7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Indoor dan Outdoor


Helloshabby.com -- Selain tanaman, memelihara ikan hias adalah hobi yang berkembang pesat semenjak pandemi. Oleh karenanya, desain kolam ikan minimalis juga makin dicari dan diminati. Ada banyak desain kolam ikan yang pas untuk rumah mungil sekalipun. Desain yang tidak besar tapi dilengkapi fitur kolam yang pas untuk si ikan-ikan, pastinya akan turut mempercantik indoor atau outdoor hunian kita. 

Butuh inspirasi untuk kolam ikan yang pas di rumah? Berikut ini 7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Indoor dan Outdoor, yang bisa jadi referensi menarik.


Kolam Ikan Depan Rumah yang Mini

cr:instagram/wenda_pt

Sesuaikan ukuran rumah dan lahan dengan kolam yang ingin dibangun. Tak masalah menghadirkan kolam kotak minimallis seperti ini. Meski terbilang kecil, tapi kolam dilengkapi fitur memadai, seperti filter air dan air mancur, yang membuat ikan-ikan hias tetap tumbuh sehat. Di sekeliling taman juga dipercantik dengan dekorasi berupa tanaman hijau dan ornamen bentuk dari material solid. 


Kolam Air Mancur Indoor yang Transparan

cr:instagram/arumfitriandari

Berkumpul di dalam rumah jadi makin asik dengan keberadaan kolam ikan modern seperti ini. Bentuk kolam layaknya kotak akuarium yang diisi dengan tanaman koi yang tumbuh besar dan mewah. Kolam ini dilengkapi dengan permukaan kaca transparan, sehingga jernihnya air dan cantiknya ikan bisa terlihat dari luar tanpa menengok di kedalaman kolam. 


Kolam Ikan Sebaris yang Manis

via:instagram/dekorasiterasrumah

Kolam ikan ramping dan sebaris ini bisa jadi focal point yang mempercantik taman teras. Modelnya memanjang, sehingga memungkinkan ikan hias tetap tumbuh baik dan tidak terlalu berhimpitan. Kolam ikan ini dilengkapi air mancur mini sebagai pendukung sirkulasi udara untuk si kolam. Di sekeliling kolam juga diletakkan tanaman hijau untuk menyaring polusi yang bisa merusak pasokan udara bersih untuk si ikan. 


Kolam Ikan Inspirasi dari Kisah Nabi Sulaiman AS

cr:instagram/resti_yunita

Pemilik kolam ikan di bawah lantai ini menuturkan terinspirasi dari kisah Nabi Sulaiman AS. Di mana lantai istana Nabi Sulaiman terbuat dari kaca tipis dan bening dengan air yang mengalir di bawahnya. Inspirasi tersebut dimodifikasi dengan kolam ikan hias minimalis. Material kaca menggunakan rangka dan kaca khusus dua lapis yang tebal dan kuat, sehingga tetap aman saat diinjak. Inspirasi ini bukan hanya unik, tapi membuat bersantai di rumah jadi lebih menyenangkan. 


Kolam Ikan Minimalis di Depan Dapur

cr:instagram/rumah.mnt

Kolam ikan baiknya di posisikan di area yang mudah dilihat. Anda pun bisa dengan mudah merasakan kesegaran dan kesejukkanya, meski tidak satu area dengan si kolam. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan kolam ikan di dekat area dapur. Memasak sambil melihat ikan hias bisa menghilangkan kepenatan saat memasak. Tapi, jangan sampai ya moms, kepikiran untuk memasak ikan hias di kolam. Hihihi


Kolam Ikan Cantik Di Void Rumah

cr:instagram/thinking_hats_dc

Void rumah berbentuk seperti ini sangat pas dengan desain kolam ikan minimalis di bawahnya. Kolam dibuat dalam sekitar 2 x 3 M. Karena ukurannya yang cukup luas, desain kolam tidak dibuat terlalu dalam. Kolam juga dibuat landai di bawah lantai utama, sehingga pemiliknya bisa dengan mudah memberi makan ikan tanpa di tepi ruangan, tanpa harus ke luar rumah. 


Desain Kolam Ikan Memanjang Di Tepi Rumah

cr:instagram/fajarwatikristianti

Halaman samping rumah masih kosong? Manfaatkan dengan membuat kolam ikan cantik seperti di atas. Kolam dibentuk menyesuaikan space halaman samping yang tersedia. Lantai teras samping menggunakan dek kayu dengan supaya mudah kering dan tidak licin saat tergenangi air dari kolam. Melihat ikan hias berwarna-warni akan jadi sangat menyenangkan dilakukan di teras halaman samping. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis Indoor dan Outdoor sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English