7 Gambar Musola Minimalis yang Cantik | Buat di Rumah, Yuk!


Helloshabby.com -- Segala aktivitas yang dilakukan di rumah, baiknya memang memiliki ruang tersendiri. Misalnya, dapur untuk memasak, mencuci di ruang laundry dan sebagainya. Tak terkecuali aktivitas penting seperti ibadah solat, baiknya memang dilakukan di ruang khusus yang menunjang kekhusyukan ibadah. Memiliki musola bukan hanya digunakan sebagai tempat solat semata, musola juga bisa memberikan suasana rumah yang lebih terasa 'terjaga' secara spiritual. 

Mewujudkan musola minimalis bisa dilakukan bahkan pada ruangan yang kecil. Bila Anda memerlukan inspirasi, coba simak ulasan 7 Gambar Musola Minimalis yang Cantik | Buat di Rumah, Yuk!


Musola Minimalis Cantik di Dekat Teras Samping

cr:instagram/desifatmawati31

Punya sisa halaman samping yang cukup? Anda bisa memanfaatkannya sebagai musola minimalis. Desain musola dibuat terbuka tanpa dinding atau pintu solid. Sebagai gantinya, terdapat partisi lipat sebagai penutup musola dengan teras di depannya. Ukurannya terbilang mungil dengan dimensi 1x1,5 meter saja. Namun, musola diisi dengan furnitur yang sangat menunjang ibadah, misalnya: sajadah dari bahan rasfur yang empuk, kabinet penyimpanan kitab suci, meja ngaji mungil dan dekorasi dinding bergambar kakbah untuk mendukung kekhusyukan ibadah .


Musola Minimalis Cantik Bertema Rustik Tradisional 

cr:instagram/omahearum

Musola di rumah dapat dihadirkan dengan tampilan tema tertentu. Anda bisa melapisi dinding dengan stiker bata merah untuk memberikan kesan adem pada musola minimalis. Lantai musola pun menggunakan vinil atau karpet vinil yang membuat nuansa musola lebih cozy. Tambahkan ornamen yang membuat ruangan terasa lebih Islami, seperti lukisan atau kain tenun kakbah, seperti ini. 


Musola Minimalis di Tengah Rumah 

cr:instagram/rumahcits

Posisi musola juga bisa diletakkan di tengah rumah. Letak musola di tengah rumah memungkinkan seluruh penghuni rumah atau pun tamu yang berkunjung lebih mudah mengakses musola ini. Dinding musola menggunakan partisi kayu supaya memberikan sirkulasi udara dan membuat musola nampak lebih cantik. Di sekeliling musola turut dipasang lampu LED temaram supaya memberikan tampilan musola yang lebih syahdu. 


Musola Minimalis dengan Nuansa Hijau Segar 

cr:instagram/lydan

Hijau bisa jadi warna yang segar sekaligus menenangkan, untuk itu tak ada salahnya tampilan musola bernuansa hijau seperti ini. Aplikasi warna hijau dimaksimalkan pada backdrop musola dengan kombinasi putih. Di tengahnya dipasang kaligrafi Allah untuk membuat ibadah lebih khusyuk. Warna hijau pun digunakan untuk tirai blind, sajadah rasfur, kap lampu sampai kabinet hijau. Anda boleh juga meletakkan kipas angin khusus supaya saat ibadah tidak terasa gerah. 


Musola Minimalis ala Saung Minimalis 

cr:instagram/fifierdia

Barangkali dari kita ada yang sempat merasakan ngaji di saung-saung ala pedesaan. Anda pun dapat menghadirkan nuansa yang sama. Lahan yang khusus dijadikan musola bisa menyatu dengan taman minimalis agar lebih terasa segar. Area khusus untuk imam bisa dilengkapi platform kayu. Lengkapi juga dengan memasang kaligrafi pada dinding,  supaya nuansa musola makin terasa Islami. 



Musola Minimalis dengan Plafon dan Batu Alam 

cr:instagram/thekynans_zone

Ada beragam cara untuk mendesain musola minimalis di rumah. Anda bisa memasang batu alam templek pada sebagian dinding musola. Lantai musola juga dapat menggunakan batu alam atau keramik motif batu alam supaya nuansa lebih terasa adem dan menenangkan. Sempurnakan atap musola dengan memasang plafon up ceiling yang dilengkapi lampu pendan minimalis yang cantik. 


Musola Minimalis ala Masjid Besar 

cr:instagram/wian_home

Bila kita mengunjungi masjid besar kota, ada beberapa masjid yang memiliki arsitektur khas Timur Tengah yang terkesan mewah dan megah. Anda pun bisa menghadirkan musola khas masjid yang terlihat elegan. Dekorasi musola dipilih dalam nuansa keemasan yang khas arsitektur Timur Tengah. Ornamen-ornamen unik dipasang pada backdrop musola yang dilapisi kaca. Backdrop ini juga menyatu dengan rak-rak penyimpanan yang fungsional dan tetap stylish. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Gambar Musola Minimalis yang Cantik | Buat di Rumah, Yuk! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English