7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Di Halaman Rumah


Helloshabby.com -- Di situasi saat ini mulai berkembang hobi-hobi yang bisa dilakukan di rumah. Selain berkebun, hobi memelihara ikan hias juga kembali booming. Ikan hias memang bisa dirawat di media akuarium, tapi membuat kolam ikan minimalis di halaman rumah bisa menambahkan kesegaran tersendiri. 

Membuat kolam ikan hias di halaman rumah tak harus berukuran besar dan membutuhkan biaya yang besar pula. Ada beberapa desain kolam ikan minimalis yang mungil dan lebih hemat dari segi pembangunan dan perawatan. Bagaimanakah desainnya? Simak jawabannya dalam ulasan 7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Di Halaman Rumah. 


Desain Kolam Ikan Minimalis Di Sudut Taman 

cr:instagram/rumahtristan

Sudut taman tampak kosong? Coba isi dengan kolam ikan minimalis. Kolam ini dibuat dengan semen ekspos dan dilengkapi saluran air yang memadai. Dasaran kolam dibuat landai supaya memudahkan saat perawatan ikan maupun kolam itu sendiri. Di luar itu, pada sekeliling taman ditambahkan lampu senar dengan nyala temaram untuk membuat halaman taman jadi lebih syahdu. 


Desain Kolam Ikan dengan Taman Vertikal 

cr:instagram/komunitaspecintakoi

Hobi merawat ikan hias bisa juga dilakukan di halaman rumah. Kolam ikan sangat pas untuk ikan hias sejenis koi. Anda bisa membuat desain kolam ikan minimalis seperti di atas. Desainnya tidak terlalu besar, namun diperkirakan mampu menampung beberapa ikan hias sampai is tumbuh berukuran besar. Kolam ini juga dilengkapi taman vertikal yang akan membuat kolam ikan jadi terasa asri. 


Desain Kolam Ikan dengan Tanaman Rambat 

cr:instagram/rumahbimbim

Mendesain kolam ikan dengan alas duduk seperti di atas bisa jadi sebuah solusi cerdas untuk menikmati keindahan ikan. Alas duduk ini terbuat dari kayu solid sehingga cukup nyaman untuk diduduki. Selain itu, kolam ikan ini juga tampak lebih teduh dan segar berkat adanya tanaman yang tumbuh merambat di dinding-dinding halaman rumah. 


Kolam Ikan Minimalis di Halaman dan Transisi Ruang 

cr:instagram/dirumah.ps

Bila Anda memiliki rumah dengan ruang yang terpisah, konekter room atau ruang transisi bisa dilengkapi dengan kolam ikan hias. Area ini juga bisa dijadikan tempat khusus untuk merawat dan memantau struktur kolam. Sambil berjalan menuju ruang selanjutnya, Anda akan menjumpai koleksi ikan hias yang telah dirawat dengan sabar dan penuh cinta, cukup menyenangkan bukan?


Desain Kolam Ikan Di Halaman Depan Rumah 

cr:instagram/pietafebrina

Masuk dari garasi dan disambut oleh ikan-ikan hias yang cantik, setidaknya bisa sedikit meredakan stres sehabis bekerja. Anda bisa membuat kolam ikan mini sebaris di halaman depan rumah. Meski sebaris, pastikan Anda mendesain kolam ikan yang pas dengan jumlah dan pertumbuhan ikan. Sehingga, ikan tetap nyaman walau hidup di kolam minimalis. 


Kolam Ikan Minimalis Di Taman Hijau 

cr:instagram/rinalatif22

Rasanya ada yang kurang bila mendesain taman hijau tanpa adanya elemen air. Elemen air bisa dihadirkan dengan membuat sebuah kolam ikan minimalis. Kolam ikan ini bisa menjadi media untuk menyalurkan hobi merawat ikan hias. Selain itu, kolam ikan tersebut juga bisa memberikan suasana rumah yang lebih adem. Jangan lupa, tempatkan kolam di area yang mudah dijangkau mata. Sehingga, keindahaan kolam akan selalu menyejukkan mata. 


Kolam Ikan Minimalis dengan Tema Batuan 

cr:instagram/rumah_merahratu

Tema batuan memang sangat pas untuk desain kolam ikan minimalis. Batuan akan memberikan tampilan yang lebih segar layaknya di perairan alam. Bebatuan bisa dibuat dari semen yang dibentuk menyerupai batu kali yang besar. Kombinasikan juga dengan batuan koral putih di sisi kolam untuk memberikan atmosfir segar natural. Letakkan beberapa tanaman hias akan tampilannya tampak natural harmonis. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Di Halaman Rumah  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Baca juga :

Inspirasi yang Paling Hits, Taman Rumah Ada Kolam Ikan

 Helloshabby.com --  Bagi anda yang menyukai ikan hias tentu akan menyenangkan untuk menikmatinya sendiri di lingkungan rumah. Tak heran jika adanya kolam selalu dikombinasikan dengan taman yang memberikan kesegaran serta aliran air yang bikin pikiran tenang. Anda ingin menghadrikan taman...



Bikin Tenang, Taman Belakang Rumah Dengan Kolam Ikan

Helloshabby.com - Apa hal yang paling anda rindukan ketika sedang bepergian? Tentu saja rumah dan keluarga itu tempat anda bisa melepas lelah setelah seharian bekerja ataupun beraktifitas di luar sana. Maka dari itu tak heran jika banyak orang rela mendesain hunian mereka dengan sedemikian rupa agar...



Ide Membuat Teras Rumah yang Ada Kolam Ikan Lebih segar

 Helloshabby.com - Tahu kah Anda memiliki kolam ikan memberikan impact yang luar biasa bagi anda dan keluarga apa lagi jika anda orang yang super sibuk dan banyak aktifitas di luar rumah, pasti kerap kali merasakan lelah dan sedikit stress akibat pekerjaan yang menumpuk. Nah disinilah keberadaan...




Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English