7 Ide Kolam Renang Mini, Pas untuk Kemarau dan Berbagai Jenis Desain Rumah


Helloshabby.com -- Di hari yang panas, berenang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain menghilangkan panas dan gerah, berenang pun akan membuat tubuh kita jadi lebih bugar. Berenang atau aktivitas di dekat air biasanya juga disukai oleh anak-anak, oleh karenanya tak ada salahnya menghadirkan kolam renang di rumah, baik sebagai kolam anak atau kolam yang dibuat khusus untuk orang dewasa. 

Dalam artikel kali ini, kami hadirkan ulasan 7 Ide Kolam Renang Mini, Pas untuk Kemarau dan Berbagai Jenis Desain Rumah. Kolam renang ini bisa dibuat memanfaatkan sisa lahan dengan budget yang lebih terjangkau. Rumah akan senantiasa lebih segar dengan adanya kolam renang mini, berikut ini:


Kolam Renang Mini di Teras Samping 

cr:instagram/ardina_abroni

Tentu kolam renang mini yang dimaksud bukan sekadar kolam yang terbuat dari bahan karet, tapi kolam yang memang dirancang layaknya kolam sungguhan. Anda bisa memanfaatkan teras samping sebagai kolam renang mini khusus untuk keluarga. Ukuran kolam bisa sekitar 2x6 meter, menyesuaikan panjang selasar samping. Sedang untuk kedalaman kolam bisa menyesuaikan tinggi anggota keluarga, atur kedalam kolam supaya bisa digunakan bersama misalnya sedalam 1-1,5 meter saja, agar anak-anak usia 7-14 tahun bisa ikut berenang di kolam ini. 


Kolam Renang Semi Terbuka Di Samping Dapur 

cr:instagram/casa_kalandra

Ide kolam renang di atas sangat cocok untuk desain rumah urban masa kini. Adanya kolam renang semi terbuka akan membantu penghawaan di dalam rumah, terutama area dapur dan ruang makan jadi ikut terasa segar. Kolam renang pun bisa menjadi sarana rekreasional keluarga yang murah dan praktis. Bila gerah melanda, Anda tinggal 'nyemplung' ke kolam sambil mendinginkan badan yang kepanasan. 


Desain Kolam Renang Terbuka dengan Dak Cor 

via:fb/desainrumah

Membuat kolam renang juga bisa diwujudkan dengan tangan anda sendiri (bila Anda cukup tenaga dan waktu). Namun, perhatikan dengan baik unsur keselamatan dan struktur kolam yang baik. Pastikan struktur dasar kolam kedap air supaya air tidak merembes ke dalam tanah. Pilihan material untuk waterproofing (kedap air), yaitu semen, polimer dan aspal. Bahan semen dak cor sangat lazim digunakan. Setelah proofing, lantai dasar kolam dan dinding tetap dilapisi keramik biru, supaya air nampak biru jernih nan segar. 



Kolam Renang Mini Khusus untuk Anak 

cr:instagram/kontraktorkolamrenang_ganesha

Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai berenang. Anda bisa membuat kolam renang mini khusus untuk anak. Ukuran kolam anak yang sedang berukuran 1,5x2 meter. Kedalaman kolam pun dibuat lebih dangkal hanya sekitar 60-80 cm saja. Tentu ini untuk menghindarkan dari risiko yang tidak diinginkan. Desain kolam renang mini bisa dibuat di dalam ruangan, supaya si anak bisa berenang tanpa harus berpanas-panasan. 



Kolam Renang Mini Di Atas Permukaan

via:instagram/ngedekorumah

Bila biasanya kolam renang dibuat landai ke bawah, Anda bisa membuatnya lebih unik di atas permukaan seperti ini. Desain kolam dibuat tinggi menyesuaikan kedalaman yang diinginkan. Area menuju kolam dilengkapi tangga-tangga mini menuju ke kolam. Kolam pun dilapisi dinding kaca yang menampakkan kejernihan air. Kolam renang mini di atas bukan hanya instagrammable, tapi juga memungkinkan Anda untuk mengecek kebersihan kolam dengan mudah. 


Kolam Renang Mini Segar di Belakang Rumah 

cr:instagram/omahgedeh

Punya lahan belakang yang lebih dari cukup? Anda bisa menghadirkan desain taman belakang yang dilengkapi dengan kolam renang segar. Kolam renang ini dilengkapi teras atau pool deck yang terbuat dari jenis ubin yang mudah kering dan anti selip. Terdapat juga undakan mini untuk memberikan sensasi menyenangkan saat memasuki kolam renang secara berpelahan menuruni anak tangga mini. 


Dekorasi Kolam Renang Mini dan Minimalis

via:instagram/ruangtamumungil

Selain struktur dan keamanan kolam, perhatikan juga dekorasi penunjang kolam mini yang pas. Untuk kolam mini anak-anak, Anda bisa melengkapinya dengan memasang air mancur mini di area kolam. Saat tidak dipakai, kolam renang mungil ini akan berubah menjadi kolam air mancur yang segar. Di sekeliling kolam turut diletakkan karpet rumput yang lembut. Karpet ini berfungsi sebagai penyerap air saat si anak keluar dari kolam renang. Jadi, risiko terpeleset makin berkurang. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Kolam Renang Mini, Pas untuk Kemarau dan Berbagai Jenis Desain Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English