7 Ide Pembatas Ruang Tamu dan Dapur yang Luar Biasa, Bisa Dicontoh


Helloshabby.com --  Pada rumah minimalis, ada beberapa ruang yang dijadikan dalam satu tempat. Misalnya, area ruang tamu dan dapur. Dari segi fungsi, keduanya memang memiliki fungsi yang sangat jauh berbeda, namun terbatasnya lahan membuat kita harus rela membuat dapur berdekatan dengan ruang tamu. 

Nah, supaya ruang tamu dan dapur tetap memberikan rasa privasi dan kenyamanan, ada baiknya kedua area ini sedikit tertutupi, sehingga aktivitas di dalamnya tidak terlihat full dari ruangan lainnya. Anda bisa menambahkan pembatas atau partisi di antara dapur dan ruang tamu. Ide partisi bisa dibuat dengan perabot sederhana yang mudah dan terjangkau. Simak detailnya dalam ulasan 7 Ide Pembatas Ruang Tamu dan Dapur yang Luar Biasa, Bisa Dicontoh.


Meja Mini Bar sebagai Pembatasan Ruangan 

cr:instagram/rumahpinkyira

Ruang tamu dan dapur bisa dipisahkan oleh meja bar yang sengaja diletakkan di antara keduanya. Selain berfungsi sebagai partisi, meja bar ini dapat digunakan untuk meja sarapan atau menikmati minuman favorit. Posisi meja bar dibuat merapat ke dapur, karena masih termasuk bagian dari furnitur dapur. Dengan begitu, saat tamu datang proses Anda menyiapkan minuman tak sepenuhnya terlihat dari ruang tamu.  


Meja Island yang Fungsional 

cr:instagram/dirumah.ps

Ada desain dapur yang sengaja dibuat terbuka tanpa sekat dengan ruang tamu seperti ini. Namun, supaya lebih nyaman posisi penataan dapur dan ruang tamu bisa diperhatikan dengan detail. Meja island bisa difungsikan juga sebagai pembatas ruangan. Begitu pula, dengan penataan sofa. Sofa diletakkan bertolak belakang dengan dapur, sehingga punggung sofa juga berfungsi sebagai pemisah dua ruangan tersebut. 


Pembatas Ruang dengan Perbedaan Visual 

cr:instagram/rumahku.baitijannati

Selain meja bar kecil, Anda bisa membatasi ruangan dengan perbedaan visual. Seperti pada ruangan di atas. Area dapur tampak lebih polos dengan nuansa kitchen set serba putih. Sedangkan, area ruang tamu tampak lebih memainkan warna monokrom dengan pola-pola yang unik. Salah satunya, bagian dinding yang menggunakan pola hexagonal dengan kombinasi warna monokrom. Dengan begitu, ruangan jadi tampak terpisah, modern dan kekinian. 


Lebih Tertutup dengan Pintu dan Jendela Terbuka 

cr:instagram/desifatmwati31

Bila ingin dapur dan ruang tamu yang tampak terpisah maksimal, area dapur bisa dibuat tertutup seperti ini. Dapur dilengkapi pintu kaca minimalis yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan. Dapur pun akan bebas sumpek, karena bukaan dibuat tanpa penutup yang bisa mengalirkan lebih banyak udara ke dalam dapur. Jendela terbuka ini juga dimanfaatkan sebagai mini bar untuk keluarga. Desainnya menarik dan membatasi ruang tamu dan dapur dengan maksimal. 


Set Kursi dan Meja Makan sebagai Pembatas 

cr:instagram/me.mega

Ide lain untuk membatasi ruang tamu dan dapur adalah menggunakan kursi dan meja makan. Satu set meja makan bisa diletakkan di antara space dapur dan ruang makan. Meski aktivitas dapur atau ruang tamu masih terlihat dari kedua sisi, tapi model pembatas ini memberikan batas area dapur dan ruang tamu yang lebih jelas. Penataan ini pun cukup fungsional, mengingat ruang makan bisa diakses dari dapur atau pun ruang tamu. 


Pembatas Kaca Transparan 

cr:instagram/nugrahawidi

Dapur mini yang dibuat tertutup pastinya akan terasa lebih sempit. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih model partisi kaca transparan. Partisi ini tetap memberikan jarak pandang keluar, sehingga dapur terasa lebih lapang. Aktivitas di dapur atau di ruang tamu masih bisa terkontrol dengan baik dari kedua ruang.


Layout Dapur sebagai Pembatas Ruang 

cr:instagram/icp.home

Ada beragam jenis layout atau bentuk penataan dapur. Salah satunya model peninsula seperti di atas. Layout ini dilengkapi dengan tambahan meja yang berfungsi sebagai meja bar atau meja sarapan praktis. Secara instan, meja tersebut juga berguna sebagai pembatas ruang tamu dan dapur. Tampilannya bisa dibuat senada dengan desain kitchen set utama. Dengan begitu, area ruang tamu dan dapur akan terbatasi dengan tampilan yang keren dan luar biasa.  



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Pembatas Ruang Tamu dan Dapur yang Luar Biasa, Bisa Dicontoh sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English