7+ Contoh Rumah Type 36 yang Sangat Sederhana tapi Hemat Biaya


Helloshabby.com -- Rumah type 36 memang banyak dijadikan pilihan untuk memiliki hunian nyaman dengan budget yang lebih terjangkau. Apalagi banyak opsi subsidi yang makin meringankan kebutuhan memiliki hunian. Salah satu inspirasi contoh rumah tipe 36 yang sederhana tapi nyaman adalah hunian milik @rumahku.mungil. Meski tidak terlalu besar, tapi pemiliknya mampu mengisi rumah 36-nya dengan sangat apik. Dengan begitu, penghuni rumah akan selalu merasa nyaman dan betah di rumah. 

Simak inspirasi lengkapnya dalam 7+ Contoh Rumah Type 36 yang Sangat Sederhana tapi Hemat Biaya.



Fasad Rumah 36 yang Minimalis Sederhana

instagram/rumahku.mungil

Rumah type 36 subsidi memang cenderung memiliki bentuk fasad yang sama dengan tetangga kanan-kiri. Namun, Anda bisa memberi sentuhan yang berbeda, misalnya pemilihan model pagar dan kanopi. Adanya taman mini di depan rumah juga akan menyegarkan visual dari fasad rumah type 36. Apalagi taman kecil ini juga dipasang lampu sorot yang menambahkan efek visual yang lebih unik. 


Teras Rumah Sederhana tapi Adem


Masuk ke area rumah, Anda akan disambut oleh teras sederhana yang cukup asri. Teras memiliki sepasang kursi dan bantal cantik sebagai alas duduk di area ini. Tanaman pot ditata berjajar rapi pada rak susun dan rak ambalan heksagonal, yang memberikan suasana sejuk. Model lantai carport batu sikat dalam pola unik ini, juga menyemarakkan tampilan teras. 


Ruang Tamu Sederhana dengan Sofa Bed

instagram/rumahku.mungil

Ruang tamu ini memiliki desain interior yang cukup sederhana. Sofa bed dijadikan alas duduk utama untuk tamu yang berkunjung. Sofa bed ini memiliki desain yang terlihat empuk. Apalagi ditunjang dengan karpet lantai cokelat yang makin memberikan suasana cozy pada ruang tamu minimalis. Agar tak membosankan, dinding putih diberi dekorasi bingkai hias yang terlihat artistik. 


Sofa Bed yang Multifungsi 


Rumah mungil memang sangat pas dengan opsi furnitur multifungsi, salah satunya sofa bed ruang tamu. Sofa bed ini bisa dijadikan kasur untuk menonton TV sambil rebahan, bisa pula dilipat dan jadi sofa ruang tamu. Tiduran di ruang tamu pun jadi tak soal lagi. 


Ruang Tamu dan Ruang TV bersama

instagram/rumahku.mungil

Untuk efisiensi tempat, Anda bisa menjadikan ruang tamu jadi satu area dengan ruang TV. Penataannya bisa dibuat seperti ini. Ruang TV ditata dalam desain lesehan, agar lebih praktis dan hemat biaya. Pilihan karpet alas duduk bisa dibuat senada dengan furnitur sofa ruang tam, agar terlihat satu kesatuan. 


Desain Kamar Tidur dengan Nuansa Hangat


Kamar tidur di rumah type 36 biasanya memiliki ukuran 3 x 3 M atau 3 x 4 M. Anda bisa menyiasati keterbatasan lahan dengan memilih desain kamar tidur lesehan. Kamar tidur ini langsung diletakkan di lantai tanpa ranjang penyangga. Namun, agar terkesan lebih cozy, pemilik menambahkan papan wall foam yang dipasang di atas kasur, sehingga tampak seperti headboard.


Desain Kamar Tidur Anak

instagram/rumahku.mungil

Kamar tidur anak pun didesain dalam konsep cozy yang senada dengan kamar tidur utama. Warna cokelat dan putih dijadikan base warna di kamar tidur untuk menghadirkan nuansa hangat yang bersih dan lebih rapi. Bunda juga memasang dekorasi yang pas untuk si kecil, seperti bingkai hias binatang yang lucu dan sertifikat prestasi si kecil. Kamar pun akan terlihat lebih pas untuk si kecil. 


Desain Ruang Kerja Minimalis


Setiap sudut di rumah ini dimanfaatkan dengan optimal. Salah satunya, mengubah sudut kosong jadi ruang kerja. Penataanya cukup sederhana, dengan meja compact, kursi minimalis dan beberapa dekorasi yang tidak berlebihan. Ruang kerja ini meski kecil dijamin dapat memberikan kefokusan saat bekerja dari rumah. 


Dapur Minimalis dengan Atap Kanopi

instagram/rumahku.mungil

Desain dapur minimalis juga ditata dalam model yang senada dengan ruangan lainnya. Sehingga, tampilan dapur terlihat satu kesatuan. Rumah ini menggunakan model meja dapur dengan kolong dapur. Area kolong ditutup rapi dengan tirai mini. 

Bagian atap juga menggunakan atap kanopi. Pilihan atap bisa menyesuaikan bujet, untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan atap seng yang dikombinasikan dengan polikarbonat terang, agar cahaya alami tetap masuk ke area dapur. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7+ Contoh Rumah Type 36 yang Sangat Sederhana tapi Hemat Biaya sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/rumahku.mungil

Categories in English