7 Desain Dapur Kecil Rumah Type 36 yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Biaya


Helloshabby.com -- Memiliki rumah berukuran kecil mengharuskan kita lebih kreatif untuk memaksimalkan setiap ruang. Salah satunya, desain dapur sebagai tempat menyiapkan kebutuhan pokok keluarga. Untungnya, ada beragam cara untuk menghadirkan dapur kecil yang hemat tempat dan selalu nyaman digunakan. Tanpa kitchen set super mahal, Anda bisa kok memiliki dapur kecil yang tampak menarik. Memasak pun bisa jadi aktivitas yang makin menyenangkan dengan si dapur kecil yang selalu on point. 

Khusus untuk Anda yang mencari inspirasi untuk meng-upgrade tampilan dapur, simak ulasan 7 Desain Dapur Kecil Rumah Type 36 yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Biaya, berikut ini!


Dapur Kecil Rumah Type 36 dekat Jendela 

cr:instagram/casademaitra

Siasati ukuran dapur yang kecil dengan mendesain sebuah jendela di dapur. Anda bisa memilih model jendela awning 3 susun seperti ini. Letakkan kompor tepat di bawah jendela. Selain memberikan penerangan, jendela yang terbuka juga berfungsi sebagai penghilang asap masakan. Asap masakan bisa langsung tergantikan dengan udara segar dari luar. Dengan begitu, Anda bisa hemat bujet tanpa membeli cooker hood (penyaring asap). 


Dapur Mini Rumah Type 36 Tanpa Kabinet Atas 

cr:instagram/3ppl.1hz

Cara lain supaya desain dapur nggak makan banyak biaya adalah meniadakan set kabinet atas. Anda tak harus membeli kabinet atas bila sudah memiliki rak terbuka yang ramping dan lebih hemat tempat seperti ini. Rak terbuka akan memberikan kesan dapur yang lebih luas. Rak tersebut juga sangat pas untuk meletakkan bumbu-bumbu masakan. Tak harus repot membuka kabinet, Anda hanya perlu mengambil bumbu masakan dari rak terbuka di atas kompor. 


Dapur Kecil Rumah Type 36 Model Panggung 

cr:instagram/imahmomy

Buat tampilan dapur lebih berbeda dengan model dapur panggung. Lantai dapur ditinggikan sekitar 10-15cm dari permukaan lantai interior utama. Area dapur pun akan tampak lebih ekslusif meski ukurannya mini. Tata interior dapur dengan penataan yang minimalis dan tidak terlalu banyak barang. Dengan begitu, dapur panggung ini akan selalu terlihat rapi dan bersih. 



Dapur Kecil Rumah Type 36 dengan Nuansa Putih 

cr:instagram/rahmafaturrachman

Nuansa warna putih atau warna terang lainnya sangat pas untuk dapur berukuran kecil. Warna putih akan memantulkan cahaya di sekitar dapur, sehingga dapur akan terlihat lebih luas. Percantik dapur dengan meletakkan tanaman hias low budget, seperti sansevieria atau tanaman lidah mertua di sudut dapur kecil rumah tipe 36. 


Dapur Kecil Rumah Type 36 dengan Meja Cor + Keramik 

cr:instagram/rumah_naumi2020

Desain meja dapur dari material cor yang dilapisi keramik cenderung memiliki harga yang terjangkau. Dari segi ketahannya pun, meja cor bisa tahan lama. Desain meja dapur bisa dibuat menyerupai leter L. Area kompor dibuat lebih landai agar bentuk dapur terlihat sejajar. Sedang, bak wastafel dibuat landai dan cukup besar supaya dapat menampung lebih banyak cucian di wastafel ini. Tampilannya pun terlihat segar dengan kombinasi warna putih dan biru yang cerah. 



Dapur Kecil Rumah Type 36 dengan Dekorasi Hemat Bujet 

cr:instagram/ickajulya

Bila tak ingin repot-repot mengubah struktur dapur, Anda hanya perlu menambahkan dekorasi hemat bujet di dapur. Misalnya, memilih tirai jendela atau tirai kolong meja dengan gorden low budget bernuansa pink yang menggemaskan. Tampilan kulkas yang polos akan makin segar dengan stiker kulkas yang bisa didapat di market place. Boleh juga melapisi backsplash dapur yang polos dengan stiker khusus yang anti panas. Pilih stiker dengan pola-pola unik untuk meningkatkan visualisasi dapur mini Anda. 




Dapur Kecil Rumah Type 36 nan Elegan 

cr:instagram/rumahputihabuabu

Dapur yang hemat bujet bisa juga memiliki tampilan yang elegan seperti ini. Nuansa putih ke-abu-abuan memberikan kesan dapur yang bersih dan classy. Apalagi, pemilik dapur juga menata interior dapur pada posisi yang tepat, sehingga terlihat sangat fungsional dan rapi. Area untuk kulkas dibuat built-in pada dinding, supaya bentuk dapur terlihat proporsional. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Dapur Kecil Rumah Type 36 yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Biaya  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English