7 Langkah Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana agar Terlihat Luas dan Istimewa


Helloshabby.com -- Kamar mandi berukuran kecil bila tak didesain dengan baik akan terasa sesak dan kaku. Tentu saja, kondisi ini bisa mempengaruhi kenyamanan saat mandi. Untungnya, ada beberapa cara untuk membuat kamar mandi kecil sederhana jadi lebih istimewa. Langkahnya tak harus ribet untuk dilakukan, bahkan perkara meletakkan tanaman hias di dalam kamar mandi sederhana bisa membuat kamar mandi jadi terlihat istimewa. Kesan sumpek pun bisa diatas dengan beberapa trik mudah yang bisa ditiru di rumah. 

Khusus untuk Anda, kami siapkan ulasan 7 Langkah Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana agar Terlihat Luas dan Istimewa. 7 langkah ini bisa menjadi inspirasi untuk merenovasi atau mendekorasi kamar mandi mungil Anda. 



1. Gunakan shower yang ramping 

cr:instagram/tyas.fitriaa

Cara pertama untuk menyiasati keterbatasan ruang adalah pemilihan furnitur kamar mandi. Daripada bak air yang bisa memakan tempat, pada kamar mandi berukuran 0.75 x 1.5 meter, Anda bisa menggunakan shower. Penggunaan shower juga dipercaya bisa menghemat penggunaan air. Selain itu, shower membuat kamar mandi kecil tampak modern dan istimewa. 


2. Gunakan warna cerah untuk kesan ruang yang luas 

cr:instagram/rosdiananov11

Pemilihan warna interior sangat mempengaruhi tampilan kamar mandi. Hadirkan kesan kamar mandi yang bersih dan luas dengan menggunakan warna cerah, seperti putih dan krem. Warna ini sangat tepat bila diaplikasikan pada dinding, lantai dan furnitur kamar mandi. Dengan intensitas cahaya alami dari jendela kaca, kamar mandi sederhana akan terlihat terang dan lapang. 


3. Buat istimewa nan segar dengan dekorasi tanaman

cr:instagram/ghasanibyevahi

Selain dari penggunaan keramik, pilih dekorasi yang juga meningkatkan kesegaran kamar mandi. Salah satunya, dekorasi berupa tanaman hias. Beragam tanaman ini bisa diletakkan di area yang tidak mengganggu akses berjalan, misalnya di sudut kamar mandi, di atas cermin wastafel, dan pada tingkatan pembatas area kering dan basah. Tak masalah menggunakan tanaman palsu (artifisial), model tanaman palsu akan lebih mudah dirawat dan tetap memberikan kesan segar. 


4. Tata ruang yang pas untuk kamar mandi kecil

cr:instagram/ladilaoctava

Perhatikan selalu tata letak interior di dalam kamar mandi kecil Anda. Jangan biarkan posisinya terlalu dekat atau terlalu jauh satu sama lain. Baiknya setiap furnitur kamar mandi diletakkan merapat ke dinding, seperti kamar mandi ini. Dengan begitu, masih terdapat space yang longgar di tengah kamar mandi. Kamar mandi pun akan terlihat luas dan istimewa.


5. Manfaatkan dinding dengan sempurna

cr:instagram/micasa165

Kamar mandi kecil sederhana tentu terbatas secara kapasitas ruang. Namun, Anda bisa memanfaatkan dinding sebagai sebagai penyimpanan untuk solusi penghematan ruang. Pasang wastafel gantung yang memberi ruang kosong di bawanya. Pasang juga rak ambalan untuk meletakkan peralatan alat mandi. Masih di area dinding, Anda bisa meletakkan cermin bundar. Cermin ini bukan hanya untuk berias diri tapi juga memberi ilusi ruang yang luas. 


6. Lebih istimewa dan nyaman dengan sekat kaca

cr:instagram/rumah-maggy

Model kamar mandi kering dan basah bisa juga diterapkan pada kamar mandi kecil sederhana. Anda bisa menentukan area basah untuk shower dan area kering untuk toilet duduk. Pisahkan area kering dan basah dengan menggunakan sekat berupa material solid kombinasi kaca seperti ini. Model ini membuat kamar mandi lebih istimewa dan lebih aman. 


7. Tampilan menawan dengan pilihan keramik yang pas

cr:instagram/yantitewe

Penggunaan keramik sangat mempengaruhi kenyamanan dan keindahan kamar mandi. Keramik akan melindungi struktur lantai dan dinding dari kelembapan. Keramik juga bisa memberikan sensasi dingin saat berada di kamar mandi.

Meski berukuran kecil, pastikan Anda memilih model keramik yang istimewa. Misalnya, keramik dinding dengan pola-pola berwarna seperti di atas. Keramik ini memberikan nuansa segar nan semarak di dalam kamar mandi. 





Terimakasih telah menyimak artikel 7 Langkah Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana agar Terlihat Luas dan Istimewa sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English