Ide Ruang Cuci Dekat Kamar Mandi, Bikin Nyuci Baju jadi Lebih Mudah!


Helloshabby.com -- Selain memasak, mencuci baju adalah kegiatan yang memerlukan tempat tersendiri. Ini karena mencuci baju memerlukan peralatan dan saluran air yang memadai. Salah satu tempat terbaik untuk mendesain tempat mencuci adalah area di dekat kamar mandi. Area dekat kamar mandi biasanya memiliki saluran air yang memadai dan cocok digunakan untuk tempat mencuci pakaian.


Gimana sih desain ruang cuci jemur dekat kamar mandi yang mudah? Simak jawabannya dalam ulasan di bawah ini!


Ide Ruang Cuci di Pojok Ruangan Service Area

cr:instagram/erina_rizqi93

Pada rumah tipe 36, biasanya ruang servis (dapur, kamar mandi dan ruang cuci) dibuat dalam satu area yang sama. Ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan saat melakukan beragam pekerjaan rumah. Desainnya bisa Anda contoh seperti di atas. 

Untuk ruang cuci sendiri bisa dibuat minimalis. Setidaknya, Anda memerlukan space 50 cm x 0.5 meter untuk meletakkan mesin cuci dan ember cucian. Bila tak ada kran air yang memadai, Anda tinggal memasang selang air dari kamar mandi ke mesin cuci. Selang pembuangan air dari mesin cuci juga bisa diletakkan di kamar mandi, supaya air bekas cucian langsung masuk ke saluran pembuangan. 



Ide Ruang Cuci Anti-Genangan Air

cr:instagram/ickajulya

Kombinasi ruang cuci jemur yang dekat kamar mandi memang tampak lebih pas. Namun, pastikan kran air dan saluran pembuangan cukup memadai sehingga memudahkan kita mencuci baju. Bila tak ingin lantai ruangan terbasahi, Anda bisa membuat elevasi lantai tempat mencuci naik 7-10cm dari lantai utama. Baiknya, lantai tempat mencuci juga dibuat dengan model undakan supaya air yang tergenang tidak membasahi lantai ruangan. 


Ruang Cuci Dekat Kamar Mandi Berbentuk L 

cr:instagram/putripink.putri

Bila ingin lebih leluasa saat mencuci baju, desain ruang cuci bisa dibuat lebih lebar dengan bentuk L seperti di atas. Bentuk ini mengikuti space kosong di depan kamar mandi dan toilet. Dengan lahan yang Anda akan lebih leluasa saat mencuci baju, terutama bila baju kotor sudah menumpuk banyak. Aksen pink dan Hello Kitty dijadikan elemen dekorasi untuk mempercantik tampilan ruang cuci jemur ini. 


Ruang Cuci Minimalis dengan Rak Ambalan 

cr:instagram/yuaachan

Mesin cuci satu tabung yang ramping juga bisa diletakkan tepat di depan kamar mandi. Di area yang sama, Anda bisa memasang rak ambalan untuk meletakkan peralatan mencuci dan alat kebersihan lainnya. Tempat mencuci ini bisa juga dipercantik dengan memasang stiker laundry room dan sebuah bingkai lucu. 



Ide Ruang Cuci Lengkap dengan Jemuran 

cr:instagram/febyoan

Ruang cuci ini sangat pas diletakkan di pojok ruangan dekat kamar mandi. Apalagi di tempat ini juga sudah dipasang kran air dan soket listrik yang memudahkan proses mencuci. Pada dinding ruangan turut dipasang papan laundry dan rak ambalan sebagai tempat untuk meletakkan alat mencuci. Tak hanya itu, ruang cuci ini juga dilengkapi jemuran minimalis yang bisa dipakai untuk menjemur pakaian saat hujan melanda. 



Ide Ruang Cuci Jemur dekat Kamar Mandi dan Taman 

via:instagram/desainkamarmandiminimalis

Ada kalanya kita merasa bosan saat menunggu cucian kering dari mesin cuci. Rasa bosan ini bisa dikurangi dengan mendesain taman di dekat ruang cuci. Anda hanya perlu meletakkan tanaman dalam pot di beberapa space yang kosong. Manfaatkan juga sisa space di rak ambalan untuk memajang tanaman hias di area ruang mencuci. 


Terimakasih telah menyimak artikel Ide Ruang Cuci Dekat Kamar Mandi, Bikin Nyuci Baju jadi Lebih Mudah! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

Ide Ruang Cuci Dekat Kamar Mandi, Bikin Nyuci Baju jadi Lebih Mudah!

Helloshabby.com -- Selain memasak, mencuci baju adalah kegiatan yang memerlukan tempat tersendiri. Ini karena mencuci baju memerlukan peralatan dan saluran air yang memadai. Salah satu tempat terbaik untuk mendesain tempat mencuci adalah area di dekat kamar mandi. Area dekat kamar mandi biasanya memiliki...

7 Desain Ruang Cuci dan Jemur Baju di Belakang Rumah

Helloshabby.com - Memiliki hunian dengan lahan yang tak luas dan terbatas memang menuntut anda berpikir lebih kreatif dalam mengatasi keterbatasan tersebut agar space yang tersisa berfungsi dengan baik dan hunian andapun akan terorganisir di setiap ruangannya. Laundry room terkadang menjadi ruangan...

Ide Penataan Ruang Cuci Jemur Di Atap Rumah

Helloshabby.com -- Rumah terbaik adalah rumah yang mempertimbangkan setiap ruang hingga sudut rumah dengan penataan yang pas, tanpa menyampingkan fungsinya. Jadikan rumah Anda sebagai 'rumah terbaik' dengan mendesain setiap ruang dengan maksimal. Satu hal yang sering terlewatkan adalah mendesain ruang...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English