Ide Ruang Cuci di Kamar Mandi, Habis Nyuci Baju Bisa Langsung Mandi


Helloshabby.com -- Memiliki rumah kecil memang harus membuat kita lebih kreatif dalam mendesain ruangan. Bila Anda tak memiliki lahan yang cukup untuk membuat  sebuah ruang cuci tersendiri, ide mendesain tempat cuci baju menyatu dengan kamar mandi bisa dijadikan pilihan. 

Dengan penataan yang tepat, kamar mandi juga masih berfungsi dengan baik dan tetap nyaman, walau terdapat mesin cuci atau peralatan mencuci lainnya. Menghadirkan kamar mandi sekaligus tempat cuci baju memang terdengar mudah, tapi perhatikan beberapa detail supaya kamar mandi tetap aman, nyaman dan terlihat menarik. Simak ulasannya dalam 7 Ide Tempat Cuci Baju sekaligus Kamar Mandi. Modern, Nyaman dan Hemat Tempat!



1. Perhatikan Pembagian Space

cr:instagram/bunbunkuningan

Bila ingin menghadirkan mesin cuci di dalam kamar mandi, baiknya Anda perhatikan dengan betul pembagian space untuk mencuci dan area untuk bersih diri. Bila perlu bagi dengan jelas kedua area tersebut. Misalnya, Di sisi kiri sebagai tempat bersih diri, sedang di sisi pojok kanan sebagai tempat mencuci. Di area tersebut, Anda tinggal meletakkan mesin cuci lengkap dengan peralatan penunjang lainnya. Lengkapi dengan dekorasi ala laundry station supaya lebih menarik. Dengan begitu, peralatan mandi dan mencuci tidak tercampur baur. 



2. Ide Kamar Mandi dan Tempat Cuci yang Aman 

cr:instagram/mahenshome

Mesin cuci pastinya akan berdekatan dengan stop kontak listrik. Untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, baiknya kamar mandi didesain dengan model basah dan kering. Area dengan kondisi lantai selalu basah seperti shower atau bak mandi dibuat terpisah dari area kering. Area kering khusus digunakan sebagai tempat wastafel dan mesin cuci. Pilih juga model lantai yang cenderung kesat, bertekstur dan mudah kering. Misalnya, lantai hexagonal yang anti kesat dan terlihat kekinian. 


3. Tempat Cuci Baju dan Kamar Mandi Bernuansa Putih 

cr:instagram/la_boheme_abode

Setelah membagi area basah dan kering, Anda bisa memilih tema tampilan kamar mandi dan ruang cuci yang menarik. Misalnya, tema putih. Nuansa putih akan membuat kamar mandi mungil jadi lebih lapang dan bersih. Mesin cuci front loading diletakkan bersebelahan dengan sink di dalam kamar mandi. Desain lantai juga dipilih jenis ubin yang cepat kering, supaya ketika tak sengaja terbasahi, lantai kamar mandi cepat kering dan tidak membuat terpeleset. 


4. Tempat Cuci Baju dengan Pintu Khusus 

cr:instagram/positivebuilds

Bila Anda memiliki kamar mandi berukuran 3 x 3 meter saja, Anda bisa mendesain model kamar mandi dan tempat cuci seperti di atas. Selain shower, bath up dan toilet, masih ada space yang cukup untuk meletakkan dua buah mesin cuci. Modelnya pun dibuat lebih tersembunyi dengan menghadirkan pintu lipat kayu yang hemat tempat. Sambil menunggu cucian kering, Anda bisa mandi atau berendam cantik di bath up. 


5. Tempat Cuci Baju dan Kamar Mandi yang Rapi 

cr:instagram/diskyanggraeny

Kamar mandi dengan nuansa pink ini selain menggemaskan, juga sangat fungsional. Sisi kanan area kamar mandi digunakan sebagai tempat mesin cuci dan beberapa peralatan lainnya. Tepat di bawah mesin cuci terdapat saluran air supaya air bekas cucian dari mesin cuci langsung mengalir dan tidak menggenangi kamar mandi. Di dalam kamar mandi juga diletakkan rak susun plastik dengan boks kontainer yang cukup untuk meletakkan baju kotor, peralatan mencuci sampai peralatan mandi. 


6. Tempat Cuci dan Kamar Mandi yang Kekinian 

cr:instagram/fondocasanoli


Meski berukuran kecil, jangan sampai desain kamar mandi terlihat biasa-biasa saja. Anda bisa memilih model lantai tegel motif diamond yang terlihat modern dan memanjakan mata. Pilihan warna biru, hitam dan putih juga menghadirkan kesan yang estetik di dalam kamar mandi. Area mencuci pun didesain khusus dengan membuat kabinet terbuka built in, sehingga ruangan tetap terlihat rapi dan elegan. 


7. Desain Kamar Mandi Memanjang yang Fleksibel 

via:facebook 

Desain kamar mandi yang sempit dan memanjang bisa dibuat lebih estetik dan fungsional. Penataan tempat cuci diletakkan di ujung kamar mandi memaksimalkan space kosong di sebelah bath up. Desain kamar mandi ini tampil lebih menarik dengan tema Bohemian yang diusung. Warna-warni menyegarkan dengan elemen dekorasi kain membuat ruangan jadi lebih 'wow'. Apalagi kamar mandi ini juga dilengkapi jendela yang cukup, sehingga mencuci di dalam kamar mandi tetap terang dan terasa segar.




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Tempat Cuci Baju sekaligus Kamar Mandi. Modern, Nyaman dan Hemat Tempat! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English