7 Desain Dapur Basah Minimalis 3x3 Fungsional


Helloshabby.com -- Pada beberapa rumah, dapur biasanya dibagi dalam 2 bagian. Ada dapur kering dan dapur basah. Dapur kering juga bisa disebut pantry, tempat yang digunakan untuk mengolah makanan cepat, seperti sereal atau minuman teh dan kopi. Sedang, dapur basah adalah dapur yang lebih vital, tempat untuk mengolah masakan utama dan mencuci piring. Letak dapur basah biasanya tersembunyi, sehingga tidak terlihat jelas dari tamu yang berkunjung. 

Dapur basah identik dengan pekerjaan dapur yang 'membuat ruangan jadi cepat kotor dan berantakan'. Namun, faktanya dapur basah juga bisa dibuat tetap nyaman dan selalu tampak bersih. Anda bisa melirik inspirasi dari 7 Desain Dapur Basah Minimalis 3x3 Fungsional di bawah ini, agar dapur basah minimalis Anda jadi terlihat lebih baik. 


Dapur Basah Pinky Girl 3x3 M

cr:instagram/ifaalisyarief

Ciri khas dari dapur basah adalah adanya kompor, alat masak utama dan wastafel cuci piring. Agar membuatnya tampak lebih baik, dapur basah ini mengusung tema warna pink. Warna pink diterapkan dengan baik pada kabinet dapur, pola backsplash sampai peralatan masak serba pink.  Agar lantai tak becek, karpet pink berpola diletakkan tepat di bawah area memasak sampai mencuci piring. 


Dapur Basah Minimalis 3x3 Tanpa Kabinet Atas

cr:instagram/mama_zaydan_gallery

Supaya ruang berukuran 3x3 M terasa lebih luas dan lapang, Anda bisa meniadakan kabinet atas. Pasang saja beberapa rak penting untuk menggantung bumbu dan alat masak yang sering digunakan. Agar tak terlihat berantakan, pastikan meja dapur terlihat rapi, tanpa banyak barang berceceran di atasnya. Anda bisa menyimpan beberapa peralatan dapur tepat di bawah kolong meja. Tutup dengan gorden minimalis agar terlihat rapi dan cantik. 


Dapur Basah Minimalis 3x3 yang Cerah

cr:instagram/maysarah25_81

Hindari pilihan warna yang terlalu polos atau netral, supaya dapur basah tidak terlihat cepat kotor. Cobalah untuk mendesain dapur dengan dominasi warna krem yang cerah ini. Meja dapur cor dilapisi dengan keramik warna krem yang tampak adem dan segar. Begitu pun pada pemilihan keramik lantai dan backsplash dapur. Sempurnakan dengan meletakkan tanaman hias, sehingga dapur akan senatiasa terasa menyejukkan. 


Dapur Basah Minimalis Bagian dari Ruang Servis

cr:instagram/fitri_handayani_randjugau

Dapur basah juga menjadi bagian dari ruang servis di rumah. Ruang servis ditujukkan untuk pekerjaan rumah, seperti memasak dan mencuci pakaian. Jadi, tak heran bila posisinya berada di sebelah area laundry. Dapur basah ini bisa dimanfaatkan hanya sebagai tempat memasak dan mencuci piring. Setelah masakan matang, makanan bisa dibawa ke dapur atau meja makan di rumah. 


Dapur Basah Minimalis Terbuka 

cr:instagram/desyrosalyna_

Dapur basah biasa digunakan untuk mengolah masakan beraroma pekat, seperti menggoreng sambel. Nah, agar aroma masakan yang menusuk tidak masuk ke dalam rumah dan membuat keluarga bersin, model dapur basah terbuka seperti ini bisa dicoba. 

Dapur terpisah dari interior utama. Modelnya dibuat netral maskulin dengan meja dapur dan tirai serba hitam pekat. Letakkan kursi dan meja kecil supaya bisa bersantai sejenak di dapur terbuka ini. 


Dapur Basah Minimalis dengan Nuansa Abu Modern

cr:instagram/rumah_ibu_izzat

Maksimalkan tampilan dapur basah minimalis dengan memilih desain meja dan kabinet terbaik untuk dapur. Ruang bernuansa putih sangat pas dengan furnitur dapur dalam warna abu-abu, seperti di atas. Warna abu-abu menghadirkan kontras visual yang menarik mata. Meski sederhana, tapi penataan furnitur dengan model leter L dan barang yang tertata rapi, membuat dapur ini jadi terlihat istimewa. 


Dapur Basah Minimalis Pink yang Cantik

cr:instagram/vyaa21

Meski tak terlihat dari area tamu, buat tampilan dapur basah minimalis tetap terlihat menawan. Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan nuansa serba pink pada furnitur dapur sampai alat masak di dapur basah. 

Karena desain dapur pink ini cukup minimalis, tak masalah bila menjadikan area laundry berdekatan dengan dapur basah. Tinggal letakkan keset pink senada, agar kaki yang basah tidak mengotori lantai dapur. 



Itulah ulasan lengkap dari 7 Desain Dapur Basah Minimalis 3x3 Fungsional. Dapur basah bisa disulap sedemikian rupa, sehingga dapur tidak selalu terlihat kotor dan becek. Pastikan saja, dapur selalu dibersihkan setiap habis pemakaian, jadi dapur selalu bersih. 

Terima kasih telah menyimak artikel ini sampai akhir. Bagikan kepada pasangan atau saudara Anda yang membutuhkan inspirasi dapur basah ini. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English