7 Inspirasi Menata Ruang Terlihat Luas dengan Minim Bugdet

Helloshabby.com -  Banyak cara yang dapat anda lakukan ketika ingin menyiasatai rumah mungil anda agar terlihat luas dimulai dari penataan interior, furniture yang digunakan hingga cat interior yang dipilih. Karena mendekorasi ruang yang sempit agar terlihat lebih luas ternyata agak sedikit tricky.

Mendesain interior ruangan menjadi terlihat luas tentunya akan memmbuat anda nyaman ketika berada di dalamnya juga ketika ada sahabat atau kerabat atau sahabat yang datang berkunjung anda juga merasa lebih percaya diri menyambut mereka. Kali ini Helloshabby.com akan memberikan sedikit ulasan tentang " 7 Inspirasi menata ruang terlihat luas dengan minim bugdet ". Yuk simak sampai habis !


1. Tentukan Jenis Karpet yang Bisa Membuat Ruangan Terlihat Luas

photo by @asrija_sri

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menciptakan kesan luas pada suatu ruangan adalah dengan mennetukan model karpet yang akan di gunakan. Pilih karpet dengan aksen sederhana dan warna yang cenderung lembut seperti cream, putih atau coklat muda selain motif bunga yang cantik salah satau motif karpet yang dapat membuat kesan luas adalah karpet dengan aksen bergaris memanjang. Anda dapat meletakkannya di bawah furniture seperti meja  atau menggelarnya seperti biasa.

2. Gunakan Furniture Multifungsi

photo by @ayu_tonmewwen
 
Memiliki furniture yang banyak dalam sebuah ruangan memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, maka dari itu anda harus mempertimbangkannya dengan matang. Pilih furniture multifungsi seperti meja credenza dengan desain minimalis modern yang terdapat storage berupa dua drawer yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan buku atau barang yang biasa anda gunakan, selain bisa tampil cantik dan stylish anda pun juga dapat menghemat space yang ada.

3. Ciptakan Ilusi Ruangan Luas dengan Cermin Besar

photo by @desainrumahidamanku
 
cara yang satu ini juga sangat efektif lho, selain low bugdet keberadaan cermin pada sebuah ruangan Jika anda sering berkunjung pada sebuah rumah makan pasti anda akan menjumpai keberadaan banyak cermin di setiap sudut rumah makan tersebut hal ini lah yang mampu membuat rumah makan itu terlihat lebuih lapang, anda juga dapat menerapkannya di rumah pasang cermin besar pada dinding ruangan rumah adna seperti inspirasi di atas.

4. Memaksimalkan Area Dinding

photo by @my.fav.home

Ingin memasang dekorasi cantik untuk ruangan anda. namun takut makin membuat ruangan terlihat sumpek ? tak perlu khawatir anda bisa menyiatainya dengan memanfaatkan area dinding, pasang rak ambalan atau walldecor cantik seperti frame - frame lucu selian itu anda bisa memilih jenis TV dengan model pemasangan yang di gantung pada dinding agar anda tak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli meja TV lagi.

5. Interior Ruangan yang Cerah Bikin Terlihat Lebih Luas

photo by @nova_krisna
 
Siapa bilang warna yang mentereng kian membuat ruangan anda tambah sempit ? asal dengan penerapan color tone yang tepat warna - warna cerah bisa membuat interior ruangan anda terkesan bright dan lebih lapang. Warna cerah yang bisa anda padukan adalah kuning dengan hijau terang tonjolkanmemlalui penggunaan walldecor atau karpet dan keberadaan tanman, untuk cat dinding tetap gunakan warna putih atau cream ya agar tidak terkesan gelap jangan lupa gunakan Storage minimalis untuk menyimpan buku atau vas kecil untuk menunjang layout ruangan yang lebih menawan.

6. Gunakan Partisi Untuk Memisahkan Satu Ruang dengan Ruang Lainnya

@photo by rumahshabbysidoarjo
 
Kesalahan yang kerap dilakukan ketika membangun sebuah hunian dengan ukuran yang kecil adalah dengan tetap membuat dinding tembok sebagi pemisah ruangannya karena jsutru hak tersebut semakin membuat rumaha nda terasa sangat sempit, padahal ada cara yang lebih praktis dan juga low bugdet untuk menggantikan dinding tembok, yaitu dengan memakai partisi ruangan yang dapat dibongkar kapan saja ketika anda ingin. Pembatas ruangan pun kini telah hadir denagn berbagai desain yang beragam dan salah satunya pembatas ruangan juga memiliki storage yang dapat anda fungsikan untuk banyak hal seperti menyimpan barang kesayangan atau dekorasi misalnya.

7. Memasang Gorden Panjang dengan Pintu Kaca

photo by @titaellynoorhome
 
Trik simpel dan minim bugdet selanjutnya adalah dengan cara memilih gorden dengan warna putih memanjang. Anda bisa menggunakan jenis gorden vitrase ini. warna putih memang dikenal sangat ampuh untuk menciptakan kesan luas untuk suatau ruangan, selain cat dinding anda pun dapat menerapkannya untuk pemilihan gorden. Anda pun bisa menggunakan pintu kaca agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam rumah sehingga ruangan pun akan terlihat lebih terang dan cerah.



Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

Penulis    : Eiri
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Categories in English