7 Contoh Desain Rumah dengan Batu Bata Merah Terbaru


Helloshabby.com -- Bata merah sangat umum digunakan sebagai kontruksi bangunan pada rumah-rumah di Indonesia. Ini karena harganya yang ekonomis, bentuknya yang compact dan terbilang awet dalam jangka waktu yang lama. Dewasa ini, penggunaan bata merah tidak hanya digunakan untuk pondasi rumah saja. Kini, banyak desain rumah yang sengaja menampilkan bentuk bata merah sebagai aksen atau tema hunian. Ini tak mengherankan, mengingat bentuk bata merah yang tersusun rapi juga mampu menambah nilai estetika hunian.

Bata merah juga mampu membuat hunian jadi terasa lebih adem. Bila Anda tertarik mengaplikasikan bata merah di rumah, tak ada salahnya melirik dulu 7 Contoh Desain Rumah dengan Batu Bata Merah Terbaru


Pagar Bata Merah buat Hunian Terlihat Kokoh 

cr:instagram/ulyarosyta

Dimulai dari pemilihan pagar. Pagar bata merah bisa menjadi opsi menarik untuk rumah Anda. Batu bata merah yang tersusun rapat dan rapi memberikan kesan pagar yang tampak kokoh. Bentuknya pun bisa dibuat pendek dengan kombinasi pilar pagar yang tinggi. Jenis pagar ini juga terlihat lebih classy dan elegan, dibandingkan jenis pagar mainstream lainnya. 
 

Batu Bata Merah sebagai Aksen 

cr:instagram/ibunayaraya

Batu bata merah dapat dihadirkan sebagai aksen di rumah. Penempatannya bisa menyesuaikan keinginan. Misalnya, di area teras depan rumah. Warna bata merah yang sangat khas akan menjadi focal point yang menarik mata. Selain bata merah padat, tak masalah bila Anda hanya menempelkan stiker atau wallpaper motif bata merah. Keduanya tetap akan membuat rumah jadi lebih atraktif. 


Batu Bata Merah buat Ruangan jadi Lebih Rustik 

cr:instagram/ratnahtjahyo

Batu bata merah sering digunakan untuk mereka yang menyukai kesan hunian tradisional, rustik atau vintage. Ini karena batu bata merah cenderung memberikan kesan jaman dulu dan lebih dekat dengan alam. Anda bisa membuat dinding rumah pure dari batu bata merah. Dinding bata baiknya sudah dilapisi finishing khusus agar lebih awet dan tahan jamur. Desain batu bata pun bisa dipilih dalam warna earthy tone untuk memberikan kesan rustik yang lebih menenangkan mata. 


Dinding Bata Merah untuk Ruangan Semi Outdoor

cr:instagram/ratnayjahyo

Warna batu bata merah (terakota) memang terlihat menyatu dengan alam. Anda dapat membuat dinding eksterior dari material batu bata merah seperti di atas. Dinding bata merah ini menjadi background untuk ruang cuci jemur. Kesan bata merah yang earthy sangat pas dipadukan dengan beragam tanaman hijau yang ada di sekitarnya. 



Rumah lebih Adem dengan Batu Bata Merah 

cr:instagram/riasavitri

Saat penyusunan bata merah Anda bisa memperhatikan detail bentuk susunannya, apakah ingin berbentuk horizontal atau kombinasi seperti di atas. Namun, pastikan saja bentuk susunannya rapi dan rapat, agar tidak mudah roboh. Sebagai finishing, elemen batu bata merah dipoles menggunakan cat merah bata yang lebih pekat. Dengan begitu, selain estetik rumah jadi terasa lebih adem. 


Dinding Batu Bata Merah pada Ruang Tamu Outdoor 

cr:instagram/rumahnadhifara

Batu bata merah memiliki ketahanan yang kuat terhadap panas dan hujan, jadi tetap aman digunakan sebagai eksterior rumah. Bila menginginkan nuansa ruang tamu outdoor bernuansa alami dan sejuk, pilihan dinding bata merah ekspos bisa digunakan. Dinding ini memberikan kesan ruangan yang lebih adem dan kalem. Kombinasikan dengan satu set kursi kayu untuk membuatnya tampak harmonis. 



Rumah Tradisional-Modern dengan Bata Batu Merah

cr:instagram/tika_johny

Meski desain rumah American, Skandinavian, dan sebagainya semakin marak digunakan, tapi rumah bergaya tradisional masih menjadi pilihan bagi sebagian orang. Rumah tradisional biasanya menggunakan material genteng tanah liat dan bata merah sebagai penyusun utamanya. Dua material tersebut mampu menghadirkan kesan rumah tradisional yang lebih memorable dan cozy. Anda tinggal menggabungkan dengan furnitur modern, supaya hunian tetap nyaman. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Contoh Desain Rumah dengan Batu Bata Merah Terbaru sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English