7 Inspirasi Ruang Tamu Tak Ber-AC tapi Tetap Sejuk


Helloshabby.com -- Dalam setiap hunian, pasti ada setidaknya satu tempat khusus sebagai ruang tamu, bukan? Pada beberapa tipe rumah, ruang tamu terkadang juga dijadikan satu sebagai ruang keluarga atau ruang TV. Untuk itu, desainnya pun dimaksimalkan supaya kegiatan menerima tamu atau bersantai di ruang tamu tetap terasa nyaman. Beberapa orang bahkan rela merogoh kocek untuk memasang AC agar ruangan terasa sejuk. Memasang AC memang praktis, tapi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, kami hadirkan ulasan 7 Inspirasi Ruang Tamu Tak Ber-AC tapi Tetap Sejuk. 7 inspirasi ini dilengkapi dengan tips mudah agar ruang tamu terasa segar, tanpa harus memasang AC. 



Inspirasi Ruang Tamu Outdoor

cr:instagram/innalestarie

Desain ruang tamu tak ber-AC pertama mengusung konsep outdoor. Ruang tamu di luar ruangan tentu menghadirkan angin segar maksimal ke area tersebut. Sehingga, Anda tak perlu repot-repot memasang AC. 

Saat mendesain ruang tamu outdoor, perhatikan pilihan furnitur yang tepat. Alih-alih sofa standar, ada baiknya memilih sofa kayu jati yang tahan terhadap cuaca outdoor. Diletakkan pula beragam tanaman yang berfungsi untuk memberikan atmosfir yang segar di ruang tamu. Tanaman rambat seperti sirih gading juga berfungsi sebagai tirai alami supaya ruang tamu tidak terlalu panas.  



Inspirasi Ruang Tamu dengan Penataan Minimalis 

cr:instagram/ifa_ade

Ruang tamu yang penuh barang akan membuat udara di sekitarnya terasa pengap. Kita pun akan merasa sumpek dan sesak. Untuk itu, ide menata ruang tamu dengan penataan minimalis sangat pas untuk membuat ruangan tetap sejuk, walau tanpa AC. Anda bisa mencontoh penataan di atas. Sebuah sofa standar dengan beberapa furnitur ramping diletakkan dalam posisi yang tepat, sehingga ruang tamu terlihat luas, lapang dan lebih segar. 



Ruang Tamu dengan Jendela Maksimal 

cr:instagram/maysarah25_81

Yap, cara terbaik mendesain ruang tamu segar tanpa AC adalah memasang jendela di ruang tamu. Desain jendela bisa dibuat maksimal hampir memenuhi dinding seperti di atas. Bukaan atau jendela yang besar akan menghantarkan lebih banyak udara alami masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, ruang tamu akan terhindar dari hawa pengap dan tidak nyaman. 



Ruang Tamu dengan Kipas Angin Plafon 

cr:instagram/rumahnayyara20

AC yang cukup pricey bisa digantikan dengan pemasangan kipas angin plafon. Kipas angin ini tentu akan menghadirkan angin yang menyejukkan ruangan di bawahnya. Posisinya sengaja di tengah plafon, supaya angin yang dihasilkan menjangkau seluruh area ruang tamu. Kipas angin ini juga berfungsi sebagai aksen dekoratif agar plafon tidak terlihat kosong. 


Ruang Tamu dengan Plafon yang Tinggi 

cr:instagram/nanik80

Saat mendesain hunian, perhatikan juga ketinggian plafon tiap ruangan, termasuk pada ruang tamu. Ada baiknya plafon dibuat dengan ketinggian ideal yaitu 2,5 - 3 meter. Plafon yang tinggi akan membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang. Plafon yang tinggi juga membuat udara di rumah jadi lebih sejuk. Sehingga, opsi pemasangan AC bisa ditinggalkan. 


Ruang Tamu dengan Nuansa Hijau Segar 

cr:instagram/rumah.syauqina

Hijau adalah warna yang identik dengan nuansa alam. Anda bisa mendesain ruang tamu dengan nuansa hijau seperti di atas. Dinding dan furnitur ruang tamu memiliki beragam warna hijau yang memberikan kesan alami nan segar. Apalagi pada ruang tamu juga dilengkapi dengan jendela yang memadai, tanaman indoor bisa tumbuh subur dan membantu menyegarkan udara di dalam ruang tamu. 


Ventilasi Di Sekitar Ruang Tamu

via:instagram/ruangtamumungil

Selain jendela, buat juga ventilasi yang memadai di ruang tamu Anda. Ventilasi berfungsi sebagai saluran udara yang mengalirkan udara dari dan ke dalam ruangan. Adanya ventilasi akan membuat udara tergantikan secara terus menerus. Atmosfir ruang tamu pun selalu segar. Anda bisa membuat ventilasi tepat di atas jendela, pintu atau area lain yang dirasa perlu. 



Itulah 7 Inspirasi Ruang Tamu Tak Ber-AC tapi Tetap Sejuk. Anda bisa mengaplikasikan beberapa inspirasi di ruang tamu Anda, sehingga ruangan tetap sejuk, walau tanpa AC sekalipun. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English