7 Inspirasi Desain Kamar Tidur Buat Anggota Keluarga


Helloshabby.com -- Keluarga besar tentu membutuhkan lebih dari 2 tempat tidur.  Berbeda penghuni kamar, tentu akan berbeda pula desain dan penataan kamar tidurnya. Baiknya, setiap kamar tidur dibuat menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing penghuni kamar. Misalnya, kamar tidur untuk lansia tentu akan dibuat menyesuaikan kebutuhan fisik mereka. Berbeda dengan kamar tidur anak yang pasti akan didesain lebih ceria, sesuai dengan karakter mereka. 

Artikel kali ini akan menyajikan ulasan 7 Inspirasi Desain Kamar Tidur Buat Anggota Keluarga. Semoga inspirasi ini membantu Anda untuk mewujudkan kamar tidur yang nyaman untuk setiap anggota keluarga di rumah. 



Desain Master Bedroom (Kamar Utama)

cr:instagram/ovieekaoru

Kamar utama (master bedroom) biasanya ditunjukkan untuk si empunya rumah. Desainnya tentu menyesuaikan selera dari si pemilik. Namun, Anda bisa juga mengaplikasikan desain kamar utama yang nampak sederhana tapi terlihat cantik ini. Pemilihan seprai warna salem dan beberapa dekorasi earthy tone (natural) memberikan tampilan kamar yang manis dan menyegarkan. Apalagi kamar juga dilengkapi jendela yang pasti akan memberikan cahaya dan udara segar ke dalam kamar. 


Desain Master Bedroom (Kamar Utama) Lesehan

cr:instagram/pikaginting0603

Kamar tidur utama bisa juga dibuat dengan konsep lesehan tanpa ranjang. Kamar tidur lesehan akan membuat kamar lebih lega tanpa banyak barang besar. Meski lesehan, kamar dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Misalnya, TV set yang dipasang di dinding yang memungkinkan Anda menonton TV sambil tiduran. Tiap furnitur juga diletakkan dalam jarak yang tepat, sehingga kamar terasa lapang dan rapi. 


Desain Kamar Tidur Tamu

cr:instagram/gryapethak

Barangkali ada sebagian dari kita yang khusus menyiapkan kamar tidur untuk tamu. Karena tamu tidak 'selamanya' tinggal di rumah Anda, maka desain kamar tidur bisa dibuat lebih minimalis dan praktis. Cukup letakkan kasur lesehan lengkap dengan selimut dan bantal di dalam kamar. Pasang beberapa dekorasi seperti bingkai hias, kaligrafi dan beberapa tanaman hias. Desain yang sederhana memungkinkan Anda untuk membersihkan kamar tidur ini dengan lebih cepat, sebelum tamu atau saudara datang berkunjung. 


Desain Kamar Tidur untuk Anak Perempuan

cr:instagram/noushaputriy

Anak perempuan umumnya menyukai desain kamar tidur pink yang menggemaskan. Anda bisa membuat kamar anak seperti inspirasi di atas. Dinding dicat dengan kombinasi warna pink yang manis. Di dalam kamar diletakkan beragam furnitur, seperti meja belajar minimalis, rak pakaian dan kabinet mainan. Semuanya dalam nuansa warna merah jambu, supaya kamar makin disenangi si anak perempuan. Sebagai kontras, pilihan lantau dan seprai dalam warna selain pink agar kamar tidak tampak membosankan.  


Desain Kamar Tidur Anak Remaja Laki-laki

cr:instagram/saif_khan

Berbeda dengan anak kecil, anak usia remaja khususnya laki-laki lebih menyukai tampilan kamar dalam nuansa yang maskulin. Nuansa ini bisa dihadirkan dari pemilihan warna monokrom terutama hitam di dalam kamar. Supaya tak nampak menjenuhkan, permainan pola juga ditambahkan di kamar. Pilihan soft furnishing seperti seprai dan karpet lantai dipilih dalam pola-pola berbeda. Dengan begitu, kamar tidur anak remaja tetap terlihat simpel tapi maskulin dan kekinian. 


Desain Kamar Tidur untuk Lansia 

cr:instagram/rien_soer

Tinggal serumah dengan orang lanjut usia (lansia) artinya ada beberapa kebutuhan khusus dalam penataan rumah. Salah satunya dari segi desain kamar tidur. Baik dalam kondisi sehat atau pun sakit, orang tua tentu membutuhkan kondisi ruang tertentu untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. 

Sebagai anak, Anda pun bisa mendesain kamar yang nyaman untuk orang lansia. Misalnya, dari segi pemilihan kasur. Dilansir Kompas.com, sebaiknya Anda memilihkan tipe kasur yang padat, agar dapat menjaga bentuk struktur tulang belakang dan memudahkan orang tua saat harus bangun dari tempat tidur. 

Gunakan juga tempat tidur dengan tinggi tidak lebih dari 50cm dari lantai.  Ini untuk menunjang supaya orang tua tidak kesulitan saat bangun dan mengangkat bobot tubuh sendiri. 


Desain Kamar Tidur yang Nyaman untuk Lansia

cr:instagram/septi_wul2

Hadirkan juga suasana kamar yang nyaman untuk lansia. Anda bisa membuat kamar dengan nuansa menenangkan, seperti pemilihan cat warna putih dan sedikit aksen warna cokelat alami. Pastikan meletakkan furnitur yang sesuai untuk orang lansia, misalnya desain kabinet yang tidak terlalu tinggi untuk dijangkau dan sofa nyaman untuk duduk santai. Baiknya, kamar tidur juga tidak terlalu banyak dekorasi lantai yang memungkinkan tersenggol saat kaki melangkah di kamar. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Desain Kamar Tidur Buat Anggota Keluarga sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English