Taman Teras Rumah, 7 Rekomendasi Tanaman Buah yang Sekaligus Bisa Mempercantik Halaman Rumah. Yuk Coba Tanam!


Helloshabby.com -- Ada banyak kelebihan dari menanam tanaman buah di area teras rumah. Pertama, jenis tanaman ini pastinya akan menghasilkan buah yang bisa dipetik ketika tiba masa panen. Tak usah repot-repot membeli, tinggal petik kita bisa menikmati buah yang kita tanam sendiri. Kedua, tanaman buah pada umumnya memiliki bentuk pohon yang rindang daunnya, sehingga bisa turut menyegarkan atmosfir pada teras dan halaman depan rumah kita. 

Banyak orang ragu untuk menanam tanaman  buah dibandingkan tanaman hias. Pasalnya, banyak anggapan bahwa tanaman buah harus ditanam di tanah yang cukup luas, sehingga mereka bisa tumbuh subur dan berbuah lebat. Anggapan ini tak sepenuhnya salah, tapi ada juga tanaman buah yang praktis dan bisa ditanam di media pot atau tanah yang kecil. Nah, sebagai inspirasi simak ulasan Teras Rumah, 7 Rekomendasi Tanaman Buah yang Sekaligus Bisa Mempercantik Halaman Rumah. Yuk Coba Tanam! di bawah ini:


Anggur: Buah Raja yang Bisa Ditanam di Atap Teras

cr:instagram/endryhome

Tanaman anggur juga dikenal sebagai buahnya para raja. Ada banyak varietas dari buah anggur yang bisa ditanam di rumah kita. Menanam pohon anggur pun tak terlalu memerlukan banyak lahan. Tanaman anggur bisa tumbuh merambat, sehingga bisa ditanam di area atap teras. Buahnya bisa dipetik saat sudah ranum. Di sisi lain, pohon anggur yang merambat ini bisa dibentuk jadi kanopi dari tanaman buah yang akan membuat teras tetap terasa teduh dan sejuk. 



Jeruk Kasturi: Si Asam yang Segar

cr:instagram/galeri.rumah

Ini dia salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam dalam media pot, yaitu tanaman jeruk kasturi. Sehingga, tanaman buah ini bisa diletakkan di sudut taman teras yang berukuran mungil sekalipun. Jeruk kasturi ini tumbuh layaknya semak dengan buahnya yang berwarna kuning menyala, jika sudah siap panen. Perawatannya juga cukup mudah, cukup lakukan penyiraman secara rutin dan melakukan stress air selama 4-6 hari (kondisi kering tanpa air), lalu disiram secara rutin kembali. Lakukan pemupukkan setiap 4 bulan agar tanaman mudah berbuah. 


Pohon Mangga yang Rindang

cr:instagram/mommyrere

Pohon mangga barangkali jenis tanaman buah yang paling sering kita temui di pekarangan rumah. Ini tak mengherankan, pasalnya berbagai jenis pohon mangga cenderung tumbuh dengan rindang. Sehingga, pohon mangga ini juga dapat meneduhkan dan menyegarkan suasana di teras di depan rumah. Buahnya juga bisa muncul dengan lebat dan dinikmati untuk rujakan bersama di teras rumah. 


Tanaman Jambu yang Serba Guna

cr:instagram/novelia_hardiarti

Pohon jambu ini dikatakan serba guna, karena manfaatnya yang sangat beragam. Pohonnya dapat tumbuh tinggi menjulang dan meneduhkan area di bawahnya. Daun dan buahnya juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Batang pohon jambu juga bisa digunakan untuk tempat 'menumpang' dari tanaman lain seperti bunga anggrek. Pohon jambu ini akan melengkapi kesegaran di taman teras rumah Anda. 


Tanaman Pepaya yang Mudah Tumbuh

cr:instagram/riaherzon

Pohon pepaya sangat mudah untuk tumbuh. Ibarat kata dengan hanya menebar benih tanaman ini bisa tumbuh dengan sendirinya. Tanaman ini juga bisa tumbuh di tanah yang minim sekalipun seperti taman teras rumah di atas. Saat tiba waktu panen, menikmati manisnya buah pepaya sambil bersantai di teras rumah bisa dilakukan bersama-sama. 


Pohon Pisang dalam Media Planter Bag

cr:instagram/tanaman_buahku

Tanaman buah seperti pohon pisang, ternyata juga bisa tumbuh di media planter bag atau kantong tanam. Dalam media planter bag, pohon pisang di atas juga masih bisa berbuah. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menanam pohon pisang, tapi terkendala minimnya tanah kosong. Pohon pisang dalam planter bag ini bisa diletakkan di tanah paving untuk menyemarakkan suasana di taman teras rumah. Perhatikan detail-detail khusus saat Anda memutuskan untuk menanam pisang dalam media planter bag.

Tanaman Srikaya yang Kaya Manfaat

cr:instagram/elsamarthania93

Tanaman srikaya termasuk tanaman yang mudah untuk dibudi-daya. Bentuk pohonnya cenderung tidak begitu besar, sehingga bisa ditanam di taman teras yang berukuran mungil sekalipun. Tanaman srikaya juga kaya akan manfaat. Daun, biji, buah dan tanaman diyakini baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa studi menunjukkan esktrak daun srikaya dapat menjaga gula darah tetap stabil. Saat waktunya panen, kita pun bisa menikmati manisnya srikaya yang dipetik dari taman teras atau halaman rumah kita. 


Itu dia beberapa inspirasi dari tanaman buah untuk taman teras Anda. Terimakasih telah menyimak artikel Taman Teras Rumah, 7 Rekomendasi Tanaman Buah yang Sekaligus Bisa Mempercantik Halaman Rumah. Yuk Coba Tanam! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber



Categories in English