Inspirasi Beton Ekspos untuk Tembok Rumah. Kesan Homey dan Naturalnya Dapet Banget!


Helloshabby.com -- Pilihan finishing bangunan dengan dinding bata ekspos kini semakin digemari. Beton ekpos bisa memberikan kesan hunian yang terlihat modern dan homey, meski tidak mengalami finishing cat dekoratif atau disebut unfinished style. Pada umumnya, dinding unfinished style beton ekspos banyak diaplikasikan pada rumah dengan gaya industrial. Beton ekspos memberikan hasil akhir yang memiliki aksen dan tekstur yang unik dan menarik. 

Istilah beton ekspos sendiri dapat diartikan sebagai jenis beton yang juga dijadikan elemen dekorasi. Variannya material beton kasar dekoratif cukup banyak tersedia di pasaran. Namun, kita juga bisa membuat hunian kita tampak menggunakan beton ekspos dengan material semen dinding biasa yang dibentuk layaknya lempengan beton pra-cetak. Sebagai inspirasi Anda, silahkan tengok ulasan Inspirasi Beton Ekspos untuk Tembok Rumah. Kesan Homey dan Naturalnya Dapet Banget! di bawah ini: 



Tembok Beton Ekpos sebagai Highlight Bentuk Bangunan

cr: fb/desainrumahpedia

Bentuk bangunan yang unik dan menarik akan sangat disayangkan bila melalui tahapan finishing yang tidak tepat. Untuk rumah dengan konsep industrial modern dengan bentuk yang khas, kita bisa mengaplikasikan finishing beton ekpos pada tembok eksterior rumah. Warna abu-abu alami pada beton ekspos akan meng-highlight atau menonjolkan bentuk bangunan rumah yang sudah terlihat megah dan msenarik. Kombinasikan dengan warna coklat alami untuk memberikan rumah yang terlihat eksotis. 


Tembok Beton Ekspos untuk Rumah Industrial

cr: fb/desainrumahpedia

Rumah industrial biasanya identik dengan penggunaan unfinished style, salah satunya tembok beton ekpos. Pada rumah di atas, tembok beton ekspos menggunakan dua gaya yang berbeda. Di lantai atas, dinding eksterior menggunakan teknik plasteran biasa, di mana permukaan dinding setengah kasar, tetapi tetap rata. Di lantai bawah, tembok bata ekpos dibuat dengan teknik tali air, di mana pada bidan semen ekspos diberikan tali aiar untuk memberikan aksen sehingga tampak seolah dinding yang terbuat dari lempengan beton pra cetak. Kombinasi tembok beton ekspos dengan dua teknik dikombinasikan dengan baja hitam dan dekorasi lainnya, membuat rumah ini tampak lebih berkarakter. 


Tembok Beton Ekspos untuk Kesan Rumah yang Homey

cr:instagram/ranahtimurachitect

Tembok beton ekspos tidak hanya terlihat bagus pada rumah dua lantai. Bahkan, dengan rumah berukuran mungil kita juga bisa mengaplikasikan tembok beton ekspos. Menggunakan model tembok beton ekspos dapat sedikit mengurangi biaya pembangunan, karena kita tak perlu menganggarkan biaya finishing tembok. Apalagi dipadu-padankan dengan pencahayaan yang apik akan membuat rumah satu lantai ini jadi terlihat semakin mengagumkan. 


Tembok Beton Ekpos untuk Mushola

cr: instagram/dhouse_dzds

Tentunya, tembok beton ekspos tak hanya bagus untuk elemen dan aksesoris outdoor. Anda juga bisa mendesain area mushola dengan tembok beton ekspos. Mushola di atas menggunakan kombinasi panel GRC dengan dinding beton ekspos. Focal point di mushola ini memang panel GRC dengan ornamen motif  Islami yang terlihat estetik. Tetapi, adanya dinding beton ekspos sebagai penyeimbang suasana industrial pada desain mushola bergaya industrial ini. 


Tembok Beton Ekspos Kombinasi Jendela Kaca Tinggi

cr: instagram/mariavega.artanti

Seperti dikatakan sebelumnya, tembok beton ekspos akan terlihat semakin menarik bila digabungkan dengan pencahayaan yang tepat. Untuk itu, tak salah bila Anda memasang jendela dengan ketinggian menyesuaikan tinggi dinding bata ekpos. Jendela ini akan meneruskan cahaya matahari dan membuat ruangan tidak terlihat suram dan gelap. Di area bawah tangga, Anda bisa mendesain ruang santai dengan tembok beton ekspos dengan ukuran 3 x 4 M. 


Tembok Beton Ekspos untuk Taman Teras Segar

cr: fb/desainrumahpedia

Anda juga bisa mendesain taman teras yang dilengkapi dengan kolam ikan koi yang cukup lebar. Area tengah bisa dibuat sebagai ruang duduk santai di area ini. Dengan ukuran diameter 2 meter, area ruang duduk bisa digunakan untuk menopang satu set kursi dan meja taman. Area taman ini dilengkapi dengan tembok tebing dan beton ekspos yang memperkaya tampilan visual taman teras ini. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Beton Ekpos untuk Tembok Rumah. Kesan Homey dan Naturalnya Dapet Banget! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English