7 Konsep Desain Ruang Tamu dengan Pencahayaan Alami Bikin Sejuk dan Segar


Helloshabby.com -- Ruang tamu dengan pencahayaan alami yang baik tentu akan lebih menyenangkan. Berkat cahaya alami yang memadai, furnitur ruang tamu seperti sofa dan dekorasi berwarna-warni akan lebih stand out alias memukau. Selain membuat ruangan jadi cerah dan terang, kita pun bisa lebih menghemat biaya pengeluaran energi listrik. 

Tak sulit kok mendesain ruang tamu yang cerah, sejuk dan segar. Pastikan saja, setidaknya kita memiliki satu buah jendela di area ruang tamu. Kemudian, untuk desain dan dekorasi ruang tamu bisa mencontoh dari 7 Konsep Desain Ruang Tamu dengan Pencahayaan Alami Bikin Sejuk dan Segar, yang akan dibahas di bawah ini:


Ruang tamu cerah maksimal dengan full jendela kaca 


cr:instagram/dewi.bagus

Ruang tamu biasanya memiliki satu atau dua buah jendela minimalis di dalamnya. Tapi jika ingin cahaya alami masuk secara maksimal, Anda bisa mendesain ruang tamu dengan jendela kaca yang penuh. Jendela kaca full ini akan menerangi space ruang tamu dengan sangat baik. Gorden tarik (roller blind) turut dipasang di jendela. Gorden ini berfungsi untuk menambahkan privasi dan membatasi paparan sinar matahari yang masuk melalui jendela. 

Desain ruang tamu dibuat dengan konsep yang cukup modern minimalis. Sofa ruang tamu dipilih dengan warna abu-abu gelap, supaya tidak menyilaukan ketika terkena sinar matahari. Di ruang tamu kaca ini juga dipenuhi beberapa tanaman hias. Tanaman hias ini pastinya akan membuat suasana di ruang tamu lebih sejuk dan segar.



Desain ruang tamu Skandinavian terang dan nyaman

cr:instagram/myversionofzen

Dari tampilannya, sudah jelas ruang tamu ini memiliki akses cahaya alami yang memadai. Karena space ruang tamu terbilang kecil (+/- 2x2 M), pemilik mendesain ruang tamu ini dengan konsep Skandinavia dalam balutan warna earthy tone. Meja kopi dihilangkan untuk menambahkan ruang gerakMeskipun kecil, ruang tamu ini tetap terlihat lapang, berkat cahaya alami dan penataan yang baik.



Desain ruang tamu vintage dengan plafon piramid 


cr:instagram/darling.here.and.there

Selain jendela, keberadaan plafon juga sangat menunjang pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam ruang tamu. Desain plafon piramida ini memungkinkan cahaya dan udara masuk ke dalam ruangan dengan maksimal. Ruangan pun jadi lebih terang dan adem. 

Desain ruang tamu sendiri dikonsep dengan tampilan vintage. Dengan pemilihan furnitur bergaya tradisional dikombinasikan dengan warna kuning, ruang tamu ini jadi terlihat begitu artistik.  



Desain ruang tamu monokrom dengan beragam tanaman hias

cr:instagram/ummufaaza_

Pada ruang tamu ini, warna dinding dan lantai dipilih dalam nuansa warna putih. Warna putih akan membuat ruangan jadi lebih cerah dan terang. Kombinasi hitam diaplikasikan pada sofa dan karpet untuk memberikan karakter 'monokrom' yang tegas. Tak hanya itu, beragam tanaman hias dijadikan dekorasi yang menyejukkan atmosfir ruang tamu. 


Desain ruang tamu 4x4 M yang cozy dan terang


cr:instagram/ayu_tonmewwen

Desain ruang tamu 4 x 4 M ini memiliki desain jendela sudut yang menerangi ruangan dengan sangat baik. Jendela dibuat lebih tinggi dan dilapisi vitrase untuk meminimalisir panas dan cahaya matahari yang berlebihan. 

Pilihan sofa dan dekorasi dinding dibalut dalam warna krem untuk membuat suasana jadi lebih hangat dan cozy. Ditambahkan juga rak susun hitam yang memberi kontras warna yang apik. 


Desain ruang tamu abu-abu yang manis


cr:instagram/titaellynoor

Sekilas pandang saja, ruang tamu ini dijamin bikin betah. Pilihan sofa abu-abu yang tegas dan menenangkan tampil serasi dengan bantalan pink yang manis dan menggemaskan. Lantai vinyl diaplikasikan untuk memberi kesan homey. Ditambahkan pula, tirai putih untuk meminimalisir cahaya dan panas alami berlebih. 


Ruang tamu dengan dekorasi tanaman yang apik


cr:instagram/yanifazrini

Ruang tamu dengan pencahayaan dan penghawaan yang baik sangat menunjang hobi merawat tanaman indoor. Anda bisa memajang koleksi tanaman hias di ruang tamu. Tanaman hijau berdaun lebar bisa diletakkan di sudut ruangan untuk mempercantik sudut yang kosong. Semarakkan dengan memasang rak heksagonal gantung untuk meletakkan koleksi tanaman hias perdu. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Konsep Desain Ruang Tamu dengan Pencahayaan Alami Bikin Sejuk dan Segar sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English