6 Tips Membuat Pencahayaan Taman yang Cantik dan Keren


Helloshabby.com  -- Rasanya tak lengkap bila desain sebuah taman tidak dilengkapi dengan pencahayaan yang memadai. Ada baiknya di kala siang hari taman terlihat cerah, sehingga menghadirkan nuansa yang segar pada siapa pun yang melihatnya. Sedangkan, di malam hari taman tentu harus tetap terlihat terang, supaya memberi keamanan dan mempercantik tampilan taman di malam hari. Pencahayaan yang memadai di malam hari juga akan memberikan nuasana yang menyenangkan saat anggota keluarga berkumpul di taman rumah, menghabiskan malam minggu bersama. 

Nah, untuk Anda yang sedang mencari inspirasi pencahayaan taman yang cantik dan menarik. Berikut kami hadirkan ulasan 6 Tips Membuat Pencahayaan Taman yang Cantik dan Keren


1. Membuat Rencana dan Lokasi Pencahayaan

cr:instagram/gagan_gantini

Saat hendak memasang pencahayaan malam di taman, Anda perlu merencanakan di mana hendak memasang lampu-lampu taman tersebut. Apakah di satu titik saja atau kah dengan model string lights, di sepanjang halaman taman, seperti pada gambar di atas. Cobalah membuat  sketsa taman dan pilih lokasi yang tepat untuk memasang pencahayaan. Jika ingin memberi kemudahan saat berjalan di jalan setapak, model lampu sorot LED yang ditanam di sepanjang jalan setapak bisa dipasang. Tapi jika ingin menambah nuansa temaram nan hangat, Anda juga bisa memasang lampu string light, seperti di atas. 


2. Pilih Pencahayaan Sesuai dengan Konsep Taman

cr:instagram/nanadtnadya

Saat hendak membeli lampu taman, Anda juga harus menyesuaikan dengan konsep taman yang diusung. Jika Anda menyukai taman dengan sentuhan klasik, memilih lampu taman dengan model Victoria bisa jadi pilihan. Tapi untuk Anda yang memiliki desain taman minimalis modern, Anda bisa memilih lampu dengan tiang yang tidak terlalu terang dan memacarkan cahaya kuning temaram. Anda bisa meletakkan lampu taman dekat dengan tanaman dalam media pot gerabah yang akan membuat tanaman hias Anda jadi terlihat lebih ekslusif. 

3. Menentukan Efek Pencahayaan

cr:instagram/wasitafamilly

Ada beragam efek pencahayaan yang dihasilkan dari lampu taman. Ada lampu taman dengan efek uplight (lampu yang disorot ke atas )yang bagus untuk menerangi objek seperti patung, pohon atau tekstur dinding taman untuk memberi kesan yang lebih dramatis. 

Pada desain taman minimalis di atas menggunakan model lampu dengan efek sorot. Lampu LED warna kuning ini menyoroti kolam air mancur mini sehingga menciptakan kesan taman yang cukup syahdu. Lampu sorot ini terbuat dari stainless steel yang cukup awet dan hemat listrik.


4. Pilih Ukuran Lampu yang pas dengan Taman

cr:instagram/desifatmawati31

Selain desain dan nyala lampu, Anda harus memperhatikan kesesuaian ukuran lampu dengan dimensi taman. Untuk pencahayaan taman, Anda bisa memilih pencahayaan yang tidak terlalu kuat. Lampu dengan cahaya yang terlalu kuat dapat membuat tampilan landscape menjadi kurang estetik.

Anda bisa memilih jenis lampu dengan nyala temaram yang tidak terlalu besar di taman dengan konsep seperti di atas. Sebagian area taman memang mendapat cahaya dari lampu pijar biasa, sedang sebagian lainnya terlihat begitu romantis dengan lampu taman dengan nyala temaram. 

5. Pastikan Aman 

cr:instagram/legistanova

Dalam membuat pencahayaan taman pastikan semua potensi bahaya sudah diminimalisir, misalnya seperti sambungan listrik dan sebagainya. Lampu tersembunyi dipandang lebih baik untuk meminimalisir risiko keamanan, terutama pada pemasangan lampu taman outdoor. 

6. Tips untuk Pencahyaan Taman Indoor

cr:instagram/mrs_halimhouse

Disadari kini terbatasnya lahan hunian membuat banyak pemilik rumah mendesain taman dalam rumah atau indoor garden. Dalam mendesain taman di dalam rumah, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan di taman. Supaya, taman di dalam rumah berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak tambah membuat sumpek.

Anda bisa membuat pencahayaan taman indoor dengan memasang atap kanopi transparan di atas taman, supaya taman tetap terang pada siang hari. Dengan begitu, taman dalam rumah akan selalu terlihat cerah dan segar.
 

Itu dia beberapa tips untuk membuat pencahayaan di taman. Terimakasih telah menyimak artikel 6 Tips Membuat Pencahayaan Taman yang Cantik dan Keren sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English