Fungsikan Bagian Atas Teras Rumah jadi Tempat yang Asik buat Bersantai


Helloshabby.com -- Ada berbagai cara untuk memaksimalkan ruang dan gaya pada sebuah hunian. Dari cara mainstream biasa lewat pilihan dekorasi atau cara yang lebih ekstra tapi menawarkan kenyamanan dan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. 

Imaasyda, seorang home enthusiast tak ingin bagian atas teras dan carport terlihat biasa saja. Nyatanya, bagian atas teras rumah bisa disulap jadi sebuah tempat yang asik dan nyaman untuk berkumpul bersama. Ya, bagian atas teras difungsikan sebagai kanopi balkon/teras balkon yang terlihat bergaya dan memberi banyak manfaat untuk hunian. Area ini bisa jadi tempat bersantai, tempat menjemur pakaian sampai tempat bermain anak. Cukup serbaguna, bukan?

Bila Anda juga ingin memaksimalkan bagian atas teras atau carport, yuk, sama-sama kita lihat beberapa tampilan kanopi balkon milik @imaasyda ini.  


Visual Keseluruhan Kanopi Balkon

photo by imaasyida

Beginilah tampilan kanopi balkon secara keseluruhan. Desainnya terbilang ramping dan tetap cocok diterapkan pada model rumah minimalis dengan carport senada. Kanopi balkon tidak dibuat terlalu tinggi, sehingga cukup aman untuk si kecil menaiki atau menuruni kanopi balkon ini. Untuk detail ukuran dan keamannya, simak di gambar setelah ini. 


Menentukan Ukuran Bagian Atas Teras Rumah 


Jika Anda berniat membangun kanopi balkon tepat di atas pelataran luar, tentukan dulu ukuran dari latar, teras atau carport yang dimiliki. Kanopi balkon ini dibuat pada area  berukuran 4 x 3 M. Ketinggian lantai dan alas kanopi berkisar 180 cm, ketinggian yang pas untuk mobil Xenia/Avanza standar. Sebab, area di bawahnya dimanfaatkan jadi parkir mobil keluarga, sehingga jangan sampai rangka kanopi balkon menghalangi mobil masuk ke area ini. Ketinggian ini juga cukup pas untuk postur orang Indonesia, sehingga saat berada di bawah kanopi balkon kita tidak akan terantuk oleh rangka kanopi. 


Memilih Material Terbaik untuk Kanopi Balkon

photo by imaasyida

Pemilihan material kanopi balkon adalah hal yang wajib dipertimbangkan. Material bahan akan menentukan ketahanan dari kanopi balkon yang dibuat. Anda bisa memilih material yang cocok untuk pemakaian outdoor, tahan air dan anti karat. 

Kanopi balkon di atas tidak tersusun dari material coran, tapi dari plat baja bordes berlapis yang aman, tahan karat dan kuat untuk pemakaian outdoor. Plat baja sebagai permukaan atau lantai kanopi yang dilas kuat ke rangka besi yang kokoh seperti ini. Jika Anda kurang ahli soal material, Anda bisa minta tolong pada jasa ahli bangunan terkait. 


Menggunakan Konsep Mezzanin Outdoor yang Bergaya


Kanopi balkon ini mengadopsi konsep mezzanine yang biasanya diterapkan di dalam ruangan. Lantai tambahan yang terbuka akan membuat tampilan eksterior rumah makin bergaya. Anda pun bisa memasang railing mezanin senada supaya kanopi mezzanin untuk menunjang keamanan saat berada di atasnya. 


Desain Tangga yang Tepat dan Aman

photo by imaasyida

Tentu untuk naik ke atas teras balkon ini, Anda memerlukan sebuah tangga. Model tangga bisa dibuat dari material plat besi senada untuk keamanan dan ketahanan pemakaian outdoor. Tapi bila dirasa terlalu polos, Anda bisa melapisinya dengan karpet rumput seperti ini. Pastikan saja, karpet ini terpasang kuat di anak tangga, sehingga meminimalisir risiko tergelincir dari anak tangga. 


Dekorasi Bagian Atas Teras Balkon


Bila tidak didekorasi, permukaan plat bordes akan membuat tampilan teras balkon jadi kurang menarik. Anda bisa menyiasatinya dengan melapisi lantai plat dengan ubin heksagonal motif kayu  natural ini. Bagian tertentu sengaja dibuat kosong sebagai tempat rumput sintetis. Sehingga, tampilannya terlihat lebih natural dan segar. Pemasangan lantai seperti ini juga meminimalisir kebisingan suara yang mungkin muncul dari injakan lantai plat bordes. 


Finishing untuk Menunjang Keamanan dan Kenyamanan

credit info instagram&youtube imaasyida

Supaya meminimalisir risiko air tergenang, terdapat sekat air yang dipasang sepanjang kanopi, selain ini terdapat talang air dari atap dan paralon sehingga air yang jatuh ke kanopi jadi satu jalur pembuangan. Pemasangan saluran air hujan bisa disesuaikan dengan kondisi di rumah masing-masing. 

Bagian teras balkon ini juga memiliki 3 lapis cat, yaitu cat anti karat, cat avian 461 dan no drop seri abu tua. Finishing 3 lapis ini diharapkan membuat teras balkon aman, anti bocor dan tahan lama. 


Siap jadi Tempat Bersantai dan Berkumpul


Bila sudah siap dipakai, Anda bisa menambahkan furnitur untuk menunjang kegiatan bersantai. Misalnya, sepasang kursi santai dengan payung parasol, agar saat bersantai tidak terasa panas. Karpet mainan si kecil juga bisa dibopong ke sini, jadi si kecil bisa ikut bermain di teras balkon.  



Itulah beberapa inspirasi dari mendaya-gunakan bagian atas teras rumah. Terimakasih telah menyimak artikel Fungsikan Bagian Atas Teras Rumah jadi Tempat yang Asik buat Bersantai sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/imaasyida

Categories in English