya. Desain dapur dibuat dengan model letter L dan membelakangi area laundry dan kamar mandi. Penataan ini lebih efektif dalam memberikan privasi dan kenyamanan saat memasak atau sedang makan bersama.  


Ada banyak inspirasi dapur minimalis di lahan kecil yang sederhana dan nyaman. Dari gambar di atas, Anda bisa memilih inspirasi dapur favorit Anda lalu adaptasikan pada desain dapur di rumah Anda. Selamat mencoba :)


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Desain Dapur Minimalis untuk Lahan Kecil, Sederhana sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English